Site icon Carmudi Indonesia

Harga Mobil China di 2021 Masih Tergolong Murah, Apakah Worth It?

Harga mobil China di Indonesia tengah menjadi bahasan menarik karena terkenal gemar ‘banting harga’ dengan menyuguhkan fitur berlimpah.

Kendati demikian mobil China memang belum terlalu mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Tetapi, harga barunya lumayan menarik perhatian publik terutama yang hendak membeli mobil pertamanya. 

Tanpa panjang lebar, yuk, kita kupas produk-produk dari merek mobil asal China dan daftar harga terbarunya yang ada di Indonesia. Berikut ulasannya!

Merek Mobil China yang Ada di Indonesia

Ada berapa merek mobil China di Indonesia? 

Jika dijumlah, total ada tiga merek mobil China yang meramaikan industri mobil penumpang yaitu Wuling, DFSK, dan Morris Garage (MG)

Wuling

Wuling bisa dibilang salah satu raksasa otomotif yang ada di Indonesia. Wuling mencoba menjajaki pasar Indonesia untuk memperluas jaringan bisnis di Asia pada 2017.

Model yang pertama kali dikenalkan saat itu adalah model LMPV Wuling Confero. Gebrakan pertama tersebut mengisyaratkan bahw Wuling tahu betul pasar otomotif Indonesia.

Mereka meluncurkan LMPV terlebih dahulu dengan harga yang sangat bersaing. Salah satu kelebihan Wuling Confero adalah fiturnya yang jauh lebih baik dibanding LMPV yang ada saat itu.

Salah satu langkah kesuksesan Wuling juga ditopang layanan purna jual. Wuling menggunakan layanan bengkel dan diler dari Chevrolet setelah hengkang dari Indonesia.

Langkah ini membuatnya tidak sulit untuk membuat konsumen menjadi lebih percaya kepada Wuling

Di luar dari itu, Wuling juga terus menambah jaringan diler di berbagai provinsi. Hal ini bertujuan untuk menjaring konsumen potensial yang ada di luar Pulau Jawa.

DFSK

Seakan ingin mengikuti jejak keberhasilan Wuling, DFSK pun mencoba peruntungan untuk meramaikan dunia otomotif Indonesia. PT Sokonindo Automobil (DFSK) dengan lantang akan membangun pabrik di Cikande, Tangerang, Banten pada November 2017.

Pabrik tersebut diklaim bisa memproduksi hingga 50 ribu unit mobil per tahun. Investasinya pun kala itu mencapai 150 juta dolar AS atau setara Rp2,3 triliun hanya untuk pabrik.

MG Motor Indonesia

Merek ketiga merupakan merek yang bisa dibilang usianya paling muda. MG Motor Indonesia pertama kali menyatakan diri masuk pasar otomotif Indonesia pada 2020 kemarin.

Kendati banyak yang mengenalnya sebagai merek otomotif asal Inggris, namun tidak sepenuhnya begitu. Saham MG kini telah dibeli perusahaan asal China, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC).

Pabrik MG sendiri terletak di Lingang, Shanghai dan Zhengzhou. Selain di China, SAIC juga memiliki beberapa pabrik di Thailand dan India.

MG HS (Foto: MG)

Harga Mobil Baru China

Harga Mobil Wuling

Wuling hingga saat ini memiliki 4 model yang dijual secara resmi yaitu Almaz, Confero, Cortez, dan Formo. Untuk Almaz dan Confero baru saja mendapatkan penyegaran pada Maret 2021 ini. 

Harga Mobil Wuling Terbaru
Almaz  Rp269,8 – Rp345,8 jutaan
Confero  Rp169,8 – Rp202,8 jutaan
Cortez Rp213,8 – Rp294,8 jutaan
Formo  Rp143,8 – Rp144,8 jutaan

Wuling Cortez CT Type S (Foto: Wuling Motors)

Harga yang ditawarkan oleh Wuling memang cukup terjangkau dan menggoda. Bahkan penjualan mereka di Indonesia sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab penjualan mobil Wuling sudah masuk ke dalam 10 besar penjualan otomotif terbaik di Indonesia. Populasi mobilnya juga mudah ditemui di jalanan.

Harga Mobil DFSK

DFSK kini resmi memiliki lima produk yang dijual di Indonesia. Memang jumlahnya sedikit lebih banyak, tetapi penjualannya masih jauh di bawah Wuling.

Catatan penjualan DFSK bisa dibilang tidak terlalu bagus. Bahkan beberapa waktu lalu ramai diberitakan jika DFSK digugat akibat mobilnya yang dianggap tidak bisa melewati tanjakan dengan baik. 

Untuk model yang ditawarkan terdiri dari Gelora, Glory 560, Glory 580, Glory i-Auto, dan Super Cab.

Harga Mobil DFSK Terbaru

Gelora  Rp169 – Rp185 jutaan
Super Cab Rp135,9 – Rp161 jutaan
Glory 560  Rp202,5 – Rp252,5 jutaan
Glory 580  Rp252,9 – Rp315 jutaan
Glory i-Auto Rp335 jutaan

Harga Mobil MG Motor Indonesia

Merek terakhir yang ada di Indonesia sekaligus pemain baru adalah MG Motor Indonesia. Merek yang memakai gimik sebagai merek asal Inggris ini juga tidak terdengar lagi namanya.

Sesaat setelah peluncuran mereka cukup kencang menggaungkan promosi di berbagai media. Namun sekarang, rasanya kami pun juga sudah jarang mendengar merek ini lagi. 

Review MG ZS 2020. Foto: (Liputan6)

Untuk produknya sendiri MG baru memiliki dua model saja. Keduanya bermain di segmen SUV dengan nama MG ZS dan MG HS.

Harga Mobil MG Terbaru 

ZS  Rp261,8 – Rp295,8 jutaan
HS Rp375,8 – Rp435,8 jutaan

*seluruh harga mobil di atas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan

Itu tadi daftar harga mobil China yang ada di Indonesia. Jika melihat harganya memang cukup menggoda karena tidak terlampau mahal dibanding merek asal Jepang apalagi Eropa.

Salah satu keuntungan membeli mobil merek China ini adalah fitur. Mereka tak pelit memberikan fitur kepada konsumen.

Tetapi satu kekurangan merek asal China ini, mereka kurang memikirkan layanan after sales dari penjualan. Banyak orang enggan membeli merek asal China lantaran bingung harus melakukan servis di mana ketika sudah membeli.

Mungkin ketersediaan spare part juga menjadi hal yang menjadi pikiran konsumen. Melihat harga di atas, apakah Carmudian tertarik membeli mobil China ini? 

Baca Juga: 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas