Kebanyakan orang mengambil pinjaman untuk membeli mobil (Car loan)dengan berpikir bahwa angsuran yang dibayarkan akan lebih murah.

Memang angsuran bulanan tidak akan memberatkan anda jika penghitungannya dilakukan setiap bulan. Tetapi tahukah Anda jika total pengeluaran dihitung, maka Anda telah membayarkan sejumlah uang melebihi harga dari mobil yang ingin Anda beli.

Tentu saja hal ini dikarenakan adanya bunga yang muncul setiap bulannya. Tapi tidak menutup fakta bahwa dengan melalui jalur angsuran ini, banyak yang merasa terbantu memiliki mobil impian mereka.

Menentukan Lama Angsuran Gampang-gampang Susah

Menentukan lama angsuran untuk pinjaman mobil memang tidak selalu mudah maupun sulit. Dengan penghitungan yang benar, Anda dapat mengetahui waktu yang tepat untuk melunasi pinjaman anda.

Rata-rata lama pelunasan untuk car loan adalah 60 bulan atau sekitar 5 hingga 6 tahun.

Untuk membuat hitungan yang benar, tentu saja Anda harus menghitung biaya yang akan dikeluarkan setiap bulan beserta bunga yang diberikan.

Jika bunga yang Anda dapatkan adalah fixed rate interest artinya bunga yang anda bayarkan setiap bulannya adalah tetap. Artinya, jumlah yang Anda perlu bayarkan setiap bulannya adalah tetap.

Sebenarnya akan lebih baik lagi jika Anda bisa menentukan waktu pembayaran dibawah 5 tahun.

Selain mengurangi bunga yang perlu Anda bayarkan, anda juga dapat menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan lain.

Tapi tetap saja jumlah ini tergantung kepada jenis mobil dan keadaan ekonomi ketika Anda membeli mobil. Karena bisa saja keadaan ekonomi Anda akan membaik secara drastis dalam waktu 1-5 tahun ke depan.

Yang menjadi masalah adalah ketika keadaan ekonomi Anda membaik, terkadang muncul pemikiran untuk melunasi sisa kredit yang Anda miliki.

Pada kenyataannya, jika Anda melunasi seluruh jumlah kredit sebelum waktunya, Anda akan membayarkan lebih banyak dari yang seharusnya.

Sehingga lebih baik untuk tetap membayarkan sisa kredit dengan waktu yang telah ditetapkan.

Untuk menentukan seberapa lama angsuran untuk melunasi car loan juga ternyata tergantung terhadap kebijakan peminjam.

Anggap saja anda meminjam uang kepada Bank, Bank tersebut yang akan menentukan seberapa lama Anda harus membayar.

Biasanya Anda akan diberikan pilihan tenor waktu pelunasan dengan minimal 3 tahun, tergantung kondisi ekonomi Anda.

Berpikirlah dengan bijak sebelum menentukan tenor waktu pinjaman ini.

Bujet Anda Berpengaruh

Membuat hitungan bujet dan pengeluaran adalah salah satu cara dimana Anda bisa menentukan jangka waktu pembayaran. Tentukan bujet yang Anda miliki dengan menghitung pendapatan perbulan.

Mobil baru dan mobil bekas tentu memiliki harga yang jauh berbeda, sangatlah wajar jika anda mengambil angsuran bulanan untuk car loan sampai 64 bulan dan 48 – 60 bulan untuk mobil bekas.

Mobil bekas memiliki harga yang lebih murah tentunya dibandingkan dengan mobil baru, sehingga jumlah pinjaman ketika membeli mobil baru akan lebih besar daripada mobil bekas.

Jika car loan anda berasal dari Bank, maka mintalah keringanan bunga yang mungkin anda dapatkan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anda bisa memilih pinjaman dengan bunga yang tetap atau variabel. Bunga tetap berarti jumlah yang sama akan dibayarkan setiap bulannya.

Sedangkan untuk bunga variabel berarti bunga yang Anda bayarkan akan berkurang setiap bulannya tergantung sisa jumlah utang atau pinjaman yang Anda miliki.

Bujet Calculator

Bujet calculator sangatlah dibutuhkan ketika membicarakan mengenai car loan.

Secara ekonomis membayar angsuran bulanan sebenarnya merupakan langkah yang lebih tepat. Hal yang dapat membuat orang menunggak salah satunya adalah lama atau jangka waktu pembayaran.

Mengambil jenis pembayaran yang lebih lama tentu memberikan Anda keringanan dalam membayarkan biaya bulanan. Tetapi semakin lama jangka waktu yang dibutuhkan maka akan semakin besar bunga yang harus anda bayarkan, sekalipun itu bentuk bunga flat atau variabel.

Dengan memperhitungkan hal ini, Anda diharapkan mengetahui kelebihan serta kekurangan dari penentuan jangka waktu pembayaran.

Lama atau tidaknya harus bisa Anda tentukan demi menentukan biaya bulanan yang harus dibayarkan dan juga kondisi ekonomi yang Anda miliki.

Cara mudah lainnya menentukan biaya ini adalah dengan mengunjungi beberapa website bank-bank yang menyediakan car loan, contohnya saja bank BNI, BCA, Permata, BRI dan bank-bank lainnya yang termasuk penyedia.

Disana, Anda dapat menemukan simulasi kredit yang mudah. Caranya hanya memasukkan harga mobil yang Anda inginkan, berapa persen uang muka yang Anda miliki serta jangka waktu pelunasan yang Anda butuhkan.

Disana Anda akan diberikan jumlah simulasi kredit bulanan yang perlu Anda bayarkan ketika mengajukan Car loan, tentu saja jumlah tersebut hanya berlaku di Bank tempat Anda melakukan penghitungan simulasi kredit.

Sejatinya, setiap bank memberikan penawaran yang berbeda sehingga bisa menyebabkan perbedaan harga yang signifikan.

Dari perbandingan antar bank ini, Anda akan dengan mudah menentukan bank terbaik dimana anda bisa mengajukan car loan.

Semoga artikel ini cukup membantu Anda memahami seberapa lama sih menentukan angsuran untuk pinjaman mobil.