: Disarankan

6.5 Juta Nego

Indonesia

Indo Jaya Motor Semarang
  • 29,000 Km

Suzuki Spin 2010 bekas warna hitam ini dijual oleh Indo Jaya Motor Semarang. Dealer ini berlokasi di Jalan Majapahit, Gayamsari, Semarang City, Central Java, Indonesia. Terdapat perlengkapan ...

8 Juta Nego

Medan

Platina Jaya Motor Medan
  • 13,049 Km

Suzuki Spin 2011 berwarna Hitam ini memiliki nilai yang luar biasa dengan harga hanya Rp 8000000. Kendaraan ini memiliki sistem transmisi Otomatis dan sudah berjalan sejauh 13049 KM sampai saat i...

6.85 Juta Nego

Indonesia

Indo Jaya Motor Semarang
  • 31,000 Km

Suzuki Spin 125 Sr 2012 bekas warna putih ini dijual oleh Indo Jaya Motor Semarang. Dealer ini berlokasi di Jalan Majapahit, Gayamsari, Semarang City, Central Java, Indonesia. Terdapat perlengk...

6 Juta Nego

Indonesia

CV. Mirsans Makassar
  • n/a

CASH & CREDITKendaraan ini dijual di Carmudi dengan harga yang bersaing dan kondisi yang berkualitas. Hubungi langsung penjual melalui detail kontak di sisi kanan laman ini, untuk mengetahui lebi...

5.8 Juta Nego

Indonesia

Gunarto Motor Yogyakarta
  • 27,000 Km

Suzuki Spin Sr 2008 bekas warna merah ini dijual oleh Gunarto Motor Yogyakarta. Dealer ini berlokasi di Jl. Monjali, Sariharjo, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta, Indonesia. Terdapat ...

Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Suzuki Spin di Indonesia

harga suzuki spin

Suzuki Spin merupakan motor bertransmisi CVT yang diperkenalkan ke pasar otomotif Indonesia pada Agustus 2006 silam. Spin dihadirkan karena Suzuki melihat perkembangan pasar skutik yang terus meningkat seiring waktu. Selain itu, Spin masih satu kerabat dengan Suzuki Step yang diproduksi di Thailand. Namun, masa produksi Spin terbilang cukup singkat karena kalah bersaing dengan para kompetitor di segmen yang sama. Pada kisaran 2011, Suzuki mematikan produksinya dan menggantikan Spin dengan Suzuki Nex.

Segmentasi Pasar dan Model Motor

Di awal peluncurannya, Suzuki Spin memberikan dua varian utama, Spin 125 dan Spin 125R. Perbedaan di antara keduanya tak terlalu signifikan, seperti pilihan warna, dan segmen yang dituju. Spin 125 dihadirkan dengan warna-warna kasual dan membidik segmen wanita, sedangkan untuk Spin 125R diberikan tampilan lebih sporti dan disematkan aksesori balap, sehingga yang dibidik adalah kaum pria, khususnya anak-anak muda.

Review Suzuki Spin

Pada awal diperkenalkan ke publik Tanah Air, Suzuki Spin hadir dengan kapasitas mesin terbesar dikelasnya, 125 cc. Sementara itu, para pesaing Spin masih berkutat dengan mesin berkapasitas 110 cc dan 115 cc. Kali pertamanya diluncurkan, Spin masih menggunakan pelek jari-jari. Tapi, hanya berselang beberapa bulan sejak peluncurannya, Suzuki mengganti model pelek jari-jari dengan model pelek palang, sehingga lebih terkesan sporti dan berjiwa anak muda.

Sedangkan varian terbaru Spin, Spin 125 Night Rider, diperkenalkan pada medio 2007. Suzuki ingin menampilkan model yang lebih eksklusif, tapi hanya mengandalkan permainan warna hitam polos dan emas. Setahun berselang, penyegaran kembali dilakukan pada Spin, di mana perubahan terjadi pada desain cover lampu. Untuk segmen wanita, diberikan desain dengan motif bunga, sedangkan segmen pria disodorkan motif tribal. Namun, karena strategi pemasaran yang kurang mumpuni dan kalah bersaing dengan para kompetitornya, produksi Suzuki Spin dihentikan pada 2011 dan digantikan oleh Suzuki Nex yang sudah dibekali dengan teknologi terbaru.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Spin

Berada di segmen skutik, Suzuki Spin memiliki beberapa keunggulan di antara para pesaingnya, seperti kapasitas mesin yang terbesar dikelasnya, desain ramping, modelnya simpel, suku cadang jarang dipalsukan, untuk mesin berkapasitas besar termasuk irit dalam konsumsi bahan bakar.

Kekurangannya lebih terlihat pada layanan purna jualnya, karena harga jual kembali Suzuki dipastikan akan terjun bebas. Permasalahan ini termasuk klasik dan hampir terjadi untuk semua produksi kendaraan pabrikan berlogo huruf ‘S’ tersebut. Selain itu, joknya juga sangat tipis, sehingga kalau mengendarai untuk rute jauh bisa cepat lelah. Ketika melaju di jalanan tak rata, goncangan Spin cukup terasa dan kurang stabil.

Performa Suzuki Spin

Suzuki Spin mengusung mesin berkapasitas 125 cc, 4 tak, SOHC, 2 klep, silinder tunggal, dan berpendingin udara. Transmisinya CVT dan kapasitas tangki bahan bakarnya, 3.7 liter. Untuk tenaga yang mampu dihasilkan sebesar 9.5 bhp pada 6.500 rpm, dengan torsinya yang mencapai 1.0 kgf-m pada 6.500 rpm.

dijual suzuki spin

Desain dan Fitur-fitur Suzuki Spin

Suzuki Spin tersedia dalam dua model, yang menyasar kalangan pria dan wanita, khususnya kaum urban di ibukota. Untuk kaum wanita, Spin memberikan pilihan warna kalem dan desain dengan motif bunga. Sementara untuk kaum pria, Spin menyodorkan model yang lebih sporti, dengan desain tribal dan baluran warna kombinasi hitam serta emas yang menjadi ciri khasnya. Untuk model terbaru yang lebih elegan, Suzuki menghadirkan Spin dalam versi Night Rider, yang dibalut dengan warna hitam dan emas.

Sejak awal dihadirkan ke publik hingga masa produksinya dihentikan, Tak ada perubahan yang cukup signifikan yang terjadi pada Suzuki Spin. Model-model yang disodorkan hanya berbeda dari segi desain tampilan dan tak menyentuh area dapur pacu. Begitu juga dengan sistem kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, yang membuat Spin akhirnya tertinggal jauh dari para kompetitornya. Di saat pabrikan lain seperti Honda dan Yamaha tengah berkutat dengan teknologi injeksi untuk diterapkan pada varian skutiknya, Spin masih tetap memertahankan model karburator.

Karakteristik Motor

Suzuki memiliki mesin terbesar dikelasnya dibandingkan dengan para pesaingnya, tapi Spin terkenal cukup irit dalam menenggak bahan bakar. Meskipun banyak yang mengatakan modelnya tak terlalu menarik, tapi Spin menyodorkan dua pillihan skutik untuk digunakan kaum lelaki dan perempuan. Sementara para pesaingnya hanya menyodorkan satu opsi saja atau universal. Untuk urusan performa, akselerasi Spin memang agak lambat di putaran bawah, tapi bisa melaju dengan cukup mulus pada putaran atas.

Suzuki Spin sudah menyematkan suspensi depan teleskopik, dengan bagian belakang menyematkan lengan ayun monosok. Sistem pengereman memakai rem cakram hidrolik di depan, sedangkan rem belakang masih menggunakan tromol. Inilah salah satu hal yang patut disayangkan, karena kapasitas mesin yang besar juga harus bisa diimbangi dengan sistem pengereman yang mantap, tapi Spin jelas belum menerapkan hal tersebut.

Kompetitor Suzuki Spin

Bermain di segmen sepeda motor skuter otomatis (skutik), di mana pasarnya di Tanah Air cukup menggiurkan, Suzuki Spin ditampilkan untuk menghadapi persaingan yang sudah dihadirkan terlebih dulu oleh dua pabrikan raksasa asal Jepang, Yamaha dan Honda. Kedua pabrikan tersebut masing-masing menggelontorkan varian skutik andalannya seperti Yamaha Nouvo, Yamaha Mio, dan Honda Vario.

Harga Suzuki Spin dan Ketersediaan Motor

Masa produksi Suzuki Spin sudah berakhir sejak 2011 lalu, tapi sampai dengan saat ini masih banyak yang berminat untuk mendapatkan skutik dengan desain yang sangat menarik ini. Kebanyakan yang mencari Spin adalah kalangan anak-anak muda yang doyan dengan modifikasi motor. Bagi kaum wanita, Spin ternyata juga cukup banyak peminatnya karena memiliki model yang dibuat khusus untuk mereka. Inilah yang menjadi daya tarik Spin sehingga masih terus dicari motor bekasnya. Berikut adalah kisaran harga Suzuki Spin dalam tempo beberapa tahun belakangan.

jual beli suzuki spin

Kesimpulan

Bentuk Suzuki Spin yang mungil tapi memiliki performa yang menawan, karena mengusung mesin yang lumayan besar dikelasnya, membuat Spin banyak digemari oleh anak-anak muda. Selain itu, kisaran harga beli motor bekasnya cukup terjangkau, membuat Spin masih banyak yang meliriknya. Terlebih lagi, Spin irit bahan bakar dibandingkan para kompetitornya.

Namun, buruknya layanan purna jual yang diberikan Suzuki, membuat harga jual kembali Spin sangat jatuh. Meski begitu, bagi Anda yang tengah mencari skutik untuk dijadikan kendaraan harian, karena memiliki performa yang mantap dan efisien konsumsi bahan bakarnya, maka tak ada salahnya untuk memertimbangkan Spin untuk menjadi kendaraan idaman.