Carmudi.co.id
Aplikasi Carmudi.co.id
Prediksi Harga Kendaraan Anda

Refresh, Facelift dan Redesign pada Mobil

Refresh, Facelift dan Redesign pada Mobil

Bagi anda yang baru mendapat sebuah mobil dengan model baru, tentu istilah facelift dari produk yang pabrikan keluarkan sudah tidak asing lagi di telinga anda. Facelift merupakan sebuah penambahan, atau mungkin lebih tepatnya sebuah penggantian tampilan lama mobil anda dengan yang baru yang dilakukan oleh pabrikan. Setiap pabrikan dengan segala macam varian jenis mobilnya akan terus melakukan inovasi baik pada tampilan (body), fitur teknologi (GPS atau sensor parkir), maupun performa dapur pacunya (mesin). Namun, secara umum para pengguna mobil tentu tidak dapat selalu mengikuti inovasi pabrikan tersebut dengan cara membelinya langsung. Selain facelift, ada lagi istilah yang hampir serupa prosesnya, yaitu all new. Namun all new ini akan lebih dilakukan update besar yaitu melakukan perubahan dari tampilan dan mesinnya. Secara singkat bisa dijelaskan bahwa mobil dengan model lama anda akan terus diinovasi oleh pabrikan mobil tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Setiap perubahan pada mobil akan terdapat update kecil (minor update) dan update besar (mayor update). Untuk proses facelift biasanya hanya dilakukan minor change, dan all new akan dilakukan minor change dan major change. Mobil dengan model lama ini akan dikeluarkan lagi dengan tampilan yang kekinian, tampilan diadopsi dari perangkat mobil model baru. Para produsen seringkali mengubah total pada lini produknya. Bisa dilihat pada Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Namun ada juga yang hanya memberikan penyegaran pada tampilan (facelift) saja seperti Daihatsu Sirion Sport Custom dan Terios Custom, Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo, Honda HR-V JBL Audio, hingga Hyundai Santa Fe. Khusus untuk produk facelift tersebut, umumnya produsen mobil mengambil model dasar yang teratas dari versi sebelumnya, lalu diberikan penambahan kelengkapan berbeda agar tampak lebih segar. Strategi facelift ini tentu untuk menggugah selera konsumen. Biasanya pada sebuah facelift akan mempertahankan model dasar dari mobil tersebut dan platform-nya. Perubahan tersebut misalnya pada tampilan depan (grill atau lampu depan), lampu belakang, bumper, panel instrumen dan konsol tengah, serta berbagai badan atau aksesoris interior trim. Perubahan pada sistem mekanik mungkin akan terjadi bersamaan dengan perubahan tampilan. Seperti perubahan pada mesin, suspensi atau transmisi. Selain facelift di sini akan sedikit mengulas tentang “penyegaran” yang dilakukan pabrikan berkaitan dengan pembaruan terhadap mobil dengan model lama.

Refresh

Dalam dunia otomotif, pada setiap model yang diproduksi oleh pabrikan mobil akan melakukan beberapa update terhadap mobil yang mereka jual. Update ini di antara lain adalah penambahan beberapa fitur dalam mobil seperti warna cat mobil dan aksesoris yang biasanya tergantung pada permintaan konsumen. Perubahan ini dilakukan agar setiap mobil yang dijual akan terlihat lebih fresh, tentu sangat baik bagi pertumbuhan bisnis. “Refresh” ini merupakan langkah kecil dari pembaharuan sebuah mobil dengan model tertentu. Mobil dengan model lama akan disegarkan kembali dengan cara menambahkan atau mengubah bagian luar (eksterior). Dengan kata lain, penyegaran ini akan mengalami sedikit perubahan di setiap tahunnya karena revisi dari pabrikan yang terus menerus dilakukan demi kepuasan pelanggan.

Facelift

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya tahapan ini pun merupakan tahap yang dilakukan pabrikan mobil setelah penyegaran (refresh) dilakukan. Facelift biasanya juga melibatkan major update (update besar) namun dalam skala yang masih relatif rendah. Pada facelift ini biasanya dilakukan upadate fitur seperti pengendali otomatis. Facelift di sini akan mengikuti perkembangan minat konsumen, maka akan dilakukan perubahan gaya (stylistic change), fitur interior dan beberapa fitur baru yang lebih bagus dari tahap refresh sebelumnya. Jika salah satu model mobil telah dilakukan facelift oleh pabrikan, maka jika dibandingkan dengan model yang lama akan tampak berbeda. Bahkan terkadang persamaannya agak sulit ditemukan. Karena penambahan komponen yang baru dan cenderung lebih canggih maka harganya pun akan berbeda juga. Kembali pada intinya, hal ini akan sangat baik untuk bisnis para pabrikan. Padahal pada bagian dapur pacunya masih sama saja dengan model sebelumnya.

Redesign

Perancangan ulang atau redesign dari sebuah mobil yang diproduksi oleh pabrikan merupakan sebuah perubahan secara intensif baik itu dari dalam (interior), dari luar (eksterior), hingga perubahan berdasarkan evaluasi performa mesin model sebelumnya yang sudah terjun ke jalan. Mudah saja untuk menemukannya, yaitu mobil dengan nama lama namun dengan teknologi paling baru, komponen interior yang lebih baik, gaya paling kekinian, dan harganya pun lebih tinggi dari sebelumnya.

Anda masih bingung dengan perbandingan tadi? Saat sekarang mungkin anda tertarik pada salah satu model mobil dari salah satu pabrikan, namun karena keuangan anda yang tidak mencukupi maka anda mengurungkan niat anda itu. Hingga waktunya tiba namun anda akan dihadapkan dengan model mobil pilihan anda namun berbeda fitur dan harga. Sehingga kembali lagi, anda masih akan kekurangan biaya untuk membelinya. Bagi anda yang mengejar mobil impian anda karena suatu kebutuhan, entah untuk penggunaan pribadi atau keluarga, maka hendaklah memilih untuk mobil dengan model lama. Jika memang dealer resmi sudah tidak mendistribusikan mobil tersebut, maka saran berikutnya adalah mobil bekas. Lain perkara jika anda ingin membeli mobil karena anda memang sangat menyukai segala macam yang berhubungan dengan kecanggihan, update atau sesuatu yang baru, tentu anda harus memilih mobil keluaran terbaru dari pabrikan atau redesign. Anda bisa langsung lihat saja harganya. Pilihan tergantung pada anda. Pastikan harga mobil yang akan anda beli sangat cocok dengan kantong anda.