Punya sejarah kredit yang jelek? Pernah berpikir bahwa kamu tidak akan bisa beli mobil jika pihak penjual mengetahui sejarah pembayaran kredit kamu?

Hmm.. Jangan anggap remeh sama diri kamu sendiri dulu, Carmudian. Disini kamu bakalan tahu tips khusus untuk bisa beli mobil walaupun sejarah kredit kamu bisa dibilang ga begitu lancar.

Yuk, disimak Carmudian.

1. Buat Check List Lembaga Peminjaman

Sebelum kamu mulai melakukan peminjaman, buat sebuah list untuk lembaga-lembaga peminjaman.

Disini kamu harus menuliskan setiap nama lembaga yang menurut kamu bisa memberikan pinjaman.

Tandai secara spesifik lembaga mana yang biasanya bersedia menangani kasus-kasus dengan pelanggan yang memiliki sejarah kredit yang menunggak.

Daftar ini dapat membantu kamu menentukan lembaga-lembaga peminjaman terbaik untuk masalahmu.

2. Jangan Pernah Takut Untuk Melakukan Pinjaman

Biar pun kamu pernah punya masalah kredit ga lancar, bukan berarti kamu harus pesimis setiap melakukan pinjaman.

Selalulah berani melakukan pinjaman dengan mengunjungi lembaga-lembaga yang telah kamu tuliskan di dalam daftar check list.

Percayalah bahwa usaha yang kamu lakukan akan membuahkan hasil yang baik. Apalagi dengan keyakinan bahwa kali ini kamu dapat mengatur pembayaran kredit dengan baik.

3. Buat Payment-Management Yang Baik

Buatlah skemal tentang pembayaran kredit yang baru.

Disini kamu harus bersungguh-sungguh untuk melakukan pembayaran, skema di sini berarti ada komitmen untuk melakukan apa yang terencana di dalam skema pembayaran.

Jelaskan juga kepada lembaga kamu melakukan pinjaman mengenai skema ini, bagaimana proses pelunasan pinjaman, langkah yang ditempuh ketika pembayaran mandeg.

Membuat model seperti ini dapat memberikan kesan bahwa kamu bersungguh-sungguh melakukan pinjaman dan melakukan pembayaran.

4. Pilih mobil yang benar-benar bisa kamu lunasi

Melakukan pinjaman berari haruslah bisa melakukan pelunasan. Untuk tidak membebani keuangan kamu nantinya, pilihlah mobil yang bisa kamu lunasi.

Sesuaikan mobil dengan standar keuangan yang kamu dapatkan, fokus kepada kebutuhan yang muncul. Mobil dengan standar dan spesifikasi tinggi pastinya membutuhkan biaya yang tidak murah.

Oleh karena itu, pilihlah mobil dengan harga yang sesuai dengan kantong. Lakukan hal ini untuk menghindari adanya penunggakan kembali di masa depan.

Kamu pasti tidak ingin masuk ke dalam daftar blacklist di lembaga peminjaman ini, karena bisa membuat kamu tidak lagi bisa melakukan peminjaman.

5. Pilih Jangka Waktu Pelunasan Yang Tercepat

Jangan cepat tergiur dengan rayuan para lembaga peminjaman mengenai jangka waktu pelunasan dengan harga yang lebih murah.

Usahakan selalu mengambil pelunasan yang tercepat agar tidak muncul lagi beban untuk biaya lainnya.

Pelunasan yang lebih cepat memang akan membebankan uang lebih banyak daripada pelunasan dalam jangka waktu lebih lama, tetapi dengan melunasi lebih cepat maka beban kamu pun berkurang jauh.

Pelunasan dalam jangka waktu lama membuat kamu harus selalu fokus pada pelunasan barang sehingga dapat mengganggu manajemen keuangan yang kamu miliki.

6. Jangan Tergiur Dengan Servis Tambahan

Biasanya saat melakukan peminjaman kamu juga akan diberikan tawaran lain sebagai servis tambahan.

Biasany servis tambahan seperti ini membutuhkan dana tambahan juga. Artinya, kamu harus membayar lebih daripada yang direncanakan dari awal.

Selalu perjelas kepada pihak lembaga peminjaman bahwa kamu tidak membutuhkan tambahan lainnya seperti garansi yang diperpanjang dan bentuk layanan lain yang diberikan. Fokuslah hanya pada jumlah pinjaman yang kamu butuhkan.

7. Pastikan Jumlah Pinjaman Sudah Final

Kalau kamu sudah menemukan lembaga pembiayaan yang cocok, maka lakukanlah peminjaman di tempat tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hindari mengambil tawaran-tawaran berupa layanan tambahan, dan pastikan bahwa pinjaman kamu sudah berada pada titik final.

Tanyakan bahwa tidak akan ada lagi tambahan bunga atau jenis apapun yang bisa menambah biaya cicilan kamu nantinya.

Ada beberapa lembaga yang menambahkan beberapa layanan ketika sudah melakukan pinjaman.

Akibatnya, terdapat beberapa tambahan biaya ketika melakukan pembayaran cicilan pada bulan berikutnya.

Menghindari hal ini tentu saja harus dilakukan sejak awal. Agar terhindar dari hal-hal tidak mengenakkan seperti ini, kamu harus memperjelas status peminjaman yang kamu lakukan.

Tidak ada salahnya lho menanyakan hal ini berulang kali. Kamu harus benar-benar yakin bahwa tidak akan ada tambahan apapun selain yang kamu bersedia bayarkan.

Pernah punya kredit yang bermasalah memang bisa menjadi satu alasan para perusahaan peminjaman atau pembiayaan nge-blacklist si penunggak, tapi ga usah khawatir Carmudian.

Di atas udah diungkapin beberapa tips yang bisa kamu praktekin kalau ingin melakukan pinjaman mobil. Semoga ga ada lagi sejarah kredit yang nunggak ya, Carmudian.