Isi detail Anda dan dapatkan penawaran terbaik dari Carmudi
Daihatsu Hi-Max
Rp107.75 - 115.75 Juta




Daihatsu Hi-Max
Rp107.75 - 115.75 JutaCARI TAHU PROMO

Transmisi

Bahan bakar

Mesin

Tempat Duduk
Daftar Harga Daihatsu Hi-Max
Review Daihatsu Hi-Max 2021
Daihatsu Hi-Max pertama kali diluncurkan pada 2016 lalu di Indonesia, tepatnya pada tanggal 10 November. Mobil tersebut adalah Daihatsu Hijet yang bisa dibilang ‘diIndonesiakan’.
Menurut Senior Executive Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Tsuneo Itagaki yang saat peluncuran Hi-Max masih menjabat, mobil ini mempunyai tiga keunggulan, yaitu memiliki kemampuan bermanuver di medan jalan yang sempit sambal membawa muatan barang, harga terjangkau, serta mempunyai konsumsi bahan bakar irit.
Namun, ada kabar buruk mengenai Daihatsu Hi-Max ini. PT ADM telah menyetop penjualan mobil tersebut. Salah satu alasannya adalah penjualannya yang semakin menyedihkan. Mobil ini diketahui memiliki rapor penjualan yang merah.
Selain itu, Hi-Max juga kalah bersaing dengan Daihatsu Gran Max. Meski dijual dengan harga terjangkau, ternyata Daihatsu Hi-max kalah bersaing dari sang kakak, Gran Max. Dan memang saat Carmudi mengecek website resmi Daihatsu, Hi-Max sudah tidak dijual lagi.
Namun, bagi yang tertarik ingin memiliki mobil tersebut, dapat membeli mobilnya di situs jual mobil bekas, termasuk Carmudi Indonesia. Hi-Max cocok dijadikan kendaraan bagi yang memiliki usaha jualan ataupun perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang.
Untuk tipenya, mobil tersebut ditawarkan dalam dua tipe, yaitu Hi Max PU 1.0 STD dan tipe PU 1.0 STD AC PS, sedangkan untuk warnanya, hanya ditawarkan dua warna yakni Icy white dan Ultra black.
Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai Daihatsu Hi-Max dari bagian eksterior, interior, dan fitur yang disematkan pada mobil ini.
Eksterior Daihatsu Hi-Max
Jika melihat keseluruhan eksterior Daihatsu Hi-Max, mobil ini terlihat tangguh sebagai mobil pikap. Desainnya memang sederhana karena Hi-Max lebih mengutamakan fungsi dibandingkan estetika.
Hi-Max memiliki ukuran dimensi yang agak imut dengan panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.770 mm, serta jarak sumbu roda 1.900 mm dan ground clearance (jarak terendah ke tanah) 160 mm.
Jika melihat bagian depan Daihatsu Hi-Max, mobil ini terlihat mempunyai bentuk wajah yang dinilai menarik dan tidak seperti wajah depan mobil pikap lainnya.
Terdapat dua lampu utama berbentuk kotak dan berukuran besar yang dapat memberikan pencahayaan cukup terang saat mobil dibawa berkendara di malam hari ataupun cuaca berkabut sekali pun.
Kedua lampu ini pun seperti memiliki sorot mata yang terkesan menyenangkan. Pada tipe tertinggi Hi-Max, disematkan gril dan bumper depan yang tidak dicat sewarna bodi mobil.
Menariknya, pelat nomor mobil disematkan di bagian kanan bumper yang memperlihatkan kesan seperti mobil-mobil di Jepang.
Selain itu, bagian depan Hi-Max terlihat cukup familiar. Desainnya adalah gabungan dari model Hi-Jet dan Gran Max. Namun, bagian depan mobil ini dinilai terkesan aneh di bagian bemper dan gril-nya yang menyatu.
Dengan demikian, setengah bagian wajah depan Hi-Max tertutup seperti memakai masker berwarna hitam.
Beralih ke bagian samping Hi-Max pada tipe tertinggi, masih disematkan kaca spion yang diatur secara manual, belum elektrik. Warnanya pun juga belum dibalut dengan cat sewarna bodi mobil ini.
Di sisi lain, terdapat tempat aki yang turut disematkan di bagian samping mobil serta penutupnya. Tak ketinggalan, Hi-Max menggunakan pelek kaleng dengan diameter berukuran 13 inci yang pas dipasang di mobil tersebut.
Di bagian belakang, desainnya seperti mobil-mobil pikap pada umumnya. Sebagai mobil pikap yang lebih mengutamakan fungsi dibandingkan desain, tidak ada bagian yang mencolok mata alias menarik.
Namun, detail di bagian belakang Hi-Max tetap berkesan dimana sudah dilengkapi dengan pelindung benturan bak belakang berbahan karet. Tak hanya itu, disematkan karet pada pengunci bak untuk memberikan kemudahan bagi pengguna saat ingin membuka dan menutup pengunci tersebut.
Interior Daihatsu Hi-Max
Jika melihat interior Daihatsu Hi-Max secara keseluruhan, tidak ada yang menarik. Ruang kabin mobil ini terlihat standar saja. Hal ini dinilai wajar karena Daihatsu Hi-max memang diperuntukan untuk mengangkut barang.
Material yang digunakan pada interiornya pun menggunakan bahan plastik berwarna hitam. Terdapat fitur keamanan standar yang biasa disematkan di mobil pada umumnya berupa seatbelt. Dua tipe mobil ini memiliki fitur yang berbeda, dimana tipe tertinggi sudah disematkan AC, sedangkan tipe terendah belum disematkan fitur tersebut.
Mengingat harganya yang dibawah 200 juta, ini tidak menjadi masalah besar. Di sisi lain, bagian dasbor Hi-Max terlihat fungsional dengan disematkan banyak tempat penyimpanan terbuka.
Namun sayangnya, hanya ada satu buah laci penyimpanan tertutup di depan kursi penumpang bagian depan. Selain itu, terdapat satu buah cup holder yang bisa digunakan oleh pengemudi. Menariknya, cup holder tersebut menghadap langsung ke kisi AC mobil sehingga juga dapat digunakan untuk mendinginkan minuman.
Seperti kebanyakan mobil pikap lainnya, hanya ada kursi untuk dua orang pada Hi-Max, termasuk di tipe tertingginya. Posisi duduknya yang tinggi memberikan visibilitas pengendaraan yang baik bagi pengemudi. Dalam perjalanan jarak jauh, mungkin pengguna akan merasa kurang nyaman duduk di kursi mobil ini karena busa jok kursinya yang tipis dan terasa pendek sehingga tidak bisa menyangga paha pengguna dengan baik.
Ini tentunya menyebabkan rasa kurang nyaman bagi pengguna saat berkendara dalam jarak jauh. Untungnya, sandaran punggung di Hi-Max cukup empuk. Hal ini dinilai wajar karena mobil ini diperuntukan sebagai kendaraan angkutan di jalanan.
Di sisi lain, putaran setir kemudinya terasa sangat ringan berkat adanya fitur EPS (Electronic Power Steering). EPS di Hi-Max menggunakan servo yang dibenamkan listrik. Keunggulan fitur tersebut tidak hanya dapat membuat bobot setir kemudi mobil ini jadi ringan, tapi juga tidak membebani tenaga mesinnya.
Selain itu, model setir Hi-Max terlihat mirip seperti setir kemudi yang disematkan pada Daihatsu Ayla D. Meski desainnya sederhana dan tanpa disematkan ornamen krom, diameter setir kemudi Hi-Max terasa pas saat digenggam yang dapat memberikan kenyamanan lebih maksimal bagi pengemudi.
Sebagai mobil jenis pikap, Daihatsu Hi-Max pastinya tidak mempunyai bagasi. Mobil tersebut memiliki bak mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut berbagai barang dari ukuran kecil hingga besar sekali pun.
Barang bawaan yang dibawa di mobil ini terjamin aman karena terdapat kait di bagian sisi-sisi bak mobil yang berfungsi untuk mengencangkan barangnya.
Fitur Daihatsu Hi-Max
Memang dimensi Daihatsu Hi-Max tidak terlalu besar, namun jangan meragukan kemampuan bawa barangnya.
Memiliki panjang bak angkut 1.935 mm, lebar 1.395 mm, serta tinggi 285 mm, mobil pikap tersebut dianggap cukup mampu membawa barang dalam jumlah banyak.
Ditambah dengan ukurannya yang kompak, Hi-Max mudah dibawa bermanuver sambal membawa barang banyak di belakang.
Baik pada tipe terendah maupun tipe tertingginya, Daihatsu Hi-Max belum disematkan takometer penunjuk putaran mesin di bagian panel instrumen.
Ini berarti pengemudi harus mendengarkan suara mesin dan mempunyai pengalaman berkendara untuk memindahkan gigi transmisi. Selain itu di bagian panel instrumen, hanya terdapat spidometer, indicator bensin, dan odometer, belum disematkan tripmeter.
Untuk memberikan kenyamanan secara lebih pada pengemudi dan penumpang yang duduk di depan, Hi-Max tipe termahal sudah disematkan fitur sistem audio dengan head unit single din.
Head unit tersebut dapat memutar siaran radio dan mempunyai input USB serta AUX. Suaranya terdengar dari dua buah speaker yang menghasilkan suara stereo yang cukup menghibur pengguna mobil ini.
Mesin Daihatsu Hi-Max
Daihatsu Hi-Max telah dibenamkan mesin 1KR-DE, 3-silinder, berkapasitas 1 liter. Mesin tersebut dapat membuat Hi-Max mengeluarkan tenaga sebesar 56,2 Hp. Selain itu, torsi maksimum yang bisa dihasilkan mobil ini adalah 85 Nm.
McPherson Strut (bagian depan) dan Rigid Axle dengan per keong (bagian belakang) mengisi suspensi Hi-Max.
Leaf Spring mengisi bagian shockbreaker. Mungkin ini bukan suspensi dan shockbreaker yang mewah, tapi tetap dapat memberikan kenyamanan untuk pengemudinya, dengan catatan tidak melewati medan jalan yang rusak.
Dengan kapasitas bahan bakar sebanyak 38 liter, mobil ini irit konsumsi bahan bakar. Tercatat, mobil ini bisa mencapai jarak 19 km berbekal 1 liter bensin. Tentu keiritan ini menjadi nilai utama bagi Daihatsu Hi-Max sebagai mobil niaga.
Spesifikasi Lengkap
Warna Tersedia

