Isi detail Anda dan dapatkan penawaran terbaik dari Carmudi
Toyota Supra
Rp2.237 MilyarToyota Supra
Rp2.237 MilyarCARI TAHU PROMO
Transmisi
Bahan bakar
Mesin
Tempat Duduk
Daftar Harga Toyota Supra
Review Toyota Supra
Mobil legendaris keluaran Toyota akan meluncur kembali ke pasar otomotif Indonesia setelah vakum cukup lama. Mobil legendaris tersebut adalah Toyota Supra. Mobil yang masuk segmen mobil premium sport ini memang sudah dinantikan kehadirannya oleh para pecinta otomotif Tanah Air. Toyota Supra sebenarnya sudah dikenalkan pada ajang Geneva Motor Show 2018, namun masih berupa konsep. Konsep yang diusung pada mobil Toyota tersebut adalah mobil balap.
Kemudian pada ajang GIIAS 2019 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Supra ke pasar otomotif Indonesia secara resmi. Setelah GIIAS berakhir, Pihak TAM mengumumkan harga resmi mobil sport legendaris tersebut, yakni Rp1,995 miliar on the road (OTR) Jakarta. Sebagai informasi, Toyota Supra hadir karena adanya kolaborasi antara BMW dan Toyota. Mobil ini dihadirkan dengan tujuan untuk mengalahkan para pesaingnya di kompetisi GTE, seperti Ferrari 488, New Aston Martin Vantage, dan BMW M8.
Sejarah Toyota Supra
Mengapa Toyota Supra disebut sebagai mobil legendaris? Mungkin sebagian dari Carmudian sudah mengetahui bahwa mobil sport andalan Toyota tersebut pertama kali mengaspal di tahun 1978. Generasi pertama Supra hadir di tahun 1978 hingga 1981 dengan nama lain, yakni Toyota Celica Supra atau Celica XX. Mobil ini mengandalkan mesin 6 silinder dan tersedia dalam 3 tipe, yaitu M 2000cc, 4M 2600cc, dan 5M 2800cc.
Setelah tiga tahun berlalu, Mk2 Celica XX hadir dengan kualitas yang diakui oleh pasar otomotif global, seperti Eropa dan Britania Raya. Kualitas mobil ini pun dibuktikan dengan gelar bergengsi yang didapatkan di trek balap seperti US Grand Prix 1979 dan British Saloon Car Championship.
Kemudian di tahun 1985, pihak Toyota akhirnya memutuskan Supra keluar dari keluarga Celica dan berdiri sendiri. Sebagai informasi, Celica berdiri sebagai mobil Front Wheel Drive (FWD), sedangkan Supra mengandalkan Rear Wheel Drive (RWD) dalam mengembangkan pilihan Line-Up Gran Tourer Toyota. Setahun kemudian, hadir Mk3 Supra dengan target pasar seperti Amerika dan Jepang khususnya.
Namun, muncul faktor yang menghentikan langkah Toyota Supra di pasar otomotif, yaitu tidak bisa bersaing dalam mencapai target emisi gas buang yang ditentukan oleh banyak negara pada aspek harga. Akibatnya, mobil sport keluaran Toyota tersebut berhenti diproduksi di tahun 2002.
Tentu banyak pecinta mobil sport, khususnya penggemar Toyota Supra, yang merasa sangat kecewa dengan kabar pemberhentian produksi mobil sport kesayangan mereka itu. Tujuh belas tahun berlalu, pihak Toyota akhirnya memberikan angin segar dengan merilis foto dan video teaser generasi kelima dari Toyota Supra.
Di ajang Detroit Auto Show 2019, Toyota Supra generasi terbaru dirilis secara resmi. Sebagai mobil sport legendaris yang sempat mati selama 17 tahun, Supra terbaru hadir dengan performa yang lebih handal dan mumpuni dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Eksterior Toyota Supra
Dalam mendapatkan performa handling yang handal, Toyota Supra turut mendapatkan banyak perubahan, termasuk pada sisi eksteriornya pada bagian wheelbase hingga Center of Gravity (CoG). Sedangkan untuk konsep desainnya sendiri, Supra mengadopsi lekuk bodi dari konsep Condensed Extreme L6 FR Toyota Sport. Pada sisi depan mobil, terlihat lebih garang dengan disematkan lampu depan yang cenderung menjorok ke bonnet mobil. Fender-nya pun menjadi lebih berisi, serta mengingatkan pada generasi sebelumnya.
Siluet bonnet-nya sendiri didesain dengan lekuk aerodinamis dan disematkan logo kebanggaan Toyota Supra di ujung tengahnya. Selain itu, terdapat bemper depan yang terbagi menjadi tiga ruang sehingga menciptakan tatanan modern serta agresif. Di sisi lain, bemper tersebut menjadi bagian ikonik dari Toyota Supra. Jika dilihat secara lebih detail, wheelbase Supra yang berukuran 2.470 mm terlihat lebih pendek 100 mm dibandingkan dengan Toyota 86. Namun ternyata, hal tersebut sengaja dirancang oleh pihak Toyota agar performa maneuver Supra menjadi lebih presisi.
Ditambah, distribusi bobot bodi depan dan belakang Supra menggunakan rasio 50:50 sehingga membuat proses cornering menjadi lebih responsif. Oleh karena itu, Supra generasi terbaru ini diklaim oleh Toyota memiliki performa handling yang sangat handal. Pada bagian bodi belakang, tampilan Supra terlihat sangat berisi. Terdapat beberapa tonjolan diperlihatkan supaya mendapatkan fungsi aerodinamis yang lebih baik. Ini bisa dilihat pada lekukan fender belakang mobil dimana laju anginnya akan disalurkan ke spoiler.
Tidak hanya itu saja, atap Supra terbaru terlihat landai seperti mobil Toyota lainnya, yakni 2000GT. Pihak Toyota menamakan desain tersebut dengan nama ‘Double Bubble Roof’ yang dinilai bisa mengurangi gesekan udara sehingga performa akselerasi mobil ini menjadi lebih meningkat.
Interior Toyota Supra
Pada sisi interior Toyota Supra, terlihat ramping dengan menerapkan model mesin depan serta mode penggerak RWD. Selain itu, Toyota sudah merancang Cockpit pada Supra dengan konsep Driver’s Oriented yang mengutamakan kenyamanan pengemudi maupun penumpang mobil. Untuk sisi dasbor, desainnya terlihat minimalis berpadu dengan nuansa sporty. Jahitan pada dasbornya pun memperlihatkan kesan premium bagi pengemudi, serta bahannya sudah berkualitas tinggi.
Terdapat berbagai tombol pada dasbor Toyota Supra yang ditata sangat rapi serta mudah dijangkau oleh pengemudi mobil. Seperti, tombol Air Conditioning (AC), pengaturan audio, hingga tombol Start/Stop Engine. Semua tombol tersebut mudah dioperasikan serta memiliki tulisan yang sangat jelas dibaca. Memang pihak Toyota merancang interior mobil sport andalannya ini dengan berbagai fitur yang memudahkan pengemudi.
Konsep Driver’s Oriented dirasakan sangat kuat pada bagian setir kemudi mobilnya. Setirnya telah dibalut bahan kulit yang didesain bergaya sporty dengan kombinasi warna merah dan hitam, serta jahitan berwarna putih. Dengan desain setir kemudi tersebut, tentu membuat pengemudi Toyota Supra bisa merasakan sensasi berkendara ala racing yang lebih berkelas dan dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.
Di sisi lain, sebagai mobil sport kesayangan Toyota, Supra terbaru telah dibekali dengan beberapa tombol multifungsi di kedua sisi setir kemudinya. Pada sisi kiri setir, terdapat fitur Cruise Control. Sedangkan pada bagian kanannya, terdapat tombol pengaturan audio dan konektivitias. Menariknya, terdapat juga panel Multi Information Display (MID) yang disematkan di balik kemudi setirnya.
Desain MID-nya sendiri sudah dirancang dengan konfigurasi Digital bergaya Racing. Ditambah, juga disematkan tuas Paddle Shift. Sebagai mobil sport, Toyota Supra generasi terbaru menerapkan dua kapasitas kursi. Mobil ini cocok untuk pasangan kekasih, satu untuk Carmudian dan satunya lagi untuk pasangan Carmudian.
Untuk menunjang kemewahan serta kenyamanan berada dalam mobil sport Toyota ini, kursi duduk Supra telah dibalut dengan bahan kulit berkualitas tinggi dan berpadu dengan jahitan berwarna merah. Selain itu, kontur kursi dirancang untuk dapat menyanggah pungguh dengan baik.
Fitur Toyota Supra
Untuk bagian fitur pada Toyota Supra generasi terbaru, pihak Toyota merancangnya dengan tujuan memberikan performa berkendara yang terasa menyenangkan bagi pengemudi dan para penumpang. Di Indonesia sendiri, pihak Toyota telah membekali Supra dengan berbagai spesifikasi yang lengkap dan teknologi canggih, sesuai dengan versi Supra yang diproduksi di Austria.
Pada bagian suspensi, Toyota Supra terbaru sudah mengandalkan formasi Double-Joint Spring Strut untuk suspensi depan dan Multi-Link pada suspensi belakang. Ini juga ditunjang dengan teknologi Adaptive Variable Suspension yang dapat memberikan performa Damper cenderung adaptif mengikuti kondisi jalan yang dilewati.
Di sisi lain, mobil ini dibenamkan fitur Vehicle Stability Control (VSC) agar stabil. Ketika mobilnya melalui jalan menikung, fitur Differential Lock yang juga disematkan pada Supra akan mengunci rasio kedua roda mobil sehingga menciptakan tingkat keseimbangan yang tinggi antara kestabilan dan performa manuver.
Sedangkan saat mobil berkendara di jalanan yang lurus, rasio penguncian akan meningkat sehingga performa traksinya bisa lebih optimal. Untuk fitur hiburan, Toyota Supra terbaru sudah menggunakan panel Head Unit Full Colour yang disematkan di atas dasbor mobil.
Panel tersebut menjadi pemanis pada sisi interior mobil ini. Selain itu, panel head unit Supra bisa dioperasikan menggunakan Rotary Control yang diletakkan di samping kanan kursi pengendara. Sehingga, memberikan kesan premium serta modern dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tidak ketinggalan, terdapat fitur penyejuk AC otomatis serta layar MID seluas 8,8 inci dengan konfigurasi TFT di balik kemudi mobil ini.
Harga Mobil Toyota Supra
Untuk harga Toyota Supra berada di kisaran Rp 2.237 Milyar, harga Toyota Supra tersebut tergantung pada tahun pembuatan produksi dan juga model atau varian dari mobil Toyota Supra tersebut.
Spesifikasi Lengkap
Warna Tersedia
Review Terbaru
Resmi Dijual, Segini Harga Mobil Sport Favorit Anak Jokowi
Setelah berhasil tebar pesona di hadapan pengunjung GIIAS 2019, PT Toyota Astra Motor resmi menjual Toyota GR Supra. … Baca lainnya
Setelah berhasil tebar pesona di hadapan pengunjung GIIAS 2019, PT Toyota Astra Motor resmi menjual Toyota GR Supra. Mobil yang juga menjadi favorit Kaesang Pangarep, anak Presiden Jokowi ini, dijual dengan harga Rp2 miliar kurang sedikit. Baca lainnya