HomeBeritaAkan Ekspor, Wuling Motors Tidak Mau Produksi Mobil Chevrolet untuk Indonesia

Akan Ekspor, Wuling Motors Tidak Mau Produksi Mobil Chevrolet untuk Indonesia

Wuling Almaz 7 seater
Wuling Almaz 7 seater sekarang sudah bisa dipesan melalui diler resmi. (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Wuling Motors di Indonesia tengah bersiap untuk memulai bisnis baru. Bisnis yang dimaksud Wuling adalah ekspor mobil ke pasar luar negeri. Mobil pertama yang akan diekspor pada kuartal ke empat tahun ini adalah Wuling Almaz dengan negara tujuan Thailand. Nantinya Wuling Almaz yang diekspor tidak menggunakan logo Wuling dan nama Almaz melainkan berganti menjadi Chevrolet Captiva.

Chevrolet Captiva untuk pasar Thailand diproduksi di Greenland International Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat, bersama dengan mobil Wuling lainnya. Seperti Wuling Confero, Wuling Cortez, dan Wuling Formo. Jika demikian ada kemungkinan Wuling Motors juga bisa memproduksi model yang sama untuk Chevrolet Indonesia. Ketika pernyataan itu ditanyakan ke Vice President Wuling Motors, Cindy Cai, dirinya menjawab bahwa hal itu sangat tidak mungkin terjadi.

“Itu tidak mungkin. Jadi kami sangat berharap di jalan raya yang terlihat itu merek Wuling,” ujar Cindy.

Sementara itu selain Thailand, Wuling Motors juga akan membidik negara lain sebagai tujuan ekspor, termasuk produk lain di samping Almaz.

“Jadi yang bisa kami pastikan sekarang itu negara Thailand, nah, tapi kami sudah mendirikan pabrik di Indonesia, jadi kami ingin meng-cover Asia Tenggara,” ungap Cindy.

GM Indonesia Belum Tertarik Kerja Sama dengan Wuling Motors

Chevrolet Captiva (Foto: Indianautosblog)

Wuling Motors cukup indentik dengan General Motors (GM). Sebab Wuling Motors adalah anak perusahaan dari SAIC General Motors-Wuling (SGMW) yang merupakan perusahaan otomotif hasil gabungan antara SAIC, GM dan Liuzhou Wuling Motors. Terkait hal tersebut ada peluang bagi Wuling Motors bekerja sama dengan GM Indonesia selaku APM mobil Chevrolet di Indonesia untuk memasarkan kendaraan atau beraliansi. Namun GM Indonesia belum terpikir untuk melakukan kerja sama.

“Untuk saat ini Wuling Motors dan GM adalah dua entitas yang berbeda, jadi kami saat ini fokus dengan produk masing-masing,” ujar Yuniadi H. Hartono, Chevrolet External Affairs and Communications Director PT GM Indonesia.

Yuniadi pun menambahkan, bahkan ketertarikan untuk melakukan kerjasama belum terpikirkan saat ini. Dirinya kembali menegaskan bila kedua merek tersebut memiliki konsep bisnis yang berbeda.

“Ini dua entitas di Indonesia yang berbeda. Saya tidak bisa bercerita banyak yang kami bisa fokuskan di sini (Indonesia) hanya Chevrolet jadi saya enggak bisa berkomentar. Mungkin mirip atau mungkin teknologinya juga mirip (dengan Wuling Motors) tapi entitasnya berbeda saya enggak bisa banyak berkomentar,” terang Yuniadi. (dms)

Previous post
Simak Harga Tiket GIIAS 2019, Dari yang Bayar Hingga Gratis!
bengkel carfix
Next post
Dua Bengkel Mobil Modern Segera Layani Masyarakat Tangerang