MobilSumber informasi

Jangan Sampai Ketipu! Kenali Ciri Mobil Bekas Tabrakan

Biasanya mobil bekas tabrakan memiliki ciri yang bisa dilihat. Hal ini sangat penting diketahui oleh Carmudian yang ingin membeli mobil bekas.

Apa ya alasannya? Mobil bekas yang dijual di pasaran terkadang tidak mengandung informasi yang jujur mengenai kondisi mobil tersebut.

Misalnya mobil A dikatakan memiliki kondisi yang baik. Padahal sebenarnya mobil tersebut pernah mengalami tabrakan, terkena banjir, dan mengalami kerusakan mesin.

ciri mobil bekas tabrakan

Para pedagang mobil nakal akan menutupi hal tersebut agar mobil dagangannya cepat laku. Namun harus diketahui jika mobil yang bekas mengalami tabrakan akan memiliki ciri yang bisa dilihat dengan mudah.

Agar Carmudian tidak tertipu, berikut akan kami beberkan apa saja ciri mobil yang bekas tabrakan. Tujuannya supaya tidak membeli mobil tersebut ke depannya.

Ciri Mobil Bekas Tabrakan

Celah Nat Tidak Rata

Ciri mobil bekas tabrakan yang pertama adalah celah nat yang biasanya tidak rata pada mobil. Celah yang dimaksud terdiri dari bagian nat kap mesin, bumper depan atau belakang, nat pintu, dan bagasi.

Perhatikan celah-celah nat pada bagian tersebut. Umumnya mobil yang pernah mengalami tabrakan tidak akan bisa presisi di bagian celah ini.

Cara melihatnya adalah memperhatikan celah-celah di sisi kiri-kanan dan atas bawah bagian tersebut. Misalnya untuk kap mesin usahakan celah kiri dan kanan masih sama rapatnya.

ciri mobil bekas tabrakan

Ciri Mobil Bekas Tabrakan

Jika di sisi kiri terlihat lebih sempit atau lebih besar celahnya, Anda wajib curiga. Coba tanyakan kepada penjual mobil apakah mobil tersebut pernah menabrak atau tidak.

Pada bagian pintu dan bagasi biasanya celah ini akan terlihat dengan mudah. Caranya lihat bagian pintu dan bagasi tersebut dalam kondisi tertutup.

Jika celahnya terlihat besar di salah satu sisi, bisa dipastikan bagian tersebut pernah diperbaiki. Ada kemungkinan juga kalau pintu dan bagasi ini pernah mengalami kerusakan.

Lihat juga di balik kap mesin. Mobil yang belum pernah mengalami kecelakaan bagian dalam kap mesinnya tentu besinya masih lurus dan presisi.

Warna Cat Belang

Jika sedang mengecek mobil bekas, sebaiknya buka kap mesin dan periksa area tersebut. Jika di area tersebut terdapat area cat dengan warna belang atau berbeda sebaiknya Carmudian wajib curiga.

Umumnya hasil cat pabrikan tidak akan berbeda warna. Jika belang, ada kemungkinan mobil tersebut pernah menabrak.

ciri mobil bekas tabrakan

(Foto: Wuling)

Area yang kami maksud adalah tulangan atau fender bagian dalam yang sewarna bodi. Bagian ini umumnya memiliki warna yang kecoklatan akibat kotor pemakaian.

Jika warna area ruang mesin terlihat baru, ini bisa menjadi salah satu ciri mobil bekas tabrakan. Selain area mesin, warna yang belang ini juga bisa dilihat di beberapa titik lainnya seperti pintu, bagasi, dan dek bagian bawah.

Warna baut yang tertutup cat senada bodi juga bisa jadi indikasi lain, lho. Seharusnya baut-baut bodi di area ruang mesin memiliki warna yang berbeda.

Jika ada beberapa baut yang tertutup cat senada bodi, bisa jadi bagian tersebut sudah pernah diperbaiki. Daripada berprasangka buruk, lebih baik tanyakan langsung kepada penjualnya ya.

Dudukan Karet Bergelombang

Ciri lain dari mobil bekas tabrakan adalah tulangan tempat dudukan karet yang bergelombang. Cara melihatnya cukup mudah dengan menarik karet-karet yang ada di bagian bodi mobil seperti bagasi, pintu, dan kap mesin jika ada.

Minta izin terlebih dahulu kepada pemilik mobil untuk melihat kondisi di balik karet tersebut. Jika di balik karet tersebut terlihat tulangan sudah bergelombang sebaiknya Carmudian hindari untuk dibeli, ya.

ciri mobil bekas tabrakan

Ciri Mobil Bekas Tabrakan di Karet Nat

Seharusnya bagian tersebut memiliki tampilan yang presisi, lurus dan tidak boleh bergelombang. Jika bergelombang, ada kemungkinan bagian itu pernah mengalami kecelakaan yang cukup parah sehingga diharuskan diperbaiki.

Cara ini jarang diketahui oleh calon pembeli mobil secara umum. Biasanya para pedagang kawakan memakai cara ini untuk mengetahui apakah mobil tersebut pernah menabrak atau belum.

Ciri Mobil Bekas Tabrakan Terdapat Karat

Yang namanya bekas tabrakan pasti meninggalkan ciri yang tak bisa dibohongi selain bergelombang. Ciri tersebut adalah munculnya karat di tempat yang tidak seharusnya.

Misalnya di bagian bawah mesin, dekat sokbreker, dekat tempat aki, dan area mesin lainnya. Pada mobil baru yang usianya belum sampai 7 tahun, sebaiknya Anda wajib curiga dengan karat tersebut.

Sebab pabrikan mobil sudah memberikan lapisan anti karat pada mobil keluaran terbaru.

Karat di body mobil (Foto: wayautobody)

Jika bagian tersebut sudah berkarat, bisa jadi mobil tersebut pernah terendam banjir atau mengalami tabrakan.

Ini jadi salah satu ciri mobil bekas tabrakan yang bisa Anda ketahui juga, lho. Cek juga bagian dalam interior mobil seperti pedal, lantai dek, bagasi, hingga ke baut-baut di berbagai sudut.

Jika ditemukan adanya karat, sebaiknya mobil tersebut ditinggalkan saja dan cari unit lain dengan kondisi yang jauh lebih baik tanpa adanya karat.

Berdiri Mobil Tak Enak Dilihat

Mobil yang belum pernah mengalami tabrakan biasanya memiliki cara ‘berdiri’ yang enak dilihat. Semua bagian masih terlihat simetris tanpa adanya keanehan.

Lain cerita dengan mobil yang pernah menjadi korban bekas tabrakan, tentu cara ‘berdirinya’ akan kurang sedap dipandang. Untuk melihatnya Carmudian bisa melihat dari jarak yang agak jauh sekitar 4 meter dari mobil dengan posisi agak menyamping.

ciri mobil bekas tabrakan

Cek kondisi mobil secara detail karena biasanya karat berada di bagian yang tidak terduga

Lihat dengan seksama posisi mobil tersebut berdiri atau diam. Mobil yang kondisinya ‘segar’ akan memiliki aura positif dan cukup meyakinkan untuk diboyong oleh pembeli.

Sebaliknya, mobil yang pernah mengalami kecelakaan punya kecenderungan aura negatif. Posisi diam atau berdirinya pun juga kurang sedap dipandang mata atau terasa ada yang mengganjal.

Dengan melihatnya menyamping agak ke depan atau belakang, Carmudian juga bisa melihat kondisi pintu apakah ada yang bergelombang atau tidak. Cara ini cukup jitu untuk melihat mobil yang berdirinya masih oke atau tidak.

Periksa Engsel

Ciri dari mobil bekas tabrakan lainnya bisa dilihat dari bagian engsel pintu. Engsel pada pintu mobil seharusnya tidak dicat senada dengan warna bodi.

Engsel bawaan pabrik biasanya punya warna kekuningan seperti engsel pada pintu rumah atau berwarna perak. Pada mobil bekas tabrakan, biasanya engsel ini akan dicat sewarna dengan bodi.

Lekukan bodi dan cat pada mobil bekas tabrakan

Beberapa ciri mobil bekas tabrakan di atas diharapkan bisa menjadi referensi Carmudian yang ingin membeli mobil bekas. Sayangnya tak semua pedagang membeberkan informasi jujur mengenai mobil yang dijual.

Banyak oknum nakal yang kerap menipu calon pembeli dengan menutupi fakta jika mobil tersebut pernah mengalami tabrakan. Agar tidak tertipu pedagang nakal, Carmudian bisa gunakan panduan di atas.

Yang terpenting wajib curiga juga dengan harga yang ditawarkan oleh pedagang tersebut. Jika harga yang ditawarkan terlalu murah, tentu Anda wajib curiga dan jangan mudah tergiur.

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts