Sepeda motor

Harga Yamaha Fazzio Hybrid, Review Spesifikasi dan Kelebihan – Kekurangan

Harga Yamaha Fazzio Hybrid saat ini menyentuh Rp22 juta lebih untuk varian tertinggi, tapi angka tersebut tergolong murah untuk motor dengan teknologi mesin yang cukup modern. Terlebih lagi spesifikasi dan fitur Yamaha Fazio juga lengkap.

Kredit Yamaha Fazzio

(Foto: Yamaha)

Setelah sukses dengan kategori Maxi, saat ini Yamaha berusaha menghadirkan kategori produk baru bernama Classy. Langkah tersebut diawali dengan memperkenalkan skuter matik Yamaha Fazzio pada 17 Januari 2022.

Ada beberapa hal yang menjadi sorotan dari produk ini. Paling terlihat ialah desainnya yang tergolong unik untuk pasar Indonesia. Dengan mengadopsi bodi yang boxy, detail-detail motor ini juga dihiasi bentuk lonjong di banyak bagian.

Sekilas penampilannya tampak mirip dengan Yamaha QBIX yang dijual di luar negeri. Sementara itu, di Indonesia sendiri motor ini kerap disebut-sebut sebagai pesaing dari Honda Scoopy.

Sejak awal diluncurkan di Indonesia, Yamaha Fazzio tersedia dalam dua varian, yaitu Neo dan Lux. Perbedaannya terdapat pada warna dan grafis bodinya.

Yamaha Fazzio Neo hadir dengan pilihan warna yang lebih beragam dan terang, contohnya cyan, merah, beige, dan hitam. Sementara itu, Yamaha Fazzio Lux lebih mengedepankan nuansa elegan dengan warna-warna netral, seperti silver dan hitam.

Harga Yamaha Fazzio Hybrid Terbaru

Kredit Yamaha Fazzio Hybrid Connected

(Foto: Yamaha)

Seperti disebutkan di awal bahwa harga Yamaha Fazzio saat ini tembus Rp22 juta. Lebih lengkap mengenai hal tersebut dapat disimak pada informasi di bawah ini yang dirangkum dari situs web resmi pabrikan.

VarianHarga
Yamaha Fazzio Neo CyanRp21.890.000
Yamaha Fazzio Neo RedRp21.890.000
Yamaha Fazzio Neo BeigeRp21.890.000
Yamaha Fazzio Neo BlackRp21.890.000
Yamaha Fazzio Lux Prestige SilverRp22.190.000
Yamaha Fazzio Lux Matte BlackRp22.190.000

Harga Yamaha Fazzio boleh dibilang selisih tipis dengan Honda Scoopy yang merupakan pesaing terdekatnya. Namun, produk Yamaha ini memiliki keunggulan tersendiri.

Salah satunya adalah penggunaan sistem hybrid untuk menunjang performa. Walaupun cara kerjanya cukup sederhana, namun secara fungsi keberadaan sistem tersebut patut diapresiasi.

Spesifikasi Yamaha Fazzio Hybrid

Yamaha Fazzio Hybrid NEO 2022

(Foto: Yamaha)

Mesin
Tipe Mesin SOHC
SilinderSingle Cylinder
Diameter x Langkah52,4 mm x 57,9 mm
Volume Silinder124,86 cc
Perbandingan Kompresi11.0:1
Daya Maksimum83,1 hp @ 6.500 rpm
Torsi Maksimum10,6 Nm @ 4.500 rpm
Sistem StarterElectric
Sistem PelumasanWet Sump
Kapasitas Oli Mesin0,84 liter
Tipe KoplingCentrifugal Clutch
Tipe TransmisiOtomatis
Rangka
Tipe RangkaUnderbone
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan110/70-12 47L
Ban Belakang110/70-12 47L
Tipe Ban Tubeless
Rem DepanDisc Brake
Rem BelakangDrum Brake
Dimensi
P x L x T1.820 mm x 685 mm x 1.125 mm
Jarak Sumbu Roda1.280 mm
Jarak Terendah ke Tanah135 mm
Tinggi Tempat Duduk750 mm
Berat Isi95 kg
Kapasitas Tangki Bensin5,1 L
Kelistrikan
Tipe BusiCR6HSA
Sistem PengapianTCI
BateraiYTZ6V

Hal penting yang perlu diketahui dari spesifikasi Yamaha Fazzio ialah sistem hybrid yang dimilikinya. Cara kerjanya termasuk sederhana karena tidak ada penambahan komponen baru dibandingkan motor-motor Yamaha lain yang sudah Bluecore.

Sistem hybrid Yamaha Fazzio memaksimal komponen Smart Generator Motor (SMG). Jika pada umumnya komponen ini hanya berfungsi menunjang kerja electric starter, sekarang juga bertugas sebagai power assist.

Power assist tersebut akan memberikan tenaga tambahan ketika motor hendak berakselerasi. Aktif setelah putaran mesin berada di atas 1.300 rpm dan akan otomatis berhenti setelah 3 detik atau saat putaran mesin mencapai 5.500 rpm.

Walau cukup sederhana, namun konsumen akan mendapatkan keuntungan ekstra dari sisi performa. Kemudian karena tidak ada komponen tambahan maka harga jual motor ini pun masih dapat bersaing.

Beda ceritanya jika menengok motor hybrid lain yang komponennya lebih kompleks seperti Honda PCX e:HEV. Produk ini memiliki baterai tambahan berjenis lithium-ion selain baterai aki. Hal tersebut membuat harga jualnya menjadi cukup tinggi dengan banderol lebih dari Rp40 juta.

Kompetitor Yamaha Fazzio Hybrid

Dari segi spesifikasi memang belum banyak produk kendaraan roda dua di Indonesia yang menggunakan sistem hybrid seperti Yamaha Fazzio. Namun, jika dilihat dari harganya maka skuter matik ini dapat wajar jika disandingkan dengan Honda Scoopy.

Terlebih lagi dari desain keduanya mengarah pada gaya yang sama. Mengedepankan aura retro modern dengan bentuk-bentuk bodi yang membulat.

Sejumlah ulasan media otomotif Tanah Air merekomendasikan Yamaha Fazzio untuk konsumen yang ingin performa lebih gesit. Hal ini didasari kapasitas mesin yang lebih besar dan tambahan tenaga dari power assist yang membuatnya enteng diajak akselerasi.

Walaupun di sisi lain Yamaha Fazzio disebut memiliki setting kaki-kaki yang cenderung keras. Hal ini memang dapat menunjang performanya ketika harus bermanuver. Namun, konsekuensinya ialah kenyamanan jadi berkurang.

Bagaimana dengan Honda Scoopy? Produk ini dinilai lebih cocok untuk konsumen yang menginginkan skuter matik irit sekaligus nyaman. Dengan kapasitas mesin lebih kecil, wajar jika konsumsi bahan bakar Honda Scoopy irit.

Nah, jika bicara fitur maka Yamaha Fazzio punya keunggulan koneksi dengan aplikasi mobile Y-Connect. Dengan begitu pemilik bisa memonitor berbagai informasi tentang kendaraan melalui ponsel pintarnya.

Fazzio

(Foto: Yamaha)

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Fazzio Hybrid

Sebagai pertimbangan bagi calon konsumen, berikut beberapa kelebihan dari kekurangan Yamaha Fazzio.

Kelebihan
Yamaha Fazzio memiliki teknologi mesin hybrid
Fitur tergolong lengkap dengan adanya konektivitas Y-Connect
Performa mesin dapat diandalkan dengan kapasitas besar
Harga masih dapat bersaing di kelasnya
Ruang kaki yang cukup luas
Kekurangan
Memiliki penyakit reflektor belakang mudah lepas
Desainnya bukan selera semua orang
Bentuk kaca spion kurang atraktif
Ayunan kaki-kaki relatif keras

Setelah mengetahui informasi di atas, berikut ini adalah beberapa informasi lain mengenai Yamaha Fazzio yang banyak dicari oleh konsumen.

Yamaha Fazzio Bahan Bakar Apa?

Dengan kompresi mesin yang cukup tinggi, Yamaha Fazzio cocoknya menggunakan bensin dengan oktan 92 seperti Pertamax atau Shell Super.

Bagi mereka yang awam jangan sampai salah mengartikan sistem hybrid yang melekat pada produk ini.

Walaupun prinsipnya ada bantuan teknologi elektrifikasi, tapi Yamaha Fazzio masih mengandalkan mesin pembakaran internal sebagai sumber tenaga utamanya.

Pertanyaan lain yang juga banyak beredar di internet ialah mengenai arti nama Fazzio.

Apa Itu Fazzio?

Nama Fazzio diambil dari gabungan kata “fashion” dan “liscio”. Seperti diketahui, “fashion” berarti gaya yang erat hubungannya dengan berbusana. Sementara itu “liscio” diambil dari bahasa Italia yang dapat diartikan sederhana.

Demikianlah ulasan mengenai harga Yamaha Fazzio sekaligus spesifikasi, fitur, dan kelebihan serta kekurangannya. Dapat disimpulkan bahwa produk ini merupakan pilihan baru di segmen skuter matik dengan teknologi mesin modern.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts