Berita Mobil Sumber informasi

Daihatsu Xenia Alami Kemerosotan Penjualan

Great New Daihatsu Xenia Custom

Great New Daihatsu Xenia Custom tampil lebih sangar. Foto/Carmudi.

Jakarta – Semester satu (Januari-Juni) di 2018 dilalui PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu dengan baik. Penjualan yang positif, dengan membukukan angka retail sales (dealer ke konsumen) sebesar 95.300 unit, atau naik 6,98 persen.

Sedangkan wholesales (pabrik ke dealer) mencapai 94.929 unit, atau naik tipis dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Namun, dibalik pencapaian positif yang diraih sepanjang enam bulan pertama di 2018 ada penurunan penjualan. Ini dialami satu produk unggulannya yang sudah lama bermain di segmen mobil keluarga kelas bawah yaitu Daihatsu Xenia.

Berdasarkan data penjualan retail sales yang dirilis oleh ADM periode Januari-Juni 2018 tercatat sebanyak 16.427 Xenia yang terjual. Angka penjualan wholesales-nya sebesar 15.164 unit.

Jika mengacu pada periode yang sama tahun lalu, Daihatsu mengalami kemerosotan penjualan. Selama enam bulan pertama di 2017, Daihatsu Xenia berhasil terjual sebanyak 17.262 unit secara retail sales, sedangkan wholesales Xenia berada di angka 18.869 unit.

Salah satu faktor merosotnya penjualan Daihatsu Xenia mungkin dipengaruhi oleh semakin ketatnya persaingan di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Hal itu ditandai dengan munculnya pemain-pemain baru yang mencoba peruntungan di segmen yang sama sebut saja Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

Sepanjang 2017 Daihatsu Xenia berhasil membukukkan penjualan retail sales 36.948 unit dan wholesales 38.535 unit. Dengan terjadinya kemerosotan penjualan Xenia pada semester satu berarti Daihatsu harus berjuang keras di sisa enam bulan kedua. Agar model andalannya itu bisa melampaui angka penjualan tahun lalu atau minimal sama.

Sigra Penyumbang Terbesar Penjualan Daihatsu

Sepanjang Semester satu 2018, penjualan Daihatsu Sigra menjadi penyumbang terbesar penjualan Daihatsu naik itu secara retail sales maupun wholesales. Dari data retail sales, Sigra menjadi pilihan utama dengan perolehan 24.053 unit.

Disusul Gran Max Pick Up (PU) sebanyak 19.213 unit, selanjutnya, Terios dengan raihan 13.470, Ayla sebesar 12.047 unit, serta Gran Max Mini Bus (MB) 7.377 unit. Sementara untuk Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen, berkontribusi total sebesar 2.713 unit.

Pada sisi wholesales, Sigra tetap berada di posisi puncak dengan raihan 24.338 unit, kemudian disusul Gran Max Pick Up (PU) sebesar 19.902 unit. Sedangkan Daihatsu Ayla menyumbang 13.376 unit, Daihatsu Terios 12.585 unit, dan Gran Max (MB) 6.990 unit. Sedangkan Daihatsu Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen berkontribusi total sebesar 2.574 unit.

“Kami bersyukur, Daihatsu melewati pertengahan tahun 2018 ini dengan pencapaian yang positif. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan, yang tentunya akan semakin memotivasi kami untuk menyediakan produk dan layanan purnajual terbaik bagi pelanggan,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director ADM.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts