Salah satu alternatif yang sangat banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia adalah kredit mobil melalui lembaga pembiayaan mobil.

Lembaga pembiayaan ini juga ternyata memberikan layanan bukan hanya pada mobil baru saja tetapi juga mobil bekas.

Ada banyak sekali jenis lembaga pembiayaan yang dapat Carmudian manfaatkan untuk membeli kendaraan.

Hanya saja setiap lembaga pembiayaan memiliki karakteristik yang berbeda-beda terkait pembayaran.

Berikut do’s and dont’s yang harus anda perhatikan saat menggunakan lembaga pembiayaan saat melakukan pembiayaan mobil.

Cari Mobil Sesuai Keuangan Anda

Sebelum menggunakan lembaga pembiayaan carilah dahulu jenis mobil yang anda inginkan dan sesuaikan dengan bujet yang anda miliki.

Selalu ingat bahwa menggunakan lembaga pembiayaan berarti ada cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan.

Jadi sejak awal anda harus menyesuaikan keuangan anda agar tidak membebani biaya lain yang harus anda bayarkan setiap bulan.

Untuk mengantisipasi hal seperti ini buatlah sebuah akun lagi untuk menyimpan biaya cicilan kendaraan anda.

Pisahkan setiap hari gajian agar tidak membebani biaya yang lain. Solusi seperti ini sudah banyak sekali digunakan oleh orang lain dan cukup berhasil, Carmudian.

Pilihlah Lembaga Keuangan Terpercaya

Setelah anda memiliki tipe mobil yang sudah disesuaikan dengan bujet anda, maka waktunya mencari lembaga pembiayaan yang terpercaya.

Untuk mencari lembaga pembiayaan terbaik, silahkan lakukan riset yang benar.

Cek lembaga mana yang memberikan bunga terkecil, cicilan yang paling masuk akal dan proses yang harus anda ikuti ketika menggunakan seuatu lembaga pembiayaan.

Anda sendiri bisa mencari referensi dan reviu dari orang-orang mengenai suatu lembaga pembiayaan melalui internet.

Anda dapat melihat beberapa keluhan dan pujian mengenai suatu lembaga pembiayaan.

Dari sini anda bisa memutuskan akan memilih lembaga pembiayaan seperti apa yang terbaik untuk anda apalagi rata-rata perbedaan harga pada setiap lembaga pembiayaan adalah antara Rp 10.000 – Rp 150.000,- pada setiap jenis kendaraan, jadi anda dengan mudah bisa menentukan lembaga yang paling cocok.

Bayarkan Uang Muka Di Atas Biaya Minimum

Pemerintah telah menerapkan bahwa lembaga pembiayaan harus menaikkan angka uang muka menjadi 30%.

Berarti anda harus menyerahkan 30% dari harga mobil yang anda inginkan, tetapi dengan membayarkan angka minimum menyebabkan anda harus membayar sedikit lebih mahal setiap bulan.

Disarankan agar anda membayar lebih dari 30% untuk uang muka.

Sebut saja anda membayar 50%-60% uang muka, maka anda dapat menyicil sisa kredit lebih murah dan lebih cepat dalam waktu pelunasan.

Pembayaran dengan cara seperti ini jauh lebih menguntungkan anda daripada membayar dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selalu Bayar Tepat Waktu

Setiap lembaga pembiayaan akan mengharuskan anda untuk membayar cicilan kendaraan tepat waktu.

Biasanya pihak lembaga akan memberikan tenggat waktu jika terjadi keterlambatan pembayaran cicilan.

Tapi ketahui saja, menggunakan lembaga pembiayaan berarti anda memiliki hutang yang harus dibayarkan sehingga jika sudah melebih tenggat waktu, jangan salahkan pihak collector yang akan mendatangi anda untuk melakukan pelunasan. Anda pasti tidak ingin hal seperti ini terjadi kan, Carmudian?

Nah, dengan selalu melakukan pembayaran tepat waktu, anda pun terhindar dari collector dan memiliki catatan bersih di lembaga yang bersangkutan.

Hal ini akan mempengaruhi kredibilitas anda di mata lembaga pembiayaan sehingga suatu saat nanti anda ingin menggunakan jasa lembaga tersebut maka prosesnya akan menjadi lebih lancar.

Pilih Suku Bunga Terendah

Salah satu hal yang harus anda lakukan ketika menggunakan lembaga pembiayaan adalah lembaga penyedia suku bunga terendah.

Mengapa harus suku bunga terendah? Karena dengan suku bunga terendah beban bunga yang anda terima setiap bulan akan lebih rendah juga, Carmudian.

Apalagi pada sistem kredit ada dua jenis suku bunga yang harus anda ketahui.

Mereka adalah suku bunga efektif dan juga suku bunga flat.

Suku bunga efektif memiliki porsi yang dihitung berdasarkan sisa pokok utang, sedangkan suku bunga flat memiliki porsi yang dihitung berdasarkan sisa pokok utang awal.

Saat memutuskan menggunakan sebuah lembaga pembiayaan, harap anda tanyakan mengenai suku bunga yang mereka tawarkan, jangan lupa tanyakan bagaimana perhitungan suku bunga yang akan dibebankan kepada pembayaran yang akan ada lakukan setiap bulannya.

Gunakan Asuransi Yang Tepat

Pada umumnya lembaga pembiayaan ini telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Di sini pun anda harus menentukan apakah akan memaki asuransi atau tidak.

Kembali kepada bujet yang anda miliki, sesuaikan besaran angka asuransi yang harus anda bayarkan ketika memiliki sebuah kendaraan.

Memang tujuan dari penggunaan asuransi ini adalah untuk membantu anda meringankan biaya keluar ketika terjadi sesuatu pada kendaraan anda.

Apabila bujet anda masih memungkinkan, pakailah asuransi yang tepat.

Jika menurut anda asuransi itu penting, maka lakukanlah kembali perhitungan bujet, masukkan tambahan biaya kepada cicilan yang harus dibayarkan.

Jangan sampai biaya-biaya seperti ini mempengaruhi dan membebani kehidupan anda sehari-hari, Carmudian. Anda harus bijak dalam menentukan kepentingan seperti ini.

Secara garis besar, anda bisa mengikuti tips do’s and dont’s yang telah dipaparkan di atas, Carmudian.

Mempersiapkan dari awal berarti menyediakan payung sebelum hujan, yang akhirnya akan menguntungkan anda juga. Tetapi harus diingat bahwa menggunakan lembaga pembiayaan berarti anda harus membayar lebih banyak dari harga yang seharusnya.

Harga inilah yang harus dibayar ketika menggunakan jasa lembaga pembiayaan untuk membeli kendaraan impian anda. Apakah Carmudian sudah siap menggunakan lembaga pembiayaan mobil?