BeritaProdukSumber informasi

Marc Marquez Akan “Bungkam” Dovizioso di MotoGP Valencia

Penulis: Dony Lesmana

Cervera – Marc Marquez berikan berikan keterangan terkait team order di kubu tim Repsol Honda. Padahal pebalap yang dikenal dengan julukan Si Bayi Alien ini dipastikan menjadi juara dunia MotoGP. Asalkan saat MotoGP Malaysia kemarin minimal bisa finis di urutan kedua, namun yang terjadi Marquez finish diurutan keempat.

Dalam pernyataannya untuk meraih jura dunia MotoGP, Marc Marquez mengesampingkan rumor jika tim Honda akan menggunakan permainan team order di Grand Prix Valencia, 12 November mendatang. Pasalnya dirinya tetap mengincar hasil maksimal meski hanya butuh lima angka.

Hingga kini rider Honda Repsol ini di pucuk kemenangan juara dunia MotoGP keempatnya dengan mengoleksi 282 poin. Sementara rival terdekatnya, Andrea Dovizioso hanya 261 poin. Meskipun Dovizioso wajib menang di seri terakhir dan Marquez tetap harus finis di bawah posisi 11 untuk memastikan gelar juara dunia.

Kemenangan Dovizioso di sirkuit Sepang terbantu dengan team order Ducati, yang menginstruksikan Jorge Lorenzo untuk membiarkan Dovizioso lewat agar memenangi balapan. Tujuannya agar persaingan dengan Marquez bisa berlanjut ke seri terakhir.

“Di Valencia, tidak ada perintah tim Honda. Pesanan tim terbaik adalah Dani menang di sana. Dia harus memberikan 100 persen. Ini adalah sebuah sirkuit terbaik untuk dia karena dia sangat cepat di sana dan bisa menang,” ujar Marquez seperti dilansir dari Speedcafe, Jumat (3/11).

Baca juga: Valentino Rossi Prediksi Gagal Juara MotoGP 2017 Sejak Agustus

Persaingan di Seri Terakhir MotoGP Valencia

Pemakaian team order telah menjadi isu menarik sejak balapan di sirkuit Sepang, Malaysia, hari Minggu kemarin. Pasalnya tim Ducati Corse meminta Jorge Lorenzo untuk mengalah kepada rekan setimnya Andrea Dovizioso.

Di seri MotoGP Malaysia Dovizioso memenangkan balapan dan sekarang ia hanya tertinggal 21 poin dari Marquez. Bila melihat point keingginan Dovizioso untuk juara cukup berat, karena harus menahan Marquez disirkuit Valencia di atas posisi 11.

Dalam pernyataannya Marquez mengungkapkan akan mencoba memberikan yang terbaik sejak sesi latihan, kualifikasi, dan pemanasan.

“Kita lihat dimana kami berada dan yang bisa saya lakukan. Saya tidak akan menyelesaikan balapan hanya dengan finis di urutan ke-11,” kata Marquez.

Baca juga: BMW seri M5 Versi Safety Car MotoGP 2018 Lebih Garang

Sebagai informasi sirkuit Ricardo Tormo terbukti ‘ramah’ bagi Marquez. Karena sejak debut di balap kelas premier di 2013, Marquez belum pernah gagal naik podium dan sekali menjadi pemenang tiga tahun lalu. Kita lihat hasilnya minggu depan, MotoGP seri terakhir pasti lebih seru.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts