1 Hasil ditemukan
Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Yamaha Alfa 2018 Bekas di Indonesia

dijual Yamaha Alfa

Pada era 1980 - 1990-an, Indonesia sedang diramaikan dengan persaingan motor bebek berjenis 2-tak. Hampir semua pabrikan menggelontorkan produk-produk unggulan mereka, tak terkecuali Yamaha. Pabrikan berlogo garpu tala tersebut juga memerkenalkan salah satu motor bebek 2-tak legendarisnya, Yamaha Alfa. Memiliki bodi yang mungil dan performa yang menawan, Alfa tak hanya dijadikan sebagai kendaraan komuter, tapi juga diturunkan dalam ajang balap motor 2-tak kelas 100 cc.

Segmentasi Pasar dan Model Motor

Yamaha Alfa diperkenalkan ke publik luas sebagai kendaraan komuter harian. Bodi yang mungil dan bobot yang ringan, membuat Alfa tak hanya digemari oleh kalangan pria, tapi juga para wanita. Modelnya yang kompak juga membuat Alfa cukup nyaman ketika harus melibas kepadatan lalu lintas. Namun, seperti halnya dengan motor-motor 2 tak lainnya, konsumsi bahan bakarnya terbilang cukup boros.

Sejarah Yamaha Alfa

Era 1980 – 1990 an bisa dibilang masa kejayaan dari sepeda motor yang mencangkok mesin 2-tak. Tak kurang dari motor bebek hingga motor berjenis sport, mengadopsi mesin jenis ini. Para pabrikan raksasa Jepang seperti Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki, saling berlomba untuk jadi penguasa pasar motor 2 tak di Tanah Air. Namun, untuk tipe motor bebek, Yamaha bersaing langsung dengan Suzuki. Sementara itu, Kawasaki lebih fokus mengembangkan motor sport berkapasitas 150cc. Sedangkan Honda, yang menjadi penguasa pasar sepeda motor di Tanah Air pada saat itu, lebih memfokuskan diri dalam pengembangan mesin 4-tak. Awal 2000 menjadi era kehancuran motor bebek berbasis 2-tak, karena mesin 4-tak menyuguhkan keiritan bahan bakar dan ramah lingkungan.

Performa Mesin Yamaha Alfa

yamaha alfa bekas

Yamaha Alfa mengusung mesin berkapasitas 102.1 cc, 2-tak, 1 silinder, berpendingin udara, dan pengapian menggunakan CDI. Untuk starternya sudah menggunakan starter kaki dan elektrik. Sementara itu, kapasitas oli samping Alfa 1.0 liter dan tangki bahan bakarnya 4.8 liter. Bobot Alfa juga terbilang sangat ringan, hanya 82 kg.

Desain dan Fitur Yamaha Alfa

Yamaha Alfa ditampilkan dengan desain yang sangat sederhana. Tempat lampu utamanya masih berbentuk kotak, begitu juga dengan model lampu stop di bagian belakang yang menyatu dengan lampu sein. Bentuknya yang mungil, membuat kalangan wanita merasa cukup nyaman untuk mengendarainya. Meskipun dihadirkan sebagai motor komuter dan tak dikhususkan untuk masuk segmen motor bebek sport, tapi Alfa sering diturunkan dalam ajang balap.

Beberapa fitur standar yang terdapat pada Alfa di antaranya suspensi depan yang menggunakan model semi-teleskopik dan suspensi belakangnya menggunakan dual sokbreker. Namun tak seperti motor-motor di era modern yang sudah menggunakan rem cakram, sistem pengereman Alfa pada roda depan dan belakang masih menggunakan tromol.

Kompetitor Yamaha Alfa

Berada di segmen motor bebek bertipe sport, Yamaha Alfa bertarung secara langsung dengan Suzuki RC100 (Sprinter), yang merupakan cikal bakal hadirnya Suzuki Satria.

Ketersediaan Motor dan Harga

Yamaha Alfa sudah tak lagi diproduksi sejak para pabrikan motor mulai beralih ke era mesin 4-tak. Meski begitu, sampai dengan saat ini masih banyak yang mengincar Alfa karena performa yang dihadirkannya. Oleh karena itu, sila menilik ke laman Carmudi Indonesia, yang memberikan informasi mengenai harga motor bekasnya dan sepeda motor lainnya lansiran Yamaha.

    harga Yamaha Alfa
  • Harga Yamaha Alfa 1992 Sekitar Rp2 jutaan
  • Harga Yamaha Alfa 1996 Sekitar Rp2,5 jutaan

Kesimpulan

Yamaha Alfa bisa dibilang salah satu sepeda motor legendaris lansiran Yamaha di era mesin 2-tak. Tak hanya dipergunakan sebagai motor harian, Alfa juga kerap diturunkan dalam ajang road race, karena performanya yang menawan dan bobot yang ringan. Jika Anda berminat dengan motor ini, Alfa mampu menghadirkan sensasi yang ditampilkan oleh motor bebek 2-tak. Tapi, satu hal yang patut diperhatikan adalah konsumsi bahan bakarnya. Hal ini karena motor berbasis mesin 2-tak sangat boros.

Detail Kontak Penjual

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Berikut tips-tips dari kami Carmudi
Sebutkan Anda melihat kendaraan yang akan dijual di Carmudi, agar penjual cepat merespon.
Selalu bertemu dengan penjual sebelum melakukan pembayaran uang muka.
Telepon SEKARANG! Mobil bagus terjual dengan cepat!
Detail Kontak Penjual
Untuk melihat detail kontak Penjual, silakan isi detail di bawah ini
Butuh pinjaman untuk kendaraan ini
Dengan klik tombol di atas, Anda menyetujui Persyaratan kami
Kirim pesan ke Penjual

One-Time Password (OTP) terkirim via SMS

Untuk verifikasi permintaan kredit Anda, masukan OTP di bawah ini

Oops! Sepertinya kami sulit melakukan verifikasi OTP yang anda masukan. Coba sekali lagi

Maaf, sepertinya ada sedikit kendala pada permintaan OTP Anda. Silakan verifikasi nomor Anda lagi pada kunjungan selanjutnya ke www.carmudi.co.id setelah 24 jam.

Belum mendapatkan kode OTP? Tunggu detik Permintaan OTP baru


Kami sudah menerima permintaan anda.

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Verifying ...