Kamu punya mobil di bagasi yang udah ga bisa jalan lagi? Mesinnya masih bisa diperbaiki tetapi memang sudah tidak layak jalan? Mobil tua mungkin?

Nah, mobil yang teronggok seperti ini biasanya disebut dengan mobil bahan.

Ternyata mobil bahan ini masih bisa kamu manfaatkan jadi ladang uang.

Mungkin menjual secara keseluruhan untuk dipakai kembali bukanlah sebuah pilihan lagi, apalagi melihat kondisi kendaraan yang mungkin tidak bisa mengaspal lagi dengan baik.

Carmudian bisa memanfaatkan mobil ini untuk mendapatkan uang dengan cara yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun kok. Begini nih caranya, Carmudian.

1. Bersihkan semua bagian mobil

Sebelum menjual mobil bahan kamu, tentu saja kamu harus melakukan pembersihan.

Membersihkan mobil ini sangat penting karena akan membuat mobil bahan kamu terlihat lebih baik dibandingkan sebelumnya. Mulailah dari bagian paling luar yaitu, body mobil.

Bersihkan dengan baik semua bagian body mobil kemudian lanjutkan membersihkan bagian mesin dan juga interior mobil.

Saat membersihkan bagian mesin, perhatikan pula bagian-bagian kelistrikan yang tidak boleh terkena air.

Usahakan bagian-bagian tersebut tetap kering agar tidak mengganggu kinerja mesin seperti aki, busi dan ECU.

Untuk bagian interior mobil, bersihkan pula dari bagian-bagian yang mudah terlihat oleh orang. Contohnya bagian sound system, tape atau lcd (jika ada). Bagian-bagian ini bisa memiliki harga yang lumayan tinggi saat dijual, Carmudian.

Setelah kamu membersihkan semua bagian, kamu bisa mentukan seberapa baik dan buruknya mobil bahan milik kamu.

Bagian-bagian mana yang dapat menjadi keunggulan hingga menaikkan harga mobil. Disini kamu sangat berperan penting, Carmudian. Ada baiknya kalau kamu mencatat semua bagian-bagian yang penting, kelebihan serta kekurangan mobil tersebut untuk nantinya menentukan kelayakan mobil tersebut.

2. Manfaatkan pasar mobil bekas

Setelah memastikan bahwa mobil bahan kamu sudah terlihat baik, maka periksa kembali bagian-bagian yang masih berfungsi.

Bagian yang masih berfungsi bisa kamu jual terpisah ke mobil bekas. Istilah untuk ini adalah “kampakan mobil.”

Kampakan mobil berarti mobil kamu dijual terpisah tergantung kepada part apa yang ingin kamu jual. Untuk menjual bagian-bagian dari mobil tersebut kamu bisa menggunakan jasa pasar mobil bekas.

Ada banyak sekali pasar mobil bekas yang menerima mobil kampakan lho. Tetapi ada satu hal yang harus kamu ketahui, bahwa banyak pihak mobil bekas yang meminta kamu memperlihatkan bahwa mobil yang kamu jual adalah milik pribadi.

Tentu saja mereka sebagai pihak pembeli akan berhati-hati saat membeli kampakan mobil. Sebagai pihak pembeli, mereka tidak ingin terlibat kasus apalagi dianggap melakukan pembelian dari mobil hasil curian.

Hal ini karena ada banyak sekali kasus dimana penjual menjual kampakan mobil hasil curian. Pastikan membawa dokumen-dokumen penting terkait kepemilikan mobil bahan yang mau kamu jual.

3. Jual per part/Kampakan mobil

Menjual kampakan mobil berarti harus menentukan harga jual tiap bagian yang dijual.

Di luar negeri terutama di daerah barat sudah tersedia banyak layanan online yang membantu kamu menjual bagian-bagian mobil seperti ini.

Melalui media online tersebut kamu bisa menentukan harga jual untuk bagian-bagian mobil seperti mesin, audio dan banyak bagian lainnya.

Contoh jasa yang memberikan pelayan ini adalah The Kelley Blue Book.

Salah satu perusahaan yang diakui dalam membantu para penjual kampakan mobil di negara adidaya Amerika. Mungkin kamu bisa cek website mereka dan mencoba menggunakan pelayanan yang mereka gunakan.

Setelah hasilnya keluar, kamu mungkin bisa mencoba menggunakan teknik yang sama untuk menentukan harga penjualan kampakan mobil yang kamu miliki.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam menentukan harga, kamu bisa mencoba mendatangi pasar mobil bekas dan menanyakan harga pasaran untuk bagian-bagian mobil yang sama.

Jika bagian tersebut masih berfungsi dengan baik dan terlihat baik pula, maka harga yang kamu tawarkan bisa mengikuti harga pasaran pada umumnya. Jika tidak, kamu harus memberikan penawaran yang jauh lebih murah lho, Carmudian.

4. Bandingkan penawaran yang datang

Tentu saja saat melakukan penjualan sebuah barang kamu akan mendapatkan penawaran harga dari para calon pembeli.

Jika bagian mesin yang kamu jual memiliki kualitas baik, maka tentu saja kamu akan mendapakan banyak penawaran dari para pembeli.

Saat melakukan penawaran, gunakanlah teknik negosiasi yang baik dan benar. Beritahukan keuntungan mereka memiliki barang yang kamu jual dan kondisinya dengan jujur.

Menggunakan kata yang benar bukan berarti harus melebih-lebihkan kondisi barang tersebut.

Setelah negosiasi biasanya kamu akan mendapatkan tawaran dengan harga terbaik. Bandingkan harga yang telah kamu dapatkan dan pilih nilai yang paling pas untuk barang tersebut.

Kamu mungkin berpikir ingin menjual dengan harga setinggi-tingginya. Tetapi terkadang harga tersebut dapat membuat si pembeli potensial membatalkan pembelian, maka tetaplah menggunakan harga yang masuk akal untuk setiap barang yang kamu jual.

5. Tips tambahan untuk Carmudian

Saat melakukan pembersihan mobil yang akan kamu jual, simpanlah barang-barang yang menurut kamu masih bisa kamu gunakan dengan baik.

Periksa secara baik-baik semua bagian mobil terutama tempat kamu terbiasa menyimpang barang. Barang kali kamu akan menemukan benda-benda yang telah lama kamu cari sebelumnya.

Mengapa hal ini perlu? Mobil terkadang dipakai oleh pemiliknya ibarat “rumah kedua.” Banyak para pemilik mobil menggunakan mobil sebagai tempat meletakkan pakaian, tas gym, sepatu, ponsel, laptop dan barang-barang lainnya.

Hal ini pula yang menyebabkan banyak barang penting yang mungkin terselip karena kebiasaan menyimpan barang di dalam mobil. Mungkin saja kamu menemukan pemutar musik yang sudah lama kamu cari di balik jok mobil.

Benda-benda kecil seperti ini terkadang terlihat tidak perlu, tapi ternyata sangat dibutuhkan. Segeralah simpan barang-barang tersebut setelah kamu menemukannya.

Mungkin mobil yang ingin kamu jual adalah mobil bekas dari orang tua kamu dan memiliki sejarah. Kamu bisa memilih untuk menjualnya atau meremajakannya kembali.

Hanya saja ketika kamu menjual mobil bahan seperti ini dengan cara kampakan, maka tentu saja kamu bisa mendapatkan uang tambahan. Tetapi ketika kamu memilih untuk memperbaikin mobil tersebut, tentu saja kamu akan mengeluarkan biaya yang mungkin tidak sedikit.

Baiknya hal seperti ini kamu utarakan dulu dengan orang-orang terkait seperti orang tua atau saudara kamu.

Pokok utama dari penjualan mobil bahan adalah kamu memahami pasar dan target penjualan. Lakukanlah hal yang diperlukan untuk membantu memperbaiki bagian-bagian dari mobil tersebut.

Dengan langkah seperti ini kamu dapat menaikkan harga barang tersebut dengan signifikan.

Untuk mengetahui estimasi harga yang bisa kamu tawarkan kepada para calon pembeli, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pasar-pasar mobil bekas dan membandingkan harga yang kamu berikan dengan pasaran yang ada.

Disini kamu dapat melihat secara jelas apa yang menyebabkan harga suatu barang berbeda padahal memiliki fungsi yang sama.

Ayo, dapatkan uang dengan memanfaatkan mobil bahan milikmu. Jangan biarkan teronggok begitu saja dimakan oleh waktu ya, Carmudian.