Mobil

Daftar Rekomendasi Mobil Tua Irit BBM, Cocok Buat Anak Muda

Mobil tua kerap dicap memiliki konsumsi BBM yang boros. Padahal sebenarnya masih banyak lho mobil tua yang irit BBM.

Jika menarik benang beberapa tahun ke belakang, banyak anak muda yang bermain mobil tua untuk harian. Hal ini tentu membuat harga mobil tua perlahan naik hingga sekarang.

Bagi anak muda, salah satu faktor penting bermain mobil tua tentunya harus irit BBM. Maklum, para anak muda ini banyak yang masih mengenyam pendidikan di dunia perkuliahan ataupun sekolah menengah atas.

mobil tua irit bbm

Cara mudah merawat “mobil tua” agar aman di musim hujan. Foto/Carmudi.

Sehingga mobil tua yang irit BBM lebih dirasa cocok untuk dompet mereka. Mungkin banyak timbul pertanyaan, memangnya ada ya mobil tua yang irit BBM?

Pertanyaan seperti itu sering terlontar bagi mereka yang awam tentang mobil tua. Padahal sebenarnya ada banyak juga lho mobil tua yang konsumsi BBM hariannya cukup irit.

Pada artikel ini, kami akan membeberkan beberapa rekomendasi mobil tua yang punya konsumsi BBM cukup irit. Kira-kira apa saja pilihannya ya?

Mobil Tua dengan Konsumsi BBM Irit

Toyota Starlet

Mobil tua pertama yang bisa kami rekomendasikan sebagai salah satu yang irit BBM adalah Toyota Starlet. Di Indonesia mobil ini dibekali dengan 2 pilihan mesin yang terdiri dari 1.000 cc, 4 silinder dan 1.300 cc, 4 silinder.

mobil tua irit bbm

Di atas kertas, konsumsi BBM Toyota Starlet ini sangat irit. Menurut keterangan pemakainya, angka konsumsi mobil ini bisa mencapai 1:10 hingga 1:13 km/liter.

Selain punya konsumsi BBM yang irit, Toyota Starlet juga punya harga suku cadang yang murah. Kalau Carmudian nggak percaya, coba deh cek di berbagai toko online.

Toyota All New Corolla

Kemudian ada Toyota All New Corolla yang diluncurkan pada tahun 1995. Jika melihat usianya, All New Corolla layak masuk ke dalam kategori mobil tua irit BBM.

Michael Albesta, salah satu pengguna dari komunitas Anak Muda Pecinta Mobil Klasik (ASIK) mengaku jika mobil tersebut punya konsumsi BBM irit.

All New Corolla

“Irit sih menurut saya. Mungkin kalau dihitung secara pemakaian luar kota itu bisa 1:14 km/liter ya. Kalau dalam kota mungkin di bawah dari itu angkanya, karena banyak macet,” katanya kepada kami, Rabu (30/3/2022).

Ia menuturkan jika estimasi yang harus dikeluarkan untuk membeli BBM dari Jakarta ke Bandung, Jawa Barat hanya berkisar Rp300 ribuan.

“Beberapa waktu lalu ini mobil dipakai ke Bandung isi Pertamax Rp300 ribu. Lihat di MID ternyata sudah dipakai sejauh 457 km dan udah kena macet di tol itu pun masih sisa banyak,” sambungnya.

Peugeot 306

Kemudian mobil tua yang punya konsumsi BBM irit ada Peugeot 306. Peugeot 306 merupakan salah satu sedan yang cukup underrated dan mulai dilupakan.

mobil tua irit bbm

Mobil asal pabrikan Prancis ini ternyata punya konsumsi BBM yang lumayan menggiurkan. Di Indonesia Peugeot 306 dijual mulai dari tahun 1996.

Secara usia, 306 ini sudah bisa masuk kategori mobil tua di era 1990-an. Sebagai gambaran, Peugeot 306 ini bisa mencatatkan konsumsi BBM rata-rata di angka 1:9 sampai 1:11 km/liter.

BMW 318i E36

Mobil Eropa tua lain yang konsumsi BBM-nya irit ada seri 3 dengan kode E36 bermesin 1.800 cc. Di Indonesia mobil tersebut dikenal dengan tipe 318i dari E36.

Mesin tersebut jadi mesin paling kecil yang ditawarkan oleh BMW seri 3 di Indonesia. Dari segi tenaga memang banyak yang mengeluhkan jika tenaganya cukup lemot.

mobil tua irit bbm

Perjalanan BMW Seri 3 dari era E30, E36, lalu E46

Tapi soal konsumsi BBM, BMW 318i E36 ini ternyata lumayan bisa diandalkan, lho! Mobil dengan mesin berkode M43 ini juga terbilang cukup bandel dan jarang rusak.

Secara angka, konsumsi BBM yang bisa dihasilkan mencapai angka kisaran 1:10 km/liter sampai 1:12 km/liter. Itupun tentunya dengan catatan mesin dalam kondisi sehat dan prima.

Mercedes-Benz C180

Kemudian mobil tua yang punya konsumsi BBM irit ada Mercedes-Benz C180 yang tergabung dalam keluarga C-Class. Mobil dengan kode bodi W202 ini juga punya konsumsi BBM yang lumayan irit, lho.

Kapasitas mesinnya sendiri mencapai 1.998 cc, 4 silinder bertenaga 134 hp. Walaupun secara data terlihat cukup besar, banyak pengguna yang mengeluhkan mesin ini cukup lemot.

Mercedes-Benz W202 hasil modifikasi, photo: Charissahar Arief

Mercedes-Benz W202 hasil modifikasi, photo: Charissahar Arief

Mobil ini dulu berkompetisi dengan BMW 318i E36 sebagai rival utamanya. Nggak heran kalau secara dimensi, dan kapasitas mesin kedua mobil ini hampir terlihat serupa.

Untuk angka konsumsi BBM-nya sendiri mencapai angka 1:10 km/liter sampai 1:12 km/liter. Jika digunakan di Ibukota yang macet mungkin angka terbaiknya mencapai 1:8 km/liter hingga 1:9 km/liter.

Isuzu Panther

Jika menyebut mobil tua yang irit BBM rasanya kurang afdol kalau belum menyebut nama Isuzu Panther. Mobil yang mengisi segmen MPV ini juga salah satu yang teririt di kelasnya.

Iritnya konsumsi BBM dari Panther rasanya nggak perlu diragukan lagi. Saking iritnya, angka konsumsi BBM-nya bisa mencapai lebih dari 1:13 km/liter.

mobil tua irit bbm

Isuzu Panther, mobil keluarga yang murah meriah (Foto: Carmudi)

Selain irit, Isuzu Panther generasi lawas juga masih bisa untuk menenggak BBM solar busuk lantaran belum memiliki teknologi canggih pada mesinnya.

Honda Civic

Mobil yang irit bahan bakar lainnya ada keluarga Honda Civic. Di Indonesia Honda menghadirkan beberapa model Civic seperti Grand, Genio, Wonder, Ferio, dan Estilo.

Walaupun belum dibekali teknologi canggih, Honda Civic ternyata tetap memiliki konsumsi BBM yang cukup irit. Salah satu alasan mengapa mobil Honda ini punya konsumsi BBM yang irit adalah bobotnya yang ringan.

Kira-kira, berapa angka konsumsi BBM ini ya? Berdasarkan data yang kami rangkum dari berbagai sumber, konsumsi BBM-nya mencapai 1:10 km/liter sampai 1:11 km/liter.

Harga Civic Genio 02

Harga Civic Genio (Foto: Carmudi)

Jika melihat daftar di atas, Carmudian juga harus tahu tentang perawatannya. Untuk bisa menjaga performa mesin agar irit BBM, pemilik mobil tentu juga wajib melakukan tune up secara rutin.

Dengan melakukan tune up secara rutin performa mesin akan tetap terjaga. Yang terpenting ketika memelihara mobil tua jangan sampai telat melakukan penggantian oli mesin.

Dari daftar mobil tua yang ada di atas, kira-kira mana yang jadi pilihan Carmudian untuk beraktifitas harian?

 

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts