Berita Event Produk Sepeda motor Sumber informasi

Yamaha Niken, Streetbike Roda Tiga yang Jadi Bintang di Booth Yamaha

Yamaha Niken Menyita Perhatian Pengunjung di IMOS 2018 (Foto: Carmudi)Jakarta – Pabrikan berlogo garputala secara khusus menampilkan jajaran super sport R-Series di booth-nya yang berada di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Senayan. Selain deretan motor sport fairing, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing membawa sosok istimewa yaitu Yamaha Niken.

Ajang Indonesia Motorcycle Show 2018 tidak hanya menampilkan model-model terkini dan unggulan dari tiap merek roda dua yang ada di Indonesia. Pameran motor dua tahunan ini biasanya memunculkan suatu model konsep atau juga motor-motor nan gagah dari negara luar.

Motor bergaya streetbike ini menyita perhatian pengunjung IMOS 2018 yang datang ke booth Yamaha. Bagaimana tidak, Yamaha Niken ini memakai roda tiga dengan konfigurasi dua roda di depan dan satu di belakang. Sosok tricycle ini pun mengundang decak kagum karena desainnya yang sangar dengan bentuk fairing headlamp mirip ikan pari.

Yamaha Niken pertama kali diperkenalkan pada ajang EICMA 2017 di Milan. Hal yang menarik dari sosok streetbike ini ialah penggunaan teknologi Leaning multi-Wheeler. Ini memungkinkan suspensi depan upside-down dapat bergerak secara independen.

Nah, bagi Carmudian yang sudah berkunjung ke IMOS 2018 atau yang ingin memiliki Yamaha Niken mungkin harus bersabar. Sayangnya, Yamaha Indonesia hanya sekedar memamerkan sosok Yamaha Niken ini di IMOS 2018.

Pihak agen pemegang merek belum berencana menjual motor roda tiga tadi secara resmi. Padahal, mereka mengakui bila banyak pengunjung yang penasaran dan tertarik terhadap motor tersebut.

“Ini nggak dijual, kita belum berani (bawa masuk ke Indonesia). Motor ini sudah banyak yang tanya, respon dari pengunjungnya bagus. Niken ini mendobrak semuanya (desain, mesin dsb),” ujar Ardi Priyatna, Sales di booth Yamaha beberapa waktu lalu.

Spesifikasi Yamaha Niken

Anda mungkin penasaran soal keunggulan atau rancangan dari Niken ini. Sebenarnya, Yamaha menciptakan Niken dari basis MT-09 yang dibuat supaya memiliki pengendalian yang lebih sempurna.

Yamaha Niken mengadopsi basis dari Yamaha MT-09 (Foto: Carmudi)

Yamaha ingin agar pengendara tricycle ini yakin dan mantap saat menikung karena kemampuan suspensi upside down yang bisa miring hingga 45 derajat saat cornering. Suspensi depannya bergerak secara independen sehingga diklaim tetap nyaman untuk berkendara di berbagai permukaan jalan dan tetap nyaman meski melibas jalanan berkelok.

Membahas soal mesin, Yamaha Niken mengusung dapur pacu serupa dengan MT-09 yaitu 3 silinder segaris CP3® DOHC 847cc berpendingin udara. Tenaga yang dihasilkan sebesar 113,4 hp dan torsinya 87,5 Nm. Saat itu, Yamaha menjualnya di harga 13.499 poundsterling atau sekitar Rp 264,8 jutaan.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/