Berita

Respons Luar Biasa, 1.000 Toyota GR Yaris Sudah Terpesan

1.000 unit Toyota GR Yaris sudah terpesan

1.000 unit Toyota GR Yaris sudah terpesan (Foto: Paultan)

Sydney – Antusiasme konsumen terhadap Toyota GR Yaris sangat tinggi sekali. Terbukti dari 1.000 unit Toyota GR Yaris yang dikirim ke pasar Australia semuanya sudah terpesan dalam rentang enam hari sejak pre-order dimulai.

Padahal kala itu, Toyota Australia memperkirakan butuh waktu 18 bulan untuk menghabiskan semua unit tersebut.

Dilaporkan Caradvice, Selasa (29/9/2020), sehubungan banyaknya permintaan terhadap Toyota GR Yaris, perusahaan menutup sementara pemesanan mobil lewat online. Tetapi diler-diler resmi mobil Toyota masih diperbolehkan menerima pemesanan.

“Karena permintaan yang luar biasa, kami telah menghentikan sementara penjualan online GR Yaris. Diler kami terus menerima pesanan. Kami akan memperbarui informasi tentang ketersediaan unit di luar dari 1.000 kendaraan yang sudah terpesan,” demikian petikan penyataan tertulis yang dikeluarkan oleh Toyota Australia.

Toyota Australia memberi tahu bahwa 560 hatchback bertampang buas itu telah dialokasikan pada 24 September.

Toyota GR Yaris, dijuluki sebagai mobil perkotaan tiga silinder paling kuat di dunia. Di Australia, harga jual yang direkomendasikan berada dekat dengan pesaingnya, seperti Volkswagen Golf R dan Subaru WRX STI.

Di pasar Australia, mobil ini sudah dibekali mesin tiga silinder G16E-GTS 1.6 liter turbocharged. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan sebagai standar.

Toyota GR Yaris mendapat respons luar biasa di Australia

Hasil kerja mesin disalurkan keempat roda melalui sistem GR_Four AWD.

Suspensi depan Toyota GR Yaris mengadopsi MacPherson, sedangkan bagian belakang mendapat double wishbones. Bagian roda pada mobil ini menggunakan pelek BBS multi-spoke berukuran 18 inci yang dibalut ban Michelin Pilot Sport 4S 225/40R18.

Toyota GR Yaris Punya Tiga Varian

Mobil hatchback bergaya reli ini pertama kali diperkenalkan awal tahun di Jepang. Toyota GR Yaris datang dalam tiga varian yaitu GR Yaris RZ, RS, dan RC. Sedangkan pilihan mesinnya ada dua; 1.4 liter dan 1.6 liter.

Toyota GR Yaris varian RZ dibekali mesin tipe G16E-GTS berkapasitas 1,6 liter turbocharged tiga-silinder. Mesin direct-injection ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 268 hp dan torsi puncak 370 Nm.

Varian RS menggunakan mesin M15A-FKS 1.490 cc Dynamic Force tiga silinder yang menghasilkan 118 hp dan torsi puncak 145 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi Direct-Shift CVT.

Interior Toyota GR Yaris

Interior Toyota GR Yaris (Foto: Paultan)

Mesin yang digendong GR Yaris RS lebih kecil ketimbang varian di atasnya, namun bodyshell tiga pintu dan pengaturan suspensi belakang tetap sama dengan versi turbo 1,6 liter. Bagian kaki-kaki GR Yaris RS menggunakan pelek multi-spoke 18 inci yang disatukan dengan ban berukuran 225/40.

Varian terakhir adalah GR Yaris RC. Khusus varian satu ini menggendong mesin 1,6 liter sama seperti varian RZ. Begitu juga dengan pilihan transmisi dan sistem penggerak. Hanya saja perangkat hiburan seperti head unit dan audio tidak dipasang untuk mengurangi berat kendaraan sekira 30 kg dari berat varian RZ yaitu 1.280 kg. Untuk varian RC Toyota menyematkan ban berukuran 205 / 45R17.

Toyota GR Yaris ditawarkan dalam warna hitam matte untuk bagian diffusers dan spoiler belakang. Pabrikan juga menawarkan pilihan atap CFRP dan jok sporty dengan ‘Emotional Color Premium’.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts