Home » Berita » Yuk, Intip Spesifikasi Lengkap Rajanya Skuter Yamaha Seharga Rp300 Jutaan

Yuk, Intip Spesifikasi Lengkap Rajanya Skuter Yamaha Seharga Rp300 Jutaan

Prosesi buka tudung penutup dari motor yang disebut sebagai “Master of Scooter” Yamaha ini dilaksanakan di Lodge Maribaya, Bandung, Jumat (1/12) di hadapan komunitas jurnalis pengguna Yamaha Max Series (Journalist Max Community).

Penulis : Zainal Abidin

Yamaha TMax DX
Yamaha TMax DX diperkenalkan di acara touring Journalist Max Community (Istimewa)

Jakarta – Yamaha Indonesia baru saja memperkenalkan produk terbarunya di pasar skuter premium, yakni TMax DX (Deluxe).

Prosesi buka tudung penutup dari motor yang disebut sebagai “Master of Scooter” Yamaha ini dilaksanakan di Lodge Maribaya, Bandung, Jumat (1/12) di hadapan komunitas jurnalis pengguna Yamaha Max Series (Journalist Max Community).

PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sengaja memilih moment touring ke-3 Journalist Max Community (JMC), tempat diperkenalkannya Yamaha TMax DX sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan kepercayaan JMC selama ini kepada Yamaha Indonesia.

Eddy Ang, Deputy GM Marketing YIMM menyebutkan bahwa untuk pasar Indonesia, Yamaha Jepang memberikan kuota sebanyak 60 unit TMax DX dan bakal dikirim secara bertahap.

“Bulan Februari depan akan datang 40 unit, sisanya lagi (20 unit) menyusul di bulan Maret 2018,” jelas Eddy Ang usai proses unveiling Yamaha TMax DX.

Dari total kuota Yamaha TMax DX tersebut, diakui Eddy Ang 40 unit sudah dipesan konsumen Yamaha. “Paling besar itu di Jakarta, Bandung dan Bali. Artinya memang sudah banyak yang nunggu kehadiran skuter gambot ini,” tambahnya.

Rencananya kalau kuota ini habis, pihaknya akan meminta kuota tambahan di bulan Maret dan unitnya sampai di Indonesia pada Agustus 2018.

Meski bentuk utuh motor penghuni kasta tertinggi di kelas skuter Yamaha ini sudah kelihatan, tapi untuk harga jualnya, pihak Yamaha masih harus menunggu pemerintah.

“Tapi yang pasti akan ada di kisaran Rp300 juta,” ucap Eddy Ang pasti.

Tiga Fitur Terbaru Yamaha TMax DX

Sudah Pakai Fitur Cruise Control

Ini adalah fitur terbaru di Yamaha TMax yang tidak ada di generasi sebelumnya. Dengan teknologi cruise control ini, pengendara bisa menjaga kecepatan secara konstan saat berkendara.

Pengaturannya pun cukup mudah, tinggal tekan tombol yang ada dis ebelah kiri atau menutup gas saat fitur sedang aktif.

Tapi ada syarat untuk fitur ini bekerja, kecepatan minimum motor harus 50 kpj, baru cruise control bisa diaktifkan.

Dibekali 2 Mode Riding (D-Mode)

Tak kalah dengan mobil-mobil canggih yang punya fitur driving mode, TMax DX pun juga sama.

Yamaha memberi nama D-Mode untuk fitur TMax terbaru ini. Ada dua mode berkendara yang ditawarkan, Town (T) dan Sport (S).

Town mode memungkinkan mesin bekerja dengan respon yang lebih santai agar efisiensi bisa dikejar dan pengendaraan pun lebih nyaman.

Sementara S atau sport membuat karakter berkendara jadi lebih sporty. Mesin akan melepaskan tenaga yang sama besarnya dengan bukaan gas. Motor menjadi sangat responsif dan siap melibas jalur luar kota dengan kecepatan maksimal.

E-Adjustable Windscreen

Yamaha TMax DX
Tombol adjustable windshield memudahkan proses naik-turunnya windshield di Yamaha TMax DX (Istimewa)

Fitur yang juga tak kalah canggihnya ada di bagian windscreen atau windshield. Bila di model TMax sebelumnya sifatnya statis, di TMax DX sudah bisa di adjust naik-turun.

Windshiel TMax DX bisa bergerak dari ketinggian standar 1.420 mm ke level 1.555 mm cukup dengan mengoperasikan tombol di stang kiri, dan motor elektrik WS pun bekerja.

Spesifikasi Yamaha TMax DX

Yamaha TMax DX memiliki kapasitas mesin 530cc 2-silinder. Mesin ini secara umum masih sama dengan mesin yang dipakai di TMax sebelumnya.

Hanya saja untuk TMax DX kini mengadopsi teknologi YCC-T atau Yamaha Chip Controlled Throttle.

Teknologi ini memiliki konsep kerja hampir sama dengan Drive by Wire pada kendaraan roda empat. Memberikan kontrol yang presisi dengan respon gas yang sangat instan.

ECU 32-bit mampu mendeteksi perputaran pada tuas gas dan memberikan input paling tepat pada mesin sesuai dengan kebutuhannya.

Selain mesin, teknologi canggih Yamaha lainnya juga dibenamkan di motor seharga Rp300 jutaan ini.

Sebut saja Traction Control (TC) yang meredam kekuatan mesin agar tenaga tak mengalir berlebih ke roda saat berakselerasi.

Begitu dibutuhkan, TC bisa dinonaktifkan agar tenaga dapat mengalir tanpa pembatas.

Di bagian kaki-kaki, suspensi “Rajanya Skuter Yamaha” ini sudah dibekali suspensi depan berbasis upside down (USD).

Kinerja shock yang lebih andal menjamin pengendalian yang lebih baik. Belum lagi pada kaki belakang diberikan sebuah shock dengan pengaturan rebound, compress dan preload.

Sehingga beragam karakter suspensi belakang sesuai kebutuhan pengguna bisa diatur.

Di sistem pengereman depan terdapat dua cakram, sedangkan untuk roda belakang, satu buah cakram disiapkan.
Tak kalah pentingnya adalah rem parkir untuk menjaga motor agar tak tergelincir ketika diparkir dengan standar samping.

Spesifikasi lengkap Yamaha TMax DX (Carmudi Indonesia)
hankook
Previous post
Hankook Tire Donasikan Ban kepada PMI untuk Operasional
Moladin
Next post
Moladin, Aplikasi Bikers dengan Informasi Terlengkap di Indonesia