Berita

Ban Paling Senyap Yokohama Advan dB V552 Meluncur, Harga Tergantung Dolar

Peluncuran ban premium Yokohama Advan dB V552

Jajaran manajemen Yokohama meluncurkan ban premium Advan dB V552 (Foto: Dimas/Carmudi)

Jakarta –  Ban mobil Yokohama Advan dB V552 resmi diluncurkan oleh PT YHI selaku sole distributor ban merek Yokohama di Indonesia sebagai produk terbaru mereka. Yokohama dB V552 ini sejatinya merupakan penerus generasi terdahulunya, dB V551. Alhasil, kualitas, teknologi dan hal teknis lainnya dari ban tersebut diklaim lebih baik dari sebelumnya.

Diperkenalkan pada hari ini, Rabu (5/9), Yokohama dB V552 mengusung teknologi Jepang dan mengantongi standar global. Dengan tagline ‘Dramatic Silence’, ban ini diklaim menjadi ban tersenyap lansiran Yokohama.

Advan dB V552 memiliki keunggulan di tingkat kesenyapan berkendara yang lebih istimewa sehingga menyuguhkan kenyamanan terbaik dalam berkendara.

“Dibandingkan produk sebelumnya, Yokohama Advan dB V552 ini memiliki tingkat energi kebisingan yang lebih rendah sebesar 30 persen,” ujar Tejo Andriastono selaku Marketing Manager PT YHI Indonesia.

Ban Premium untuk Kendaraan Premium

Advan dB V552 disebut sebagai produk terbaru dengan teknologi mixing terbaik Yokohama. Namun secara komposisi, material yang digunakan masih seputar karet sintetik dan natural. Dari spesifikasi ban ini, Tejo memaparkan hasil pengujian internal menunjukan bahwa Advan dB V552 memiliki jarak pengereman 6 persen lebih pendek di kondisi basah dan hambatan gulir 5 persen lebih rendah dibandingkan produk sebelumnya.

“Sesuai dengan desain profil yang lebih premium, ban ini (Advan V552) juga sangat cocok untuk mobil-mobil premium,” papar Tejo.

Alih-alih menargetkan pasar kendaraan premium, PT YHI mengakui bahwa kehadiran dB V552 hanya mengisi ceruk pasar premium saja. Tejo menjelaskan bahwa pihaknya ingin melengkapi jajaran produknya secara lengkap dengan menyentuh berbagai segmen pasar.

Maka dari itu PT YHI enggan menyebutkan target sales mereka dibandingkan sebelumnya. Meskipun begitu, Tejo memastikan Advan dB V552 juga mampu mengakomodir segala jenis kendaraan seperti sedan, MPV, kompak, hybrid hingga listrik.

Pengaruh Dolar AS terhadap Harga Ban

Yokohama Advan dB V552

Yokohama Advan dB V552 diklaim sebagai ban paling senyap (Foto: Dimas/Carmudi)

Pergerakan rupiah terhadap dolar kian menjadi momok bagi berbagai elemen bisnis dan turut dirasakan PT YHI. Meskipun begitu, Tejo menyampaikan rasa optimisnya bahwa penjualan ban premium akan terus membaik. Perlu diketahui, Advan dB V552 ini diproduksi langsung di Jepang dan hingga saat ini statusnya masih barang dagangan aftermarket, belum menjadi ban OEM (Original Equipment Manufacturer) brand mobil manapun.

“Memang sudah ada penawaran dari kami ke berbagai produsen mobil merek dunia, tapi kami belum bisa menyebutkan secara spesifik karena belum ada keputusan finalnya,” ungkap Tejo.

Seperti dijelaskan saat peluncurannya, Advan dB V552 sebagai ban premium tersedia berbagai ukuran, mulai dari 14 inchi hingga 20 inchi. Di Indonesia, seiring mengikuti perkembangan nilai rupiah terhadap dolar AS, Advan dB V552 akan dibanderol dengan kisaran harga Rp1-3 jutaan. (dna)

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts

/