Isi detail Anda dan dapatkan penawaran terbaik dari Carmudi
Datsun GO PANCA
Rp112.09 - 160.49 Juta


















Datsun GO PANCA
Rp112.09 - 160.49 JutaCARI TAHU PROMO

Transmisi

Bahan bakar

Mesin

Tempat Duduk
Daftar Harga Datsun Go-Panca
Review Datsun GO Panca
Pada debut peluncurannya, Datsun GO Panca yang mengisi segmen kelas LCGC dengan tampilan lumayan sporty dan harga terjangkau bisa dinilai cukup reasonable. Nissan melalui merek Datsun menjual GO Panca dan Go+ Panca di kelas "mobil murah". Mobil yang tergolong sebagai city car ini diperkenalkan pertama kali pada 2014. Mobil yang yang juga menargetkan pada segmen entry level ini dibangun dengan beragam fitur sesuai kebutuhan pembeli pertama (first buyer).
Desain Datsun GO Panca sendiri pun mengedepankan style atletis yang tampak dari sudut-sudut menonjol. Tak hanya itu, aura sporty juga didukung perpaduan headlamp berbentuk heksagonal. Kesan modern dan stylish muncul dari grill berdesain honeycomb dengan frame berlapis krom.
Di kelas yang sama, Datsun GO Panca harus bersaing dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Suzuki Wagon R. Seperti umum diketahui, mobil LCGC sendiri banyak diburu konsumen yang ingin naik kelas dari sepeda motor. Ini bisa diklaim lantaran harga mobil LCGC yang relatif terjangkau, yakni berkisar Rp100 jutaan.
Mengikuti aturan LCGC dari Pemerintah, Datsun memilih kelas mesin 1.200 cc dengan basis produksi di Indonesia. Datsun juga merancang mesin GO Panca dengan mengadopsi teknologi "perfect circle bore machining" demi performa terbaik. Bukan cuma di Indonesia, Datsun juga menjual GO Panca ke pasar internasional, seperti ke India, Rusia, hingga Afrika Selatan. Di luar Indonesia, Datsun GO Panca terlebih dahulu diproduksi di salah satu pabrik terbaru Renault-Nissan Alliance di Oragadam, Chennai.
Spesifikasi Mesin Datsun GO Panca
Datsun GO Panca mendapat penambahan tenaga pada model transmisi CVT-nya dari sektor dapur pacu. Datsun GO Panca dibenamkan mesin HR12DE, 3 silinder segaris DOHC. Kini, Datsun GO Panca bisa menghasilkan tenaga sebesar 77 HP pada 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 104 Nm pada 4.400 rpm. Sebagai perbandingan saja, mesin bertransmisi manual hanya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 67 HP pada 5.000 rpm.
Paling menarik, Datsun GO Panca kini tersedia tipe transmisi otomatis. Pilihan transmisi ini dinilai cukup epik karena sebelumnya hatchback LCGC ini cuma hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan saja. Transmisi otomatis ini lebih tepatnya merupakan model CVT yang menjanjikan irit konsumsi bahan bakar dan kehalusan berkendara. Meskipun cuma CVT tapi rasanya pilihan transmisi ini layak diapresiasi karena hal tersebut memungkinkan kita untuk menjajal Datsun GO Panca tanpa injak-injak kopling lagi.
Memang lumayan absurd, pihak Datsun menyebutkan bahwa Datsun GO Panca CVT bukan LCGC tapi untuk transmisi manualnya tetap LCGC. Ini dijelaskan oleh Datsun karena perangkat CVT berasal dari Thailand meskipun dirakit di Indonesia. Itu artinya, GO CVT tidak memenuhi syarat minimum mobil dengan komponen lokal.
Eksterior Datsun GO Panca
Desain eksterior Datsun GO Panca mendapat penyegaran alias facelift untuk memikat publik Tanah Air. Meskipun sekilas tidak terlalu tampak di bagian mana saja yang mendapat ubahan. Beberapa perubahan bisa dilihat dari tampilan muka depan dengan gril heksagonal seperti yang juga disematkan pada Datsun CROSS. Bukan cuma itu, bumper bawah dan lekukan house foglamp Datsun GO Panca juga berubah jadi lebih atraktif. Khusus untuk tipe flagship alias tertinggi T-ACTIVE mendapatkan imbuhan bodykit di depan.
Untuk bagian lampu depan maupun belakang tidak ada yang berbeda di setiap tipenya. Lampu utama Datsun GO Panca dilengkapi DRL-LED, lampu kecil, lampu besar, lampu jauh dan lampu sein menggunakan halogen. Fitur Follow Me Home juga sudah diadopsi pada semua tipe Datsun GO Panca ini. Sedangkan fitur auto headlight juga sudah tersedia namun cuma untuk tipe T dan T-ACTIVE saja. Untuk peleknya sendiri, kecuali tipe terendah, menggunakan pelek 14 inci terbaru berkelir silver.
Menuju ke bagian buritan, ubahan paling jelas bisa dilihat pada lubang kunci yang kini ada di semua tipe Datsun GO Panca. Selain itu, wiper belakang juga sudah tersedia di semua tipe kecuali tipe terendah. Spoiler dengan high mount lamp juga hanya tersedia di tipe T dan T-ACTIVE. Lampu lainnya di belakang semua menggunakan halogen. Secara keseluruhan, penampilan eksterior Datsun GO Panca sekarang jadi lebih berisi dan padat. Ketambahan lagi dengan kehadiran bodykit yang tidak tampak kualitas aftermarket seperti keluaran sebelumnya.
Selain itu, ada perubahan yang terjadi di Datsun GO Panca yang tidak terlihat. Datsun GO Panca mengalami beberapa perkembangan pada sasis yang diklaim Datsun membuat GO Panca semakin nyaman. Tak hanya itu, karet-karet pada pintunya pun ditambahi biar tidak mengeluarkan suara kencang saat pintu ditutup.
Interior Datsun GO Panca
Di dalam kabin, desain interior Datsun GO juga mendapat ubahan sedikit sehingga tampilannya mirip-mirip Datsun CROSS di kelas yang lebih tingginya. Dengan mendapat ubahan pada kabin, tema yang diusung kuat terlihat didominasi oleh warna hitam dan tidak lagi beige seperti sedia kala. Selain itu juga desain interior diperkaya garis lekuk yang sangat jelas dan panel AC yang tidak lagi berbentuk bulat, perubahan ini sontak dinilai cukup sukses memunculkan kesan modern.
Demi menunjang sisi entertainment atau hiburan di dalam kabin selama berkendara, Datsun GO Panca dibekali head unit layar sentuh double DIN 6,75 inci yang sudah terintegrasi. Tapi sayangnya, Head Unit ini hanya tersedia untuk dua varian tertinggi saja, untuk tipe di bawahnya masih mengadopsi Single DIN. Kalau melihat kualitasnya, Head Unit Datsun GO Panca tidak bisa diremehkan begitu saja. Layar sentuhnya cukup responsif, masih ada tombol fisikal di kiri dan kanannya dan ada USB port di laci kiri dashboard tepat di depan jok penumpang depan.
Masih di bagian dalam mobil, konfigurasi jok Datsun GO Panca ini pun tak luput dari sorotan. Mulai dari menapakkan kaki di pedal-pedal bawah setir kesan luas langsung bisa dirasakan walaupun tidak ada tempat pijakan kaki kiri untuk istirahat. Posisi jok pengemudi dirasa lumayan tinggi dan empuk. Di jok depan pun kini sudah terpisah tidak seperti keluaran lama yang kedua joknya menyatu. Kedua jok tersebut pun telah dibekali fitur slide & recline, namun pengaturan tinggi-rendahnya tidak bisa diubah. Hal ini ditandai juga dengan adaptasi model rem tangan atau rem parkir dengan wujud yang normatif seperti mobil-mobil lainnya. Sederhananya, Datsun resmi meninggalkan bentuk rem tangan sistem tarik yang jadul.
Sabuk pengaman dan roda kemudinya, tidak bisa diubah ketinggiannya. Headroom masih cukup tinggi untuk ukuran badan pengemudi rata-rata 170 cm.
Untuk jok barisan belakang, legroom Datsun GO Panca dinilai tidak ada yang spesial. Memang lebih luas dibanding Honda Brio Satya tapi masih lebih sempit daripada Agya atau Ayla. Headroom di bagian belakang ini menurun jadi dirasa sangat pas-pasan untuk tinggi penumpang 170 cm. Terkait kualitas jok belakang memang cukup disayangkan lantaran dirasa sangat tipis. Ketika duduk terasa sangat datar lantaran tidak ada kontur apapun di jok baris belakang ini.
Menuju ruang paling belakang yakni bagasinya ada yang berubah. Sebelumnya bagasi ini cuma bisa dibuka dari dalam kabin atau lebih tepatnya dari jok pengemudi, kini bagasi Datsun GO Panca sudah ada lubang kuncinya jadi bisa langsung dibuka dari luar. Melihat volumenya, bagasi Datsun GO Panca boleh dibilang luas untuk ukuran LCGC.
Fitur Datsun GO Panca
Di versi facelift sekarang ini semua tipe Datsun GO Panca telah disematkan power steering dan semua sudah menggunakan AC dengan desain control yang masih sangat sederhana dan dinilai ketinggalan zaman. Fitur spion elektrik dan power window elektrik belakang juga hanya hadir di dua tipe teratas saja yaitu tipe T dan T-ACTIVE. Meskipun telah memiliki desain dan konsol Head Unit baru, Datsun GO Panca cuma dibekali 2 speaker di seluruh variannya. Namun jumlah tersebut dirasa sangat cukup menunjang fitur hiburan.
Di fitur keselamatan, rem depan menggunakan ventilated disc dan belakang hanya tromol. Tapi sayang sekali, untuk semua tipe Datsun GO Panca tidak dibekali sistem rem ABS. Di semua varian juga kini telah dilengkapi airbags walaupun cuma satu. Untuk immobilizer sudah tersedia untuk semua varian, tapi untuk alarm dan keyless cuma ada pada dua varian tertinggi saja.
Spesifikasi Lengkap
Videos

Warna Tersedia





Review Terbaru

New Datsun Go, Facelift Setengah Hati dari Datsun
Jakarta – Nissan Motors ikut serta dalam program Low Cost Green Car dengan menunjuk Datsun, brand entry level mereka. … Baca lainnya
Jakarta – Nissan Motors ikut serta dalam program Low Cost Green Car dengan menunjuk Datsun, brand entry level mereka. Datsun menggunakan manufaktur milik Nissan di Purwakarta untuk memproduksi Go series. Pada Mei lalu Datsun merilis New Datsun Go yang … Baca lainnya