Berita Mobil Sumber informasi

10 Mobil Baru BMW Group Siap Meluncur di 2018

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – BMW Group Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil BMW dan Mini melaporkan penjualan sepanjang 2017. Baik BMW dan Mini mencatatkan hasil yang positif dengan total penjualan sebanyak 3.353 unit.

BMW Group Indonesia mengklaim pencapaian tersebut merupakan paling tertinggi sepanjang sejarah berdirinya BMW di Indonesia sejak 2001. Dari total penjualan, sebanyak 2.800 unit berasal dari mobil BMW sedangkan 553 unit dari Mini.

Bila dibandingkan dengan pencapaian pada 2016, penjualan BMW mengalami peningkatan sekira 12 persen dan 49 persen bagi MINI.

“BMW Group Indonesia catatkan pertumbuhan penjualan yang luar biasa pada tahun 2017, merupakan kebanggaan di tengah perlambatan industri otomotif Indonesia. BMW Group Indonesia berhasil menutup tahun dengan pertumbuhan dua digit yaitu 17 persen (year-on-year),” kata Karen Lim, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

Dia menambahkan angka ini menunjukkan posisi BMW Group sebagai satu-satunya brand otomotif premium asal Eropa di Indonesia yang konsisten mencapai pertumbuhan positif.

Salah satu pertumbuhan penjualan mobil BMW dan Mini sepanjang 2017 didorong oleh munculnya produk-produk baru yang masuk ke pasar Indonesia. Dari merek BMW sendiri, produk yang mampu berkontribusi cukup besar adalah All New BMW 5 Series, sedangkan Mini datang dari Countryman.

“Masing-masing model ini menawarkan kinerja tertinggi, baik dalam segi segi inovasi teknologi, desain, kedinamisan dan tentunya kenikmatan berkendara,” lanjut Karen.

Produk BMW lainnya yang menyumbang penjualan terbanyak datang dari BMW X1, mobil jenis Sport Activity Vehicle (SAV) berhasil mencatat penjualan sebesar 868 unit. Menyusul setelahnya adalah BMW seri 3 sebanyak 777 unit. Sedangkan BMW Seri 5 sebagai varian baru mampu menorehkan penjualan 359 unit.

Sementara itu,  merek Mini model yang paling banyak menyumbang penjualan adalah Cooper S 1,6 AT sebanyak 277 unit hingga akhir tahun 2017. Menempati urutan kedua ada Cooper 1,6 AT dengan total penjualan 242 unit, serta John Cooper Works AT sebanyak 34 unit.

BMW 520i Luxury Line Rakitan Lokal

Setelah berhasil mencatatkan penjualan yang positif tahun lalu, BMW Group Indonesia tahun ini akan lebih agresif lagi. Strategi utama yang bakal diterapkan adalah dengan meluncurkan 10 model baru tahun ini baik dari merek BMW maupun Mini.

“Menyambut tahun 2018, BMW Group akan merespons perubahan industri otomotif dengan langkah-langkah strategis. Mulai dari peluncuran mid sedan All New BMW 520i dan All New BMW Seri 5 Touring, segmen kendaraan sport dengan 2 produk baru dari sub-brand BMW M, hingga kendaraan listrik yang hadir dengan konsep sustainability yang kuat dari sub-brand BMW i,” ujar Keren.

BMW Indonesia juga memperkuat di segmen Sport Activity Vehicle (SAV) melalui beberapa peluncuran produk dari keluarga BMW X. Pada segmen kendaraan Luxury, tahun ini akan meluncurkan BMW 6 Series Gran Turismo sebagai bagian awal dari BMW Story of Luxury. Juga new Mini Countryman akan makin diperkuat dengan adanya terobosan baru yang khusus dihadirkan untuk pasar Indonesia.

Sebagai model pertama yang diluncurkan tahun ini adalah BMW 520i Luxury Line rakitan lokal. Sedan mewah ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang lebih canggih. Harganya Rp1.009.000.000 off the road. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts