Tak Ada Lonjakan Pengunjung GIIAS 2018, Menurun di Akhir Pekan
Tangerang Selatan – Seremonial penutupan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 telah dilakukan Sabtu malam (12/8). Namun pada kesempatan tersebut pihak penyelenggara masih menutup-nutupi angka sementara dari total pengunjung GIIAS 2018 selama 10 hari, padahal tahun sebelumnya diumumkan.
Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GIIAS 2018, beralasan bahwa pihaknya masih melakukan penghitungan. Dirinya berasumsi bila total pengunjung GIIAS 2018 sama seperti tahun sebelumnya.
“Kalau lihat totalnya (pengunjung GIIAS 2018) sih enggak ada perbedaan dengan tahun lalu. Kalau tahun lalu sekitar 450 ribu pengunjung, tahun ini sekitar segitu lah. Jadi kalau dilihat total enggak ada beda dari situ lah,” ungkap Rizwan, disela acara ‘Exhibitor Night’ di ICE, BSD City, Tangerang Selatan.
Meski angka pengunjung tidak mengalami pergerakan signifikan, namun menurut Rizwan ada yang patut dibanggakan yaitu terjadi pemerataan antara pengunjung GIIAS di hari kerja dan akhir pekan. Sebagai pembanding, pada tahun lalu kepadatan pengunjung hanya terjadi saat akhir pekan.
“Target kami untuk meratakan pengunjung yang datang weekend dan hari kerja itu berhasil. Jadi hari biasa (hari kerja) naik dibandingkan weekend. Jadi lebih enak sekarang,” ujar Rizwan tanpa menyebutkan jumlah pengunjung.
Berdasarkan rilis yang diterima Carmudi, Senin (13/8), dari pihak penyelenggara hanya menyebutkan persentase sebagai gambaran jumlah pengunjung yang terbagi di hari kerja dan akhir pekan.
“Target pemerataan pengunjung pada weekdays dan weekend yang kami canangkan berhasil. Tercatat penurunan angka pengunjung pada weekend. Namun pada weekdays, kami mencatat kenaikan pengunjung sebanyak 15-20 persen, tersebar disepanjang penyelenggaraan GIIAS 2018. Untuk GAIKINDO hal tersebut sangat membahagiakan,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO.
Sementara itu mengenai jumlah transaksi sementara pembelian mobil, motor dan lainnya selama GIIAS 2018 berlangsung pihak penyelengagra juga belum bisa membocorkannya dengan alasan masih dalam proses penghitungan.
Tahun Lalu Banyak Produk yang Menarik Pengunjung GIIAS 2018
Ada banyak faktor yang menjadi latar belakang perkiraan jumlah pengunjung GIIAS sama dengan tahun lalu. Rizwan mengungkap paling utama adalah produk baru di tahun ini tidak menarik.
“Kalau saya pikir, tahun lalu brand-nya lebih banyak yang menarik di-launching. Itu tahun lalu banyak yang menarik. Antara lain begitu,” ujarnya singkat.
Terkait penyelenggaraan GIIAS tahun depan, ia mengatakan akan melakukan evaluasi terlebih dahulu supaya tahun depan lebih baik lagi. “Kami rasa karena cukup memuaskan untuk sekarang (GIIAS 2018), jadi kami perbaikin lagi supaya lebih bagus dari sekarang. Karena apa yang kita tentukan masih oke. Saya rasa sudah bagus semua, pemerataan pengunjung juga berhasil,” pungkas Rizwan.
Exhibitor Night
Sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta dan pendukung pameran GIIAS 2018, pihak penyelenggara mengadakan acara ‘Exhibitor Night’. Pada acara yang berlangsung Sabtu, 11 Agustus 2018, di Nusantara Hall III – ICE BSD City ini, GIIAS 2018 memberikan penghargaan untuk beberapa kategori seperti favorite booth, favorite car dan Miss Auto Show 2018.
Penghargaan GIIAS 2018 untuk para pemenang dari favorite booth dan favorite car, diberikan berdasarkan pilihan dari 1.500 pengunjung yang telah disurvei sepanjang pelaksanaan pameran.
Berikut adalah susunan pemenang untuk masing-masing kategori:
Favorite Booth Supporting Industry Category < 150sqm Booth
1. Bridgestone
2. Tokopedia
3. Protera
The Winner of Favourite Booth Supporting Industry Category> 150 sqm Booth
1. Astra Financial
2. Laksana
3. GT Radial
The Winner of Favorite Booth Category Motorcycle
1. Astra Honda Motor
2. Harley Davidson
3. Yamaha
The Winner of Favorite Booth Category Commercial Vehicle
1. Mitsubishi Fuso
2. ISUZU
3. HINO
The Winner of Favourite Booth Category Premium Car
1. Lexus
2. BMW & MINI
3. Mercedes Benz
The Winner of Favourite Booth Passenger Car Category < 1000 Sqm
1. Mazda
2. Chevrolet
3. Astra Isuzu
The Winner of Favourite Booth Passenger Car Category 1000 –2000 Sqm
1. Daihatsu
2. Suzuki
3. Wuling
The Winner of Favourite Booth Passenger Car Category > 2000 Sqm
1. Toyota
2. Honda
3. Mitsubishi Motors
Category Favorite Commercial Vehicle
1. Laksana SR2 Double Deck
2. UD Truck Kuzer
3. Adiputro Jetbus 3+ Ultra High Deck
Category Special Exhibit Commercial Vehicle
1. FUSO Super Great V Spider
2. HINO Poncho EV
Category Favorite Passenger Car
1. Hyundai Santa FE
2. Nissan Terra
3. DFSK Glory
(dna)