Carmudi.co.id
Aplikasi Carmudi.co.id
Prediksi Harga Kendaraan Anda

Lakukan Hal Ini Agar Mobil Cepat Laku

Lakukan Hal Ini Agar Mobil Cepat Laku

Anda sales mobil? Kebingungan menghadapi berbagai pelanggan yang beragam? Bahkan terkadang Anda akan menemukan calon pembeli yang akan membatalkan pembelian di saat-saat terakhir karena kebingungan atau belum tanya sama istri. Alasan-alasan seperti ini memang bisa bikin Anda bengong dan ga tahu harus ngapain. Apalagi untuk sales profesional, berhasil mendapatkan satu transaksi adalah suatu pencapaian. Tetapi terkadang Anda sebagai sales merasa mengucapkan hal yang benar di waktu yang salah. Nah, untuk membantu kamu menghindari hal tersebut sekaligus berhasil mencapai penjualan, Carmudi sudah membuat daftar tips yang bisa anda gunakan meningkatkan penjualan.

1. Trik “harga terjangkau”

Banya kejadian ketika dalam penjualan, calon pembeli akan berdebat mengenai suatu mobil lebih lama daripada mobil jenis lain. Ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama mereka menyukai mobil tersebut serta ingin membelinya. Kedua, harganya yang beda sedikit dengan bujet yang mereka miliki. Disinilah Anda harus memanfaatkan kedua hal tersebut. Gunakan trik seperti berikut: Contoh : “Memang budget yang Anda miliki dengan harga mobil berbeda sekitar Rp 1.000.000,-. Tetapi mobil ini merupakan mobil jenis hybrid dengan teknologi injeksi. Anda bahkan tidak harus mengeluarkan biaya sebesar itu hanya untuk bahan bakar mobil ini. Bukankah Anda akan lebih beruntung?” Manfaatkan fakta yang anda untuk membuat mobil terlihat lebih terjangkau oleh para calon pembeli.

2. Tanya Manager

Dalam banyak transaksi penjualan, pendekatan ini sering kali berhasil mencapai deal. Caranya adalah dengan memberitahukan kepada para calon pembeli bahwa setiap adanya diskon dan potongan yang bisa diberikan haruslah mendapat persetujuan terlebih dahulu dari manager Anda. Katakan kepada pembeli potensial Anda bahwa anda membutuhkan waktu untuk membujuk manager Anda memberikan diskon. Mintalah kepada pembeli untuk menunggu sebentar. Jangan langsung kembali ke meja pembeli kalaupun anda sudah mendapatkan harga diskon, tetapi kembalilah 20 menit kemudian. Jika lokasi kantor manager Anda dapat dilihat oleh para calon pembeli, buatlah gestur dan gerakan tangan yang menunjukkan anda sedang berdebat dengan manager. Setelah kembali ke meja pembeli katakanlah: “Fiuh.. Setelah tadi ngobrol panjang dengan manager saya, akhirnya beliau setuju untuk memberikan Bapak/Ibu harga yang Anda minta. Selamat atas kepemilikan mobilnya”

3. Tanya Kepada Pihak Ketiga

Pendekatan ini hanya bisa berhasil jika pembeli anda membawa pihak ketiga untuk mencari dan membeli mobil. Gunakan kelebihan-kelebihan yang ada dan tanyakan selalu pendapat dari pihak ketiga terhadap mobil yang sedang Anda jual. Contohnya: “Mobil tipe A ini memiliki warna yang sangat nyaman di mata dan mobil yang tahan goncangan. Bukankah begitu pak? (tanyakan kepada pihak ketiga).” Adanya pendapat dari pihak ketiga dapat membantu si calon pembeli untuk memutuskan mobil apa yang akan dibeli. Selain itu memang banyak calon pembeli yang membawa orang ketiga untuk mendapatkan pendapat yang lain. Jika para calon pembeli mobil anda memang membawa orang lain, ikut sertakan pihak ketiga tersebut untuk turut serta memberikan pendapat. Pendapat ini akan memicu para calon pembeli untuk memberikan justifikasi terhadap keinginan mereka untuk membeli mobil. Anda bisa saja langsung dapat mencapai kesepakatan bahwa mobil yang yang sedang dilihat oleh calon pembeli dibeli.

4. Berikan Bonus

Jika para pembeli mobil anda akan mendapatkan bonus ketika membeli mobil, maka manfaatkanlah dengan maksimal. Pada saat awal anda tidak perlu menyebutkan adanya bonus (jika program bonus ini bukan program promo besar-besaran). Bawalah terlebih dahulu si para calon pembeli untuk berkeliling dan perlihatkan mobil yang cocok. Jika para calon pembeli ini sudah memilih suatu mobil yang cocok, biasanya para pembeli akan melakukan negosiasi untuk bisa mendapatkan harga terbaik. Nah, jika kamu sudah yakin bahwa si calon pembeli akan membeli mobil tersebut, maka gunakanlah bonus untuk lebih meyakinkan si pembeli. “Kalau Bapak/Ibu jadi membeli mobil ini, saya bisa memberikan bonus berupa 2 kali servis secara gratis setelah kilometer 1000 dan 2500.” Yakinkan bahwa bonus yang memang diberikan dapat berguna secara positif terhadap mobil dan pembeli. Orang-orang cenderung lebih impulsif melakukan pembelian ketika barang yang mereka beli memiliki bonus, termasuk terhadap pembelian mobil.

5. Cerita Yang Sama

Sebagai sales profesional tentu saja anda sudah bertemu dengan beragam pembeli. Para pembeli juga pasti memiliki cerita-cerita yang berbeda satu sama lain. Tetapi, berbedapun bukan berarti tidak memiliki kesamaan. Suatu saat pasti Anda akan menemukan kasus yang sama ketika bertemu dengan pembeli yang berbeda. Anda pun bisa memanfaatkan cerita yang mirip atau sama ini untuk membantuk menjual mobil Anda. Misalnya saja ketika ada suatu kasus pembelian mobil dengan atau tanpa asuransi. Calon pembeli mobil Anda merasa bingung dengan kebutuhan asuransi mobil yang Anda. Apakah pembeli harus menggunakan asuransi dan membayar premi setiap bulan atau tidak. Disini Anda bisa menggunakan cerita yang sama seperti yang pernah Anda hadapi. Beritahukan pula keuntungan saat mereka menggunakan asuransi dengan ketika tidak menggunakan asuransi. Contoh : “Saya pernah memiliki pelanggan yang punya masalah sama dengan Bapak/Ibu. Saat itu mereka memilki keragu-raguan menggunakan asuransi atau tidak. Kemudian saya menjelaskan bahwa kelebihan dibalik penggunaan asuransi seperti apa saja (lanjutkan dengan kelebihan asuransi yang bekerja sama dengan produk Anda). Ibu/Bapak juga bisa menggunakan asuransi jika ingin memberikan proteksi terhadap mobil ini” Manusia cenderung lebih bisa berempati ketika berada di dalam posisi yang sama, dengan memberikan gambaran yang jelas mengenai pengalaman orang tersebut, maka ada kemungkinan calon pembeli Anda akan membeli mobil tersebut menggunakan asuransi tersebut. Sekali dayung, dua pulau terlampaui. Anda bisa mendapatkan bonus dan anda berhasil menjual salah satu mobil untuk memenuhi target anda.

Memang tidak semua cara bisa efektif untuk menaikkan hasil penjualan Anda, tetapi bukan berarti anda tidak bisa mencoba. Gunakanlah cara yang menurut Anda paling efektif. Perhatikan pula bagaimana karakter si pembeli, agar kamu bisa menentukan cara man yang paling tepat untuk digunakan menghadapi pembeli. Dengan ini kamu bisa menjual mobil dan meningkatkan pencapaian target dari jumlah target yang Anda miliki setiap bulannya. Bukankah begitu, Carmudian?