Sepeda motor

Yamaha Zuma 125 Cocok Menggantikan Xride?

Amerika Serikat – Belum lama ini Yamaha Zuma 125 mendapat penyegaran yang membuat tampilannya semakin sangar. Hal itu senada dengan konsepnya sebagai sebuah skuter matik atau skutik petualang.

Yamaha Zuma 125 2022

(Foto: Ride Apart)

Selain Indonesia, Yamaha juga menjual skutik bermesin mungil di sejumlah negara. Antara lain Amerika Serikat di mana pabrikan berlambang garpu tala tersebut memasarkan Zuma 125.

Dilihat sekilas, tampilan Zuma 125 2022 akan mengingatkan orang Indonesia pada salah satu produk yang dijual PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yaitu Xride 125.

Tapi wujud Zuma 125 dijamin jauh lebih sangar.

Wajah depan skutik ini diisi lampu asimetris mirip milik motor-motor petualangan bermesin besar. Desain bodinya pun lebih macho dengan bentuk yang terkesan mengotak.

Spesifikasi kaki-kakinya turut menyumbang kesan tangguh. Zuma 125 2022 menggunakan ban ukuran 12 inci dengan profil gambot. Polanya cukup agresif menandakan skutik ini siap untuk diajak melibas medan off road.

Apalagi bagian belakangnya juga dikawal oleh dua buah suspensi.

Sementara itu, beberapa fitur yang tersedia adalah USB port, adjustable headlight, dan panel instrumen model layar LCD.

Yamaha Zuma 125 2022 (2)

(Foto: Ride Apart)

Tak kalah penting, Zuma 125 2022 punya banyak tempat penyimpanan barang. Hal tersebut akan sangat menguntungkan saat penggunanya melakukan perjalanan jauh.

Kompartemen utama sudah tentu tersedia di bawah jok yang diklaim bisa menampung helm face. Selain itu, skutik ini juga memiliki rak yang berada di belakang dan depan (di atas headlight).

Sudah Dilengkapi VVA

Kesamaan skutik ini dengan Xride 125 terdapat di kapasitas mesinnya. Kedua produk sama-sama menggunakan mesin 125 cc yang sudah mengadopsi teknologi Blue Core.

Tapi yang membuat Zuma 125 2022 lebih spesial ialah ikut dilengkapi teknologi katup Variable Valve Actuation (VVA) seperti yang bisa ditemui pada produk Maxi atau motor sport Yamaha.

Yamaha mengklaim konsumsi BBM Zuma 125 2022 bisa mencapai 101 mpg atau 42,9 km/l.

Naksir sama skutik ini? Tunggu dulu sampai Carmudian tahu harganya.

Yamaha Zuma 125 2020 dipasarkan dengan harga 3.699 dolar AS atau sekitar 52,7 juta dengan opsi warna Team Yamaha Blue dan Black Matte. Ternyata jauh lebih mahal kalau dibanding Xride yang harganya sekitar Rp18 jutaan.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts