Berita Sepeda motor

Cegah Konsumen Nakal, Yamaha XMAX Kini Bisa Dibeli di Dealer Resmi

yamaha xmax

Yamaha Xmax sudah bisa dibeli offline

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan Yamaha XMAX. Lalu pada Mei 2017 YIMM akhirnya menginfokan harga resmi dari XMAX, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan pemesanan melalui sistem online.

Sejak saat itu Yamaha terus menerapkan sistem order online untuk XMAX. Bila sudah memenuhi kuota yang ditetapkan pihaknya akan menutup pemesanan kemudian akan membukanya kembali beberapa bulan kemudian. Yamaha terakhir membuka pemesanan lewat sistem online pada awal tahun tepatnya 10 Januari 2018.

Sehubungan dengan semakin tingginya minat konsumen terhadap sepeda motor jenis skuter matik (skutik) berbadan bongsor itu, maka Yamaha menerapkan pembelian secara offline yang bisa dilakukan di dealer resmi.

Tujuannya supaya konsumen dapat langsung mendapat unit sehingga tidak perlu menunggu waktu lama, dan guna mengurangi konsumen nakal yang memesan XMAX dalam jumlah banyak.

“Januari kita kasih ke dealer. Ada beberapa oknum nakal pada pemesanan online dibuka dia pesan banyak lalu dijual kembali dengan harga yang lebih mahal. Kemarin kami kirim ke dealer tapi habis lagi,” ujar Eddy Ang, Deputy GM Marketing YIMM, di Jakarta, baru-baru ini.

Pengiriman Yamaha XMAX ke dealer jumlahnya berbeda-beda. Dikatakan Eddy baru-baru ini pihaknya hanya mengirim sebanyak 400 unit untuk dealer resmi Yamaha di seluruh Indonesia. Bulan depan belum tentu jumlahnya sama, bisa saja bertambah.

“Bulan Januari kita kirim ke dealer karena ada konsumen yang malas menunggu, tetapi Februari belum tahu berapa unit yang kita alokasikan ke dealer dan berapa yang untuk online,” terang Eddy.

Produksi Yamaha XMAX Diturunkan

Tahun lalu Yamaha memutuskan untuk memproduksi lebih dari 1.000 unit dan sempat ditingkatkan karena antusias pasar terhadap XMAX sangat tinggi. Namun di awal tahun ini Yamaha sedikit mengurangi produksi sambil melihat jumlah permintaan dari konsumen.

“Produksi tahun lalu sempat naik ke angka 1.300-1.400 unit, produksinya di Pulo Gadung. Tahun ini kita mulai di angka 1.000 dulu kita lihat permintannya seperti apa. Kita enggak bisa prediksi karena ini totally segmen baru,” ucap Eddy.

Menariknya pengguna XMAX rata-rata konsumen Yamaha yang sebelumnya memakai sepeda motor jenis sport.

“Banyak sekali yang pindah dari Yamaha V-Ixion lari ke XMAX, Yamaha YZF-R25 larinya ke XMAX,” pungkas Eddy.

Seperti diketahui Yamaha XMAX telah dilengkapi dengan fitur Adjustable Windshield serta Handlebars Position. Pengaturannya bisa dilakukan secara manual sesuaikan dengan kenyamanan pengendara.

Ada juga Smart Key System yang mempermudah pengendara menghidupkan mesin sepeda motor tanpa harus mengeluarkan anak kunci, cukup dekatkan saja remote ke panel start engine. Pengendara semakin terbantu dengan adanya Electric Power Socket yang berfungsi untuk mengisi baterai smartphone.

Motor premium 250cc ini sudah dibekali lampu depan dan belakang LED, lalu disematkan pula Hazard Lamp yang bisa dimanfaatkan oleh pengendara dalam kondiri darurat.

Lebih moderen dengan speedometer yang sudah dilengkapi dengan layar multi fungsi berukuran besar yang dapat membantu pengendara mendapatkan beragam informasi saat berkendara.

Bodinya yang besar berdampak pada luasnya bagasi di bawah jok. Yamaha mengklaim bagasi XMAX mampu menyimpan hingga dua helm full face ukuran XL. XMAX juga menawarkan pengalaman berkendara seperti model skutik bongsor Yamaha lainnya yaitu dengan dua pilihan pijakan kaki.

Untuk urusan keamanan, XMAX punya Traction Control System (TCS) yang dirancang untuk mengurangi risiko ban belakang selip, Anti-Lock Brake System (ABS) yang membuat pengereman lebih maksimal serta Double Disc Brake System. (dna)

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: wahyu.perdana@carmudi.co.id
Follow Me:

Related Posts