Jakarta – Toyota Kijang Innova Reborn 2021 bisa dibilang jadi salah satu mobil yang punya banyak varian. Saking banyaknya, cukup sulit buat menghapalkan varian serta harganya.
Toyota Kijang Innova Reborn di tahun 2021 ini sepertinya masih tetap jadi idaman. Salah satu buktinya ada pada berita viral dari warga Sumurgeneng, Tuban, Jawa Timur.
Sedikit bercerita, ratusan warga desa Sumurgeneng ini mendapatkan uang dari ganti rugi lahan oleh PT Pertamina. Warga yang rumahnya tergusur ini mendapatkan uang yang cukup besar.
Para warga yang yang ‘kaya mendadak’ ini langsung membeli mobil. Dalam video yang viral, terlihat kebanyakan warga desa tersebut membeli mobill Toyota Kijang Innova Reborn 2021. Mungkin Toyota Kijang Innova masih jadi pilihan masyarakat.
Fakta lain yang tak bisa dipungkiri adalah banyaknya unit yang melintas di kota besar maupun kota kecil. Toyota Kijang Innova Reborn ini sering seliweran di jalanan Jakarta.
Isi Konten
Tersedia Dalam 2 Pilihan Mesin
Buat calon pembeli Toyota Kijang Innova Reborn 2021, pahami dulu 2 pilihan mesinnya. Karena PT Toyota Astra Motor (TAM) menawarkan MPV ini dalam dua varian mesin.
Mesin yang pertama adalah mesin bensin berkapasitas 1.998 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Di atas kertas, mesin ini mampu meletupkan tenaga hingga 137 hp @5.600 rpm dengan torsi 183 Nm @4.000 rpm.
Transmisi yang digunakan terdiri dari 2 pilihan, yakni manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan dengan switchmatic.
Spesifikasi Mesin Toyota Kijang Innova Reborn Bensin |
|
Kode mesin | 1TR-FE |
Kapasitas mesin | 1.998 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i |
Tenaga | 137 hp @5.600 rpm |
Torsi | 183 Nm @4.000 rpm |
Transmisi | Manual 5 percepatan dan Otomatis 6 percepatan dengan switchmatic |
Penggerak | Roda belakang |
Lalu yang kedua adalah mesin Diesel. Mesin Diesel pada tubuh Kijang Innova ini bisa dibilang jadi salah satu mesin yang sangat diidamkan.
Bahan bakarnya irit, torsinya besar menjadikan mesin ini sangat bisa diandalkan. Terutama mereka yang menggunakan mobil ini sebagai mobil harian.
Tapi, Innova bermesin Diesel punya harga yang lebih mahal ketimbang mesin bensin. Hal ini juga jadi faktor penentu, kenapa banyak yang memilih mesin bensin. Walaupun sebenarnya pemilik mesin Dieselnya juga cukup banyak.
Mesin Dieselnya punya kapasitas 2.393 cc, 4 silinder, DOHC, turbocharge VNT intercooler. Tenaganya mencapai 146 hp @3.400 rpm dengan torsi 367 Nm @1.200-2.600 rpm.
Transmisinya sama seperti di atas. Tersedia dalam pilihan manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan dengan switchmatic.
Spesifikasi Mesin Toyota Kijang Innova Reborn Diesel |
|
Kode mesin | 2GD-FTV |
Kapasitas mesin | 2.393 cc, 4 silinder, DOHC, turbo VNT intercooler |
Tenaga | 146 hp @3.400 rpm |
Torsi | 367 Nm @1.200-2.600 rpm |
Transmisi | Manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan switchmatic |
Penggerak | Roda belakang |
Ada Banyak Varian
Sebenarnya ada cukup banyak varian buat mobil keluarga satu ini. Range harga termurahnya berada di Rp339,6 jutaan dan termahal ada di Rp442,9 jutaan.
Sebenarnya tipenya dimulai dari G lalu ada V dan V Luxury. Tapi dari ketiga tipe ini, masih terpecah lagi menjadi 12 varian yang bisa dipilih oleh konsumen.
Nah loh, banyak banget kan pilihannya. Rasanya sih enggak salah nih kalau banyak orang juga bingung buat menghapalkan varian dan harganya.
Berikut Daftar Harga Lengkap Toyota Kijang Innova Reborn 2021
Tipe G Bensin 2.0 |
|
G MT bensin | Rp339,6 juta |
G MT bensin Luxury | Rp345,8 juta |
G AT bensin | Rp359,5 juta |
G AT bensin Luxury | Rp365,7 juta |
Tipe V bensin 2.0 |
|
V MT bensin | Rp388,3 juta |
V MT bensin Luxury | Rp394,5 juta |
V AT bensin | Rp407,8 juta |
V AT bensin Luxury | Rp414 juta |
Tipe G Diesel 2.4 |
|
G MT Diesel | Rp370,7 juta |
G AT Diesel | Rp391,9 juta |
Tipe V Diesel 2.4 |
|
V MT Diesel | Rp423,2 juta |
V AT Diesel | Rp442,9 juta |
*Harga berdasarkan website resmi Toyota (Kamis 18/2/2021)
*Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu
Kekurangan Kijang Innova
Sebelum membeli wajib tahu dulu kekurangan dari mobil keluarga yang satu ini. Beberapa kekurangan ini sering dialami oleh para pemilik mobil yang kami rangkum.
Transmisi Jeduk
Pada saat awal kemunculannya, Toyota Kijang Innova Reborn kerap mengalami masalah pada bagian transmisinya. Transmisi akan terasa jeduk saat pengemudi menggunakan mode PWR.
Sedangkan pada mode Normal dan Eco, gejala jeduk tersebut tidak terlalu terasa. Biasanya gejala ini akan sangat terasa pada saat mobil di gas kickdown hingga gas mencapai rpm tengah.
Ketika pedal gas dilepas, transmisi ini kerap menimbulkan jeduk. Ini jelas merupakan hal yang sangat tidak nyaman. Lalu, bagaimana solusinya?
Biasanya pemilik akan membawa mobil ke bengkel resmi untuk diperiksa. Keluhan ini juga dapat dialami saat mobil hendak dipindahkan posisi transmisi dari P menuju R.
Lalu, pada saat mobil sedang berjalan dan hendak berpindah gigi, akan terasa bunyi ‘duk’ saat sedang pindah gigi. Itu terjadi untuk transmisi otomatis.
Lalu, bagaimana dengan transmisi manual? Biasanya pengemudi bakal merasakan sulit memindahkan gigi. Penyakit transmisi Innova Reborn ini bisa lebih sering muncul di varian otomatis baik itu bensin atau diesel.
Sebagian pengguna Innova pun menganggap bila ini adalah karakter transmisinya yang memang suka berbunyi jeduk.
Untuk mengatasi hal ini, biasanya pihak bengkel resmi bakal menyarankan untuk reflushing oli transmisi supaya perpindahan giginya lebih lancar. Namun, pada Innova Reborn versi terbaru masalah tersebut sudah dapat teratasi.
Ingat, di versi Kijang Innova Reborn 2021 keluhan ini sudah teratasi ya. Jadi jangan anggap keluhan ini masih ada pada mobil keluaran terbarunya Toyota.
Boros Untuk Mesin Bensin
Keluhan yang pasti terlontar khususnya untuk varian bermesin bensin adalah boros. Ya, hal ini sudah menjadi hal yang wajar bagi pengguna Kijang Innova Reborn.
Mesin bensinnya dianggap cukup boros apalagi kalau terkena macet parah seperti di Jakarta. Kebanyak orang memang ingin membeli versi Diesel.
Tapi selisih harganya juga lumayan dibanding versi bensin. Harga mesin bensin termurah ada di Rp339 jutaan. Sedangkan harga mesin Diesel termurah ada di Rp370 jutaan.
Ini artinya selisih harganya mencapai Rp31 jutaan. Lumayan jauh kalau dibandingkan keduanya. Makanya orang cenderung memilih versi bensin saja.
Setelah betul-betul tahu tentang daftar harga Toyota Kijang Innova reborn 2021, kira-kira varian apa yang mau kamu beli?