Mobil

Mobil Honda Jazz Bekas Jadi Incaran, Cek Harga Lengkapnya

Jakarta – Mobil Honda Jazz bekas menjadi satu-satunya pilihan buat Carmudian yang ingin memiliki hatchback ini. Pasalnya model yang ngetren sejak era 2000-an awal tersebut kini telah ‘disuntik mati’.

Kini posisinya dalam line up mobil baru Honda digantikan Honda City Hatchback RS. Keduanya sama-sama mengusung tampilan yang sporty dan menggunakan mesin 1.500 cc. Tapi bisa dipastikan rancang bangun dan mesin yang digunakannya berbeda.

PT Honda Prospect Motor (HPM) berharap City Hatchback RS bisa menggantikan eksistensi Jazz. Baik untuk posisinya di market dan hati para konsumen.

“Kami menilai bahwa karakter City Hatchback RS ini memang dapat memenuhi keinginan dari target market di segmen hatchback ini. Terutama mereka yang sebelumnya menyukai Honda Jazz,” terang Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM seperti diberitakan Carmudi beberapa waktu lalu.

Setelah resmi berhenti diproduksi otomatis konsumen yang ingin memiliki Jazz mesti melirik pasar mobil bekas. Beruntung, tak sulit menemukan unitnya baik untuk model-model lama hingga yang terbaru.

Mobil Honda Jazz Bekas

Ilustrasi Honda Jazz GD3 (Foto: Honda)

Coba saja Carmudian mengunjungi halaman mobil bekas Carmudi. Di sana bisa ditemui lebih dari 800 unit mobil Honda Jazz bekas yang siap dipilih.

Sebagai bocoran, harga mobil Honda Jazz bekas generasi lawas seperti halnya GD3 kini sudah menyentuh angka Rp60 jutaan. Bahkan kalau beruntung, Carmudian bisa menemukan unit yang dijual di angka Rp50 jutaan.

Faktor harga juga menjadi salah satu keuntungan ekstra membeli mobil bekas. Karena dengan begitu konsumen benar-benar bisa memiliki mobil yang sesuai dengan kondisi keuangannya.

Walaupun bisa dibilang tahun 2021 adalah waktu yang tepat untuk membeli mobil baru lantaran tengah bergulir program relaksasi Pajak Pembelian atas Barang Mewah (PpnBM).

Perbedaan Honda Jazz dan Honda City Hatchback RS

Melakukan replacement suatu model yang sudah dikenal cukup lama dengan model baru tentu tak bisa dilakukan sembarang. Model pengganti yang dihadirkan harus tetap bisa memenuhi kebutuhan dan selera konsumen.

Kalau melihat silsilahnya, Honda City Hatchback RS tidak memiliki hubungan dengan Honda Jazz. Garis keturunannya justru datang Honda City sedan.

Tapi secara keseluruhan baik Honda Jazz dan Honda City Hatchback sama-sama mengusung konsep sporty untuk urusan tampilan.

Bedanya, profil kap mesin hingga atap milik Honda City Hatchback RS terlihat lebih landai. Hal ini bisa jadi karena masih membawa ciri khas dari sebuah sedan.

Selain itu mesin yang digunakannya juga berbeda. Meskipun keduanya sama-sama punya sumber tenaga 1.500 cc, tapi untuk mesin miliki Honda City Hatchback RS bertipe Double Overhead Camshaft (DOHC).

Tenaga yang dihasilkan mesin baru tersebut memang lebih besar. Lebih detail, mesin Honda City Hatchback RS bisa menghasilkan daya maksimum hingga 119,3 Hp sedangkan output mesin Honda Jazz generasi terakhir terbatas hanya 118,3 Hp.

Mobil Honda Jazz Bekas GE8

Honda Jazz GE8 (Foto: Pinterest)

Harga Mobil Honda Jazz Bekas

PT HPM memasarkan Honda Jazz di Indonesia selama 18 tahun sejak generasi pertamanya mengaspal pada 2003. Kehadiran Honda Jazz saat itu cukup menggebrak sebagai mobil hatchback yang punya tampilan modern.

Bisa dibilang saat itu masyarakat sudah bosan dengan mobil-mobil dari era 1990-an yang terkesan boxy. Lantas hadirlah Honda Jazz yang menyuguhkan desain lebih luwes dengan mengusung tema sporty. Racikan ini cukup berhasil membuat target market-nya yang mayoritas adalah anak muda.

Honda Jazz generasi pertama yang mengusung kode bodi GD3 ini memiliki sedikit cerita unik. Beredar mitos titik pada huruf “j” yang ada di emblem belakang terbuat dari mutiara.

Walhasil, banyak pemilik Honda Jazz kehilangan emblem tersebut karena dicungkil orang yang mempercayainya.

Meskipun Honda Jazz generasi pertama usianya sudah tak muda lagi, tapi tampang mobil ini bisa dibilang belum ketinggalan zaman.

Hal itu menjadikannya cukup layak untuk dilirik sebagai mobil bekas pilihan. Terutama bagi Carmudian yang memiliki dana terbatas karena saat ini harganya sangat menggoda.

Untuk itu, Carmudi coba merangkum harga mobil Honda Jazz bekas yang dimaksud sekaligus model-model setelahnya.

Daftar Kisaran Harga Honda Jazz Bekas Berdasarkan Tahun Produksi

Honda Jazz i-DSI 2004 Rp65 jutaan
Honda Jazz i-DSI 2005 Rp77 jutaan
Honda Jazz i-DSI 2006 Rp79 jutaan
Honda Jazz i-DSI 2007 Rp80 jutaan
Honda Jazz VTEC 2007 Rp82 jutaan
Honda Jazz i-VTEC 2008 Rp89 jutaan
Honda Jazz S 2009 Rp115 jutaan
Honda Jazz RS 2009 Rp120 jutaan
Honda Jazz S 2010 Rp125 jutaan
Honda Jazz RS 2010 Rp130 jutaan
Honda Jazz S 2011 Rp128 jutaan
Honda Jazz RS 2011 Rp140 jutaan
Honda Jazz S 2012 Rp130 jutaan
Honda Jazz RS 2012 Rp135 jutaan
Honda Jazz A 2013 Rp128 jutaan
Honda Jazz S 2013 Rp135 jutaan
Honda Jazz RS 2013 Rp150 jutaan
Honda Jazz A 2014 Rp159 jutaan
Honda Jazz RS 2014 Rp180 jutaan
Honda Jazz RS 2015 Rp187 jutaan
Honda Jazz A 2016 Rp185 jutaan
Honda Jazz S 2016 Rp200 jutaan
Honda Jazz RS 2016 Rp223 jutaan
Honda Jazz S 2017 Rp207 jutaan
Honda Jazz RS 2017 Rp225 jutaan
Honda Jazz RS 2018 Rp235 jutaan
Honda Jazz S 2019 Rp238 jutaan
Honda Jazz RS 2019 Rp255 jutaan
Honda Jazz RS 2020 Rp265 jutaan
Mobil Honda Jazz Bekas GK5

Honda Jazz GK5 (Foto: Info Mobil Bekas)

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Jazz Bekas

Ketika memutuskan untuk membeli sebuah mobil sudah semestinya Carmudian juga memahami segala aspek dari kendaraan tersebut. Tercatat ada beberapa kelebihan dan kekurangan Honda Jazz yang patut menjadi perhatian.

Meski telah berganti-ganti generasi, satu kelebihan Honda Jazz yang tetap dipertahankan adalah performa mesinnya yang cukup baik.

Hal ini pun ditunjang pengendalian mobil yang tajam sehingga cukup lincah untuk penggunaan sehari-hari di dalam kota.

Buat konsumen yang mengincar mobil Honda Jazz bekas generasi awal, ada dua pilihan mesin yang tersedia, yaitu mesin VTEC dan i-DSI. Opsi yang pertama menyuguhkan tenaga lebih besar walau keduanya sama-sama memiliki kapasitas 1.500 cc.

Khusus varian dengan transmisi otomatis sudah menggunakan CVT yang bisa membuat pengalaman berkendara menjadi lebih halus.

Selanjutnya, Honda Jazz juga memiliki ruang kabin yang cukup luas untuk mobil sekelasnya. Ruang yang lapang ini juga bisa Carmudian temukan di bagasinya.

Sedangkan untuk kekurangannya antara lain terdapat pada sektor kaki. Bagi sebagian orang, bantingan suspensi Honda Jazz akan terasa cukup keras. Walaupun bisa jadi hal ini bertujuan membuat handling mobil jadi lebih baik.

Kemudian, satu hal yang mesti diketahui saat berencana membeli mobil ini adalah harga suku cadangnya yang tak bisa dikatakan murah.

Baca Juga: 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts