Isi detail Anda dan dapatkan penawaran terbaik dari Carmudi
Mitsubishi Xpander
Rp263.2 - 322.9 JutaMitsubishi Xpander
Rp263.2 - 322.9 JutaCARI TAHU PROMO
Transmisi
Bahan bakar
Mesin
Tempat Duduk
Daftar Harga Mitsubishi Xpander
Review Mitsubishi New Xpander 2024 | NCS
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia telah meluncurkan New Xpander dan Xpander Cross pada Senin (8/11/2021).
Dalam acara peluncuran keduanya yang berlangsung secara virtual ini, PT MMKSI membeberkan berbagai ubahan pada Xpander dan Xpander Cross terbaru.
New Xpander kini hadir dengan menggunakan tampilan depan dan belakang yang baru. Tak ketinggalan, bagian interior dan fiturnya pun mendapat pembaruan seperti adanya penggunaan transmisi CVT, suspensi yang sama dengan Pajero Sport, dan penggunaan rem tangan elektrik.
Selain itu, pihak MMKSI mengatakan bahwa harga yang ditawarkan lebih murah Rp 27 jutaan untuk New Xpander.
New Xpander varian termurah saat ini dibanderol seharga Rp 249,9 juta dengan harga periode relaksasi PPnBM 100 persen di Rp228 juta.
Lalu, New Xpander varian tertinggi dibanderol Rp299,7 juta dengan harga relaksasi PPnBM 100 persen di Rp272,5 juta.
Di Indonesia, New Xpander ditawarkan dalam varian banyak hingga 7 varian. Uniknya, ada dua varian yang memiliki ground clearance (jarak terendah ke tanah) lebih tinggi.
Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai Mitsubishi New Xpander dari bagian eksterior, interior, dan fitur yang disematkan pada mobil ini.
Eksterior Mitsubishi New Xpander
Untuk ukuran dimensi, New Xpander memiliki panjang 4.595 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.750 mm, sedangkan pada varian sebelumnya, mempunyai dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.695 mm.
Mengenai ground clearance-nya, New Xpander varian Ultimate CVT, Sport CVT, Sport MT, Exceed CVT, dan GLS CVT memiliki ground clearance 220 mm. Untuk varian Exceed MT dan GLS MT, memiliki ground clearance paling tinggi yang mencapai 225 mm.
Dengan ukuran tersebut, mobil ini diklaim mempunyai ground clearance terbaik di kelasnya, sehingga dapat meningkatkan kinerja off-road yang bisa disebut sebagai salah satu ciri khas Xpander.
Eksterior New Xpander terlihat tangguh dan maskulin secara keseluruhan. Seperti diketahui, eksterior mobil ini sudah diberi pembaruan.
Jika dilihat secara sepintas, tampilan Mitsubishi New Xpander tidak terlalu banyak mendapat ubahan. Desain bumper depan dan belakang sudah menggunakan fascia baru bernama T-Shape yang dikenalkan oleh PT MMKSI.
Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk lampu LED yang menyerupai huruf T. Gril depan yang tadinya krom kini diganti dengan black krom beserta kisi-kisi berukuran lebih besar jika dibandingkan model sebelumnya.
Di sisi lain, ada revisi pada fascia depan yang memperlihatkan tampilan bumper baru. Rakitan skid plate-nya dibuat lebih rendah yang bertujuan untuk mendapatkan intake lebih luas. Ini bersanding dengan fog lamp (lampu kabut) halogen yang disebar di seluruh trim New Xpander.
Ciri khas Dynamic Shield yang dibawa pada generasi pertama pun sudah berevolusi. Disematkan lampu depan yang dibuat lebih tipis dan sudah menggunakan proyektor. Namun untuk varian GLS sebagai varian terendah New Xpander, masih menggunakan lampu halogen.
Hal ini tidak menjadi masalah karena lampu depan mobil ini yang masih memakai jenis halogen pun bisa memberi pencahayaan terang saat dibawa berkendara di malam hari.
Pada bagian samping, ubahannya hanya ada di desain pelek. Ukuran peleknya menggunakan 17 inci dengan model two tone, dimana generasi sebelumnya memakai pelek berukuran 16 inci.
Pelek tersebut menghadirkan kesan maskulin pada New Xpander, ditambah adanya Side Sill Garnish sebagai pelengkap.
Beralih ke bagian belakang, lampu belakang mobil ini mengadopsi gaya bahasa desain T-Shape dengan LED seperti yang digunakan pada bagian depan.
Tak ketinggalan, bagian belakang New Xpander mendapat penyempurnaan desain. Salah satunya yaitu memberikan bentuk anyar dari unit lampu belakang LED, digabungkan dengan lampu rem LED demi meningkatkan visibilitas bagi pengemudi selama berkendara.
Dan untuk menunjang kepraktisan, mobil ini dilengkapi dengan Electric Switch Tail Gate Door Handle.
Interior Mitsubishi New Xpander
Untuk interior Mitsubishi New Xpander, mendapat spesifikasi yang sedikit berubah. Dasbor New Xpander sudah menggunakan desain yang disebut sebagai horizontal axis design dengan warna beige.
Khusus tipe Sport, menggunakan interior dengan balutan warna hitam yang terkesan modern. Setir kemudinya sendiri terlihat baru dan berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya.
Terdapat head unit seluas 8 inci dengan konektivitas smartphone yang tertanam sebagai peranti entertainment. Bagian yang juga baru yakni adanya penggunaan AC model digital, desain instrument cluster, serta rem dimana kini sudah memakai Electric Parking Brake (EPB) untuk menjamin keselamatan pengguna saat parkir.
Di baris kedua New Xpander, kini sudah dibekali dengan cup holder serta arm rest, sedangkan di baris ketiga, tak mendapat ubahan apapun alias masih sama dengan Xpander generasi sebelumnya.
Di sisi lain, pihak Mitsubishi menyebutkan bahwa Xpander terbaru ini sudah mendapatkan desain kursi bergaya 3D baru untuk memberi kesan elegan di dalam kabinnya.
Pada bagian ruang kaki dan ruang kepala mobil tersebut, sepertinya tidak begitu jauh berbeda dengan sebelumnya meski Xpander kali ini mendapatkan berbagai peningkatan fitur untuk penumpang di dalam kabin.
Berbagai fitur telah disematkan demi kepraktisan berkendara selama perjalanan jauh, seperti salah satunya ada outlet pengisian USB Type A dan Type C yang disematkan pada bangku baris kedua.
Fitur Mitsubishi New Xpander
Untuk fitur Mitsubishi New Xpander, sudah disematkan beragam fitur canggih seperti cruise control, kamera mundur, sensor parkir, tilt & telescopic steering, kunci keyless dengan start stop button, dan banyak titik power outlet yang tersedia dari baris depan hingga baris ketiga.
Ada juga fitur headlight auto off saat mesin mati, tombol pengaturan pada setir, dan auto lock yang akan mengunci mobil ini secara otomatis dalam waktu 30 detik. Fitur ini membuat pemilik New Xpander tak perlu khawatir jika lupa mengunci mobilnya.
Terdapat peningkatan fitur keselamatan pada mobil ini, dimana sudah disematkan Electric Parking Brake dan Speed Sensitive Automatic Door Lock. Sayangnya, keduanya belum bisa ditemukan pada trim terendah.
Tak ketinggalan, Dual SRS Airbags dan sistem pengereman ABS, EBD, serta BA masih menjadi andalan dari sistem keselamatan New Xpander. Sebagai pelengkap, disematkan fitur Active Stability Control (ASC), Hills Start Assist (HAS), dan Parking Sensor dengan Rear View Camera.
Pusat dari semua sistem hiburan mobil ini terletak pada head unit seluas 8 inci khusus varian Sport dan Ultimate, serta 7 inci pada varian Exceed dan GLS.
Semua varian New Xpander telah mendapatkan fitur pemutar radio, Bluetooth dengan Hands-Free Function, dan Voice Recognition. Khusus untuk varian yang memiliki head unit 8 inci, mendapatkan pengaturan Smartphone Linked Display Audio (SDA).
Di sisi lain, konsol tengah didesain ulang untuk mengakomodasi ruang penyimpanan terbuka yang bisa digunakan untuk menampung smartphone.
Mesin Mitsubishi New Xpander
Untuk mesin New Xpander, masih mempercayakan dapur pacu dari generasi sebelumnya. Mesin yang lolos uji emisi Euro4 tersebut berkapasitas 1.499 cc, 4 silinder, MIVEC, DOHC bertenaga 103 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm di putaran 4.000 rpm.
Tenaga mesin ini disalurkan ke roda depan dengan menggunakan dua pilihan transmisi yang terdiri dari manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Alasan PT MMKSI menanamkan transmisi CVT pada New Xpander adalah untuk memberikan efisiensi dan performa mesin yang lebih baik.
Untuk transmisi manual sendiri, tersedia pada tipe Sport, Exceed, dan GLS. Perlu diketahui, versi transmisi manual ini masih menggunakan rem tangan model tarik seperti Xpander generasi sebelumnya.
Pada Xpander model sebelumnya, banyak mendapat komplain akibat bunyi ‘gluduk-gluduk’ yang kerap dialami oleh pemilik mobil ini. Untuk mengatasi hal tersebut, PT MMKSI menggunakan shock absorber milik Pajero Sport yang ditanamkan di bagian belakang New Xpander.
Pada bagian depan New Xpander, suspensinya memakai MacPherson Strut, sedangkan di bagian belakang, menggunakan Torsion Beam dengan Trailing arm.
Racikan suspensi baru ini membuat ground clearance mobil tersebut kini menjadi 220 mm yang setara dengan SUV berbodi bongsor.
MMKSI mengklaim paduan suspensi depan dan belakang New Xpander sebagai special tuned suspension.
Spesifikasi Lengkap
Videos
Warna Tersedia
Review Terbaru
Jajal Langsung Mitsubishi Xpander Di Jalan Raya, Benarkah Jadi Low MPV Ternyaman?
Jakarta – Ketika pertama menarik tudung yang menutupi rupa versi produksi dari XM Concept untuk pertama kalinya, wujud … Baca lainnya
Jakarta – Ketika pertama menarik tudung yang menutupi rupa versi produksi dari XM Concept untuk pertama kalinya, wujud asli Mitsubishi Xpander cukup membuat kami terkejut. Desain lampu unik, tampang depan garang dengan bahasa desain Dynamic Shield, fitur … Baca lainnya