Memiliki mobil yang sudah “berusia” terkadang membuat para pemilik ingin menjualnya. Apalagi dengan kemunculan-kemunculan seri terbaru dari berbagai macam produsen mobil, mampu membuat air liur pun menetes dengan deras.

Tentunya dalam menjual barang seken pasti ada resiko yang selalu muncul.

Kebanyakan orang cenderung lebih hati-hati saat membeli barang bekas. Sebagai pembeli pun, anda pasti mengharapkan barang yang anda beli masih memiliki kualitas yang baik saat membeli barang bekas.

Begitupun ketika membeli mobil, dimana anda harus merogoh gocek lebih dalam kan, Carmudian?

Nah, jika anda ingin menjual mobil bekas anda, berikut tips yang harus diperhatikan agar jualannya ga pake lama.

1. Cek Fungsi Mobil Secara Keseluruhan

Sebelum anda mulai menjual mobil kepada orang lain, sangatlah krusial melakukan pengecekan fungsi-fungsi yang dimiliki mobil.

Mulailah dari mesin mobil, AC, steering, dekorasi internal mobil, jendela dan pintu, lampu-lampu, rem dan masih banyak lagi.

Biasanya anda akan menemukan sesuatu yang tidak beres.

Jika sudah menemukan bagian yang tidak beres, akan lebih baik jika anda langsung memperbaikinya. Anda pasti tidak ingin para pembeli menemukan hal-hal seperti ini sebagai penghalang untuk menjual mobil anda, kan?

Menghindari hal semacam ini akan membuat mobil anda laku lebih cepat.

2. Jagalah Kebersihan Mobil Anda

Selain menjaga fungsi mobil secara keseluruhan, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan mobil.

Pembersihan mobil juga harus menjadi prioritas utama anda. Kebersihan mobil menandakan bahwa anda sebagai pengguna pertama juga adalah orang yang mencintai kebersihan.

Menjaga kebersihan mobil berarti menghindari mobil anda dari aroma yang dapat mengganggu calon pembeli anda.

Anda sebagai pemilik mungkin sudah terbiasa dengan kondisi mobil anda, tetapi tidak untuk orang lain.

Ketika pembeli melihat kondisi mobil yang bersih, biasanya akan cenderung membuat pembeli percaya. Secara psikologi, orang lebih mudah percaya terhadap orang yang terlihat bersih dan terawat.

Jangan lupa, biasanya orang akan cenderung merasa lebih “oke” sehabis mandi. Percaya atau tidak, mobil pun akan terlihat lebih oke, ketika terlihat lebih bersih.

3. Berjualan Secara Jujur

Dalam hal berjualan, kejujuran menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Berjualan secara jujur akan terlihat dari pelayanan yang anda berikan terhadap para calon pembeli.

Berjualan dengan cara yang jujur berarti memberikan pelayanan yang baik, senyum sapa adalah salah satu hal yang paling mudah untuk dilakukan. Jawab segala pertanyaan calon pembeli dengan baik dan ramah.

Hal ini akan menjadi nilai tambah untuk anda, karena kebanyakan orang cenderung lebih mudah mengingat hal positif dan memberi apresiasi lebih.

4. Market-Price-Check atau Cek Harga Pasaran

Mengecek harga pasaran berarti memberikan kesempatan untuk anda untuk memperkirakan harga jual mobil bekas anda.

Lakukan pengecekan ke lebih dari 3 tempat. Jika harga yang ditawarkan oleh para penjual lain tidak terlalu berbeda, maka gunakan harga rata-rata dari seluruh harga pasaran yang telah anda cek sebelumnya.

Fungsi pengecekan ini sebenarnya adalah untuk memberi anda standar harga yang bisa anda pakai dalam menjual mobil anda.

Jangan pernah luput dari pemikiran bahwa semua calon pembeli anda pun sudah mencoba ‘melihat’ harga mobil yang sama di tempat lain. Anda bisa jadi yang pertama atau bahkan alternatif terakhir untuk para calon pembeli.

Jadi, juallah mobil anda dengan harga yang tentu saja masuk akal.

5. Tentukan Target Penjualan

Buat anda yang terkadang masih bingung akan menjual mobil kemana dan dimana?

Ada dua opsi yang bisa anda pilih.

Yaitu menjualnya melalu pihak ketiga ataupun menjualnya secara langsung kepada calon pembeli.

Berikut hal yang harus anda perhatikan ketika akan menjual mobil anda melalui pihak ketiga.

- Penjualan melalui pihak ketiga

Pihak ketiga pasti akan mengambil untung ketika melakukan penjualan.

Berarti anda harus siap menerima harga jual mobil yang lebih rendah daripada yang anda inginkan.

Anggap saja harga yang diambil oleh pihak ketiga adalah biay operasional ditambah dengan jumlah keuntungan yang akan diambil. Tetapi asiknya penjualan melalui pihak ketiga adalah biasanya anda akan menerima uang pembelian secara utuh sesuai yang disepakati.

Oh iya, ada baiknya anda sebagai pemilik mobil bekas melakukan negosiasi sejak dari awal, karena persetujuan ini akan menentukan harga yang anda dapat dari hasil penjualan mobil anda.

Anda Keuntungan dari penggunaan jasa ketiga ini adalah mobil anda akan cenderung mendapatkan publikasi tanpa perlu melakukannya secara manual.

Artinya, mobil anda diiklankan dan mendapat kesempatan lebih besar untuk laku disbanding ketika anda melakukanny sendiri. Tapi ingat bahwa penjualan melalui pihak ketiga pun selalu ditentukan oleh permintaan pasar.

- Penjualan secara langsung kepada calon pembeli

Menjual kepada calon pembeli secara langsung berarti melakukan semuanya sendiri.

Jika ini yang anda inginkan maka lakukan sedikit publikasi dari awal. Bisa melalui broadcast message atau memasang iklan di portal iklan yang tidak berbayar alias free.

Kemudian ketika menjual harga yang anda berikan biasanya akan ditawar mati-matian oleh para calon pembeli. Anda harus benar-benar tahu cara mepertahankan harga yang telah anda buat sebelumnya.

Ketika harga yang telah disepakati sudah sama-sama disetujui oleh kedua belah pihak, maka buatlah surat yang menandakan pembelian, pemberian DP dan hal-hal lain berkaitan yang anda rasa perlu untuk melakukan jual-beli secara profesional.

Jika anda sudah melakun bebengrapa tips di atas, kini saatnya anda melakukan penjualan mobil.

Eiitss.. Tapi anda harus ingat beberapa hal mengenai penjualan, bahwa calon pembeli adalah raja. Buat para Carmudian yang sedang ingin menjual mobil bekas anda, semoga mobilnya cepat laku ya!!