Berita Event Produk Sepeda motor Sumber informasi

Yamaha FreeGo, Bagasinya Lebih Besar dari Nmax

Yamaha FreeGo (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta menjadi saksi peluncuran produk matik Yamaha terbaru yaitu FreeGo. PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Yamaha di Indonesia sengaja mendatangkannya untuk memenuhi keinginan masyarakat yang mengidamkan sebuah sepeda motor irit dan nyaman untuk dikendarai.

“Apa sih sepeda motor yang dibutuhkan oleh konsumen, pertama adalah mereka menginginkan sepeda motor yang irit tapi bukan hanya itu tapi praktis mudah untuk membawa banyak barang. Kedua mereka mengiginkan sepeda motor yang nyaman tapi juga bisa menunjukkan status pride (kebanggaan). Jadi Yamaha luncurkan FreeGo,” ujar Yordan Satriadi, Deputy GM Marketing YIMM, di sela peluncuran, Rabu (31/10).

Baca juga: IMOS 2018 Resmi Dibuka Hari Ini, Kemenperin Minta Naikkan Jumlah Ekspor

Yamaha FreeGo merupakan sepeda motor dengan mesin berkapasitas 125 cc yang sudah diproduksi lokal di pabrik Yamaha di Karawang, Jawa Barat. Pengembangan skuter matik (skutik) itu terbilang singkat hanya dua tahun saja. Hasilnya, tidak hanya tampil begitu menawan tapi juga banyak kelebihan yang ditawarkan Yamaha FreeGo, sebut saja satu di antaranya bagasi atau tempat penyimpanan barang di bawah jok. Yordan mengklaim bila kapasitas penyimpanan barang di Yamaha FreeGo lebih besar dibanding saudaranya Nmax.

“Bagasi sangat besar di kelas 125 cc kapasitasnya itu 25 liter atau lebih dari Nmax. Nmax saja kapasitasnya itu 24 liter. Jadi dengan kelas 125 cc itu bagasinya ini lebih dari Nmax. Bisa untuk orang-orang aktif, kalau karyawan kantor bisa membawa perlengkapan kantor hingga helm full face mereka. Bisa bawa jaket dan sarung tangan jua. Untuk mereka yang hobi olahraga mereka bisa maletakkan peralatan olah raganya di sini,” terang Yordan.

Dijelaskan Yordan untuk mendapatkan kapasitas bagasi lebih besar, pihaknya telah melakukan pengembangan produk dengan cara mengeser beberapa komponen yang ada di bawah jok skutik tersebut seperti tangki bahan bakar dan aki.

Bagasi Yamaha FreeGo (Foto: Santo/Carmudi)

“Kenapa bagasinya bisa bisa 25 liter karena engineer Yamaha merubah posisi, apa yang dirubah. Jadi isi tangki bahan bakar minyaknya ini 4,2 liter, tangkinya di repositioning di bawah, tapi itu sudah ada pelindung dan kita sudah uji untuk pengamanannya. Kondisi aki sudah kita geser ke belakang itu membuat kenapa bagasinya bisa sampai 25 liter,” jelas dia.

Harga dan Warna

Yamaha FreeGo diproduksi dan hanya dipasarkan di Indonesia, sampai saat ini pabrikan berlogo garpu tala itu belum ada rencana untuk mengekspornya ke luar negeri. Sekarang Yamaha FreeGo sudah bisa dipesan oleh konsumen.

“Motor ini begitu launching kita sudah siapkan, jadi produk massalnya ini ready mulai besok. Ini adalah amazing matik di mana fitur fiturnya sangat kaya,” ujar Executive Vice President YIMM, Dionisius Bety pada kesempatan yang sama.

FreeGo hadir dengan tiga varian dengan harga Rp18,5 juta untuk FreeGo standard, Rp19,7 juta FreeGo S, dan Rp22,5 juta untuk FreeGo S ABS. Skutik ini punya beragam pilihan warna seperti Matte Black, Metallic Red, Metallic Blue dan Metallic White untuk FreeGo standar. Untuk FreeGo S dan S-ABS tersedia dalam dua warna pilihan Matte Red dan Matte Grey.

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts