MobilReviewsTips dan Trik

Alternatif Toyota Vios Bekas yang Murah, Bisa Modifikasi Ex-Taksi

Toyota Vios bekas generasi ketiga harganya masih tinggi

Jakarta – Berburu mobil second pilihannya bisa lari ke dealer mobil bekas. Untuk calon pengguna sedan, pilihannya lebih banyak karena bisa membeli bekas taksi. Toyota Vios bekas apabila berasal dari operasional taksi biasanya lebih murah.

Jika kamu memang sudah butuh mobil namun budget minim, maka cara terakhir bisa jadi pilihan. Harga jual yang terjangkau dengan tahun tergolong muda jadi kelebihan Toyota Vios bekas taksi. Jangan cemas soal kondisinya, karena mobil bekas taksi dari perusahaan bonafit justru juga melewati perawatan yang rutin sekalipun jarak tempuhnya sangat tinggi.

Dengan kondisi yang masih kinyis-kinyis, mobil bisa kita beli dengan harga di bawah Rp 90 jutaan. Tentu selisihnya cukup jauh bila dibandingkan dengan Toyota Vios bekas non taksi yang harganya hampir Rp 150 jutaan.

Perusahaan jasa transportasi setiap lima tahun sekali mengganti mobilnya dengan yang baru. Untuk unit bekasnya lantas dijual dengan kondisi sudah siap pakai.

Perusahaan taksi besar seperti Blue Bird Group, Gamya, Express dan beberapa taksi lokal kadang tidak menjual unitnya sebagai Limo, sebutan Vios untuk taksi dengan fitur ala kadarnya. Mereka tak jarang menjual unit ex-taksi sebagai Vios dengan melengkapi berbagai fitur demi memikat calon pembeli.

Toyota Limo saat jadi taksi

Keuntungan lain saat kamu beli mobil bekas taksi biasanya adalah konsumsi BBM yang irit dan mesin yang bandel dan perawatan mudah. Perusahaan taksi juga telah memperhitungkan soal kemudahan dalam pengadaan suku cadang kendaraan operasional mereka.

Membedakan Toyota Vios Bekas dan Toyota Limo Ex-Taksi

Sebelum berburu sedan bekas, kamu perlu tahu beda antara keduanya. Pedagang yang nakal kadang menutupi bila unit yang ia jual kadang bekas taksi. Memang, antara Vios dan Limo memakai basis yang sama baik dari mesin dan desain.

Toyota Limo (Basis Vios Gen 2)

Pada dasarnya Limo hanya dibekali aksesori yang tak selengkap Vios. Tetapi bagian mesin, bodi dan sasis sama persis dengan Vios. Perbedaan antara keduanya yaitu pada kelengkapan fitur pendukung dan kenyamanan. Untuk Limo, biasanya hanya dijual dengan fitur minim karena fungsinya hanya sebagai alat angkut.

Untuk pemakaian mobil pribadi, Toyota menyiapkan fitur standar yang lebih canggih pada sedan compact mereka itu. Secara penampilan, Toyota Vios lebih kece karena memakai velg alloy dan tambahan body kit OEM untuk tipe tertinggi.

Toyota Vios Gen 2

Selanjutnya grill Toyota Vios terdapat aksen krom, sedangkan Limo masih menggunakan grill berkelir standar. Untuk handle pintu, Toyota Vios dilengkapi dengan handle berbahan krom, sedangkan handle pintu luar limo masih sewarna dengan bodi mobil.

Bedah Fitur Vios Vs Limo

Pertama dari sisi kelengkapan fitur Limo. Kamu yang pernah naik taksi dengan armada Toyota Limo dapat dengan mudah melihat secara fisik mobil itu masih memakai velg kaleng. Selanjutnya, audio yang ada dalam kabin juga masih memakai radio-cd standar untuk fitur hiburan.

Lebih repot lagi saat harus membuka kaca jendela, kamu perlu mengengkol tuas yang ada di masing-masing pintu. Lumayan juga olahraga ringan cuma untuk mendapat udara segar atau melakukan beberapa hal yang butuh buka kaca. Bagi pengemudi juga tak kalah repot, karena pengaturan spion juga dilakukan dengan cara manual, dengan memutar engkol di sudut jendela pintu depan.

Pengguna juga tidak kerepotan saat ingin membuka kaca jendela. Tinggal pencet saklar di pintu maka kaca terbuka dan menutupnya cukup ditarik ke atas.

Interior Vios lebih mewah dan kaya fitur

Soal peranti hiburan juga lebih mewah, karena tipe menengah dan tertinggi biasanya memakai head unit 2DIN dengan layar sentuh. Untuk bagian panel instrumen, speedometer pada Toyota Vios sudah digital sedangkan pada Toyota Limo masih berbentuk analog atau standar.

Kelebihan yang terdapat pada Toyota Limo adalah dalam hal efisiensi bahan bakar yang sangat baik dibandingkan sedan lainnya. Ini karena Toyota menggarap pengaturan ECU Limo yang berbeda dengan Vios agar menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih irit.

Fitur Standar Toyota Vios Bekas

Kalau kamu memilih Toyota Vios generasi 1 dan 2 second, sebaiknya lupakan soal gengsi. Image mobil taksi melekat kuat pada Vios karena muncul versi downgrade menjadi Limo. Tapi tenang saja, soal kenyamanan jelas Vios jauh lebih unggul ketimbang Limo.

Kabin sudah dilengkapi Auto AC (air conditioner) plus indikator digital. pengaturannya tidak hanya untuk suhu kabin, tetapi juga kecepatan blower, aliran udara AC Dual Zone Autoclimate, Auto Switch dan Destrosfer Switch. Pada Vios juga terdapat tombol smart start stop system yang memberikan kemudahan Anda, saat menghidupkan atau mematikan mesin.

Catatan Kilometer Toyota Limo Tinggi

Bila tadi soal kelengkapan fitur, sekarang perbedaan mencolok dari keduanya yaitu dari jarak tempuh. Apabila spidometer masih bawaan, jelas terlihat bila jarak tempuh Limo jauh lebih tinggi. Dalam lima tahun, mobil bisa menempuh hingga 300 ribu kilometer.

Bandingkan dengan mobil pribadi, dengan pemakaian yang sama biasanya jarak tempuh masih sekitar 100-150 ribu kilometer. Dengan kata lain, Toyota Limo rata-rata mobil capek karena jarak tempuh yang tinggi.

Perbandingan Harga Toyota Vios Bekas

Membedakan harga antara Vios bekas dan Limo ex-taksi cukup jomplang, mungkin bisa dibilang seperti bumi dan langit. Ini karena selisihnya cukup jauh untuk unit di tahun yang sama.

Sebagai perbandingan untuk Vios dan Limo di tahun 2010 berdasarkan listing Carmudi Indonesia, harga termurah dari keduanya beda Rp 33 juta. Bila Vios termurah dijual seharga 98 juta, maka Limo hanya dijual seharga Rp 65 juta.

Harga Toyota Vios 2010 mencapai 129 jutaan

Selanjutnya untuk harga tertinggi, selisihnya juga tidak jauh beda dengan harga terendah. Untuk Limo dijual seharga Rp 90 juta dengan kondisi sudah dimodifikasi pada bagian velg dan body kit bemper. Adapun untuk Toyota Vios bekas keluaran 2010 harga termahalnya di situs Carmudi dijual Rp 129 juta.

Di bawah 100 juta, bisa beli Toyota Limo full modifikasi

Dengan kata lain, selisih harga antara Vios dengan Limo berkisar antara 30-40 jutaan untuk keluaran di tahun yang sama. Kamu dengan budget terbatas bisa membeli Limo yang harganya lebih murah. Bahkan, bila membeli langsung pada perusahaan taksi kenamaan bisa mendapat Limo rasa Vios.

Maksudnya, kita bisa meminta kepada perusahaan taksi untuk melengkapi berbagai aksesoris dan fiturnya agar setara dengan Vios tipe terendah atau menengah. Upgrade ini konon lebih murah, dengan menambah 10 jutaan bisa mendapat velg alloy dan head unit 2DIN kekinian.

Tips Beli Mobil Bekas Taksi

Mobil bekas taksi dengan usia pemakaian 5 tahun dan biasanya telah mencapai lebih dari 200 ribu kilometer. Artinya, jarak tempuh mobil telah melebihi mobil pribadi. Mesin dan kaki-kaki telah bekerja melewati masa optimalnya.

Untuk itu, sebaiknya coba untuk test drive beberapa unit langsung, untuk mengetahui bagaimana akselerasi dan bantingan suspensinya dari tiap mobil. Bagian suspensi dan kaki-kaki biasanya jadi korban karena langsung berinteraksi dengan berbagai kondisi aspal.

Apabila membeli mobil langsung di perusahaan taksi, biasanya ada garansi tertentu. Bila mobil yang kamu pilih terasa tidak enak, ganti pilihan ke mobil lain dan lakukan test drive sampai benar-benar mendapat mobil yang nyaman dikendarai.

Saat menemui kekurangan-kekurangan kecil pada mobil, kamu bisa langsung komplain ke perusahaan taksi agar segera diperbaiki. Selebihnya, kamu tinggal melakukan perawatan rutin seperti ganti oli dan menambah beberapa cairan apabila kurang dari level minimum.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts