BeritaMobilSumber informasi

Bermacam Arti dari Singkatan di Mobil yang Ada di Indonesia

Velg dengan Singkatan di Mobil BMW (Foto: DW.com)

Jakarta – Saat Carmudian melihat pameran mobil atau browsing mencari mobil favorit, pasti sering menjumpai singkatan-singkatan dari beberapa tipe. Singkatan di mobil ini sebenarnya menunjukkan kelas dan jenis dari mobil itu, apakah tergolong mobil sedan mewah, track-only, atau mungkin spesifikasi khusus.

Tidak hanya itu, beberapa teknologi yang digunakan juga kadang ikut disingkat. Anda yang masih awam mungkin sedikit bingung soal teknologi apa yang digunakan di mobil tersebut. Kali ini, Carmudi akan menjelaskan maksud dari singkatan yang ada di beberapa merek yang ada di Indonesia.

Honda

Civic Type R (Foto: Honda)

Merek dengan logo huruf H ini menyediakan model Civic, baik untuk mobil harian atau performa. Dalam lembar spesifikasi dijelaskan bila mesin yang digunakan berteknologi VTEC, kemudian Civic juga hadir dalam tipe Si dan Type R. Inilah maksud dari singkatan di mobil tersebut.

Si: Sport Injected
Type R: Racing
VTEC: Variable Valve Timing and Lift Electronic Control

BMW

BMW M5 Safety Car MotoGP (Foto: Carscoops)

Merek asal Munich, Jerman, kerap memakai singkatan untuk banyak model dan teknologi yang digunakan. Tidak hanya untuk mobil sport atau spesifikasi tinggi, BMW juga menyingkat fungsi atau utilitas dari model yang mereka pasarkan. Bahkan, nama BMW itu juga sebenarnya singkatan lho.

BMW: Bayerische Motoren Werke (Translation: Bavarian Motor Works)
M: Motorsport
SAV: Sports Activity Vehicle
sDrive: Two-Wheel Drive
VANOS: VAriable NOckenwellenSteuerung (Artinya dalam Bahasa Inggris: Variable Camshaft Timing)
xDrive: All-Wheel Drive

Lexus

Lexus RC (Radical Coupe)

Brand premium dalam grup Toyota ini selalu memakai singkatan untuk setiap modelnya. Singkatan tadi sebenarnya langsung menjelaskan tipe atau jenis mobil yang bersangkutan. Contohnya saja Lexus LS yang berarti Luxury Sedan. Berikut ini singkatan yang digunakan pada model-model Lexus

F: Flagship / Fuji Speedway (spek kompetisi)
GS: Grand Sedan
IS: Intelligent Sports
LC: Luxury Coupe
LS: Luxury Sedan
NX: Nimble Crossover
RC: Radical Coupe
RX: Radiant Crossover
UX: Urban Crossover

Mercedes-Benz

Mercy Carmudi

Mercedes-Benz AMG GT-R (Foto: Carmudi)

Rival senegara BMW ini jarang menamai model-model kendaraan yang mereka pasarkan dengan singkatan. Biasanya, Mercedes-Benz biasanya memakai kelas atau simbol untuk tiap jenis model. Misalnya saja S-Class yang berarti Saloon Class atau G-Class yang bermakna Geländewagen Class atau bahasa mudahnya kendaraan jelajah.

Khusus untuk divisi performa, Mercedes-Benz bekerja sama dengan AMG. Nama tersebut adalah kepanjangan dari Aufrecht Melcher Großaspach. Aufrecht dan Melcher adalah pendiri sementara Großaspach adalah kota dimana Aufrecht lahir.

Suzuki

Suzuki APV 2008 (Foto: Istimewa)

Nama Suzuki sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Merek asal Jepang ini sangat jarang menyingkat model-model kendaraan mereka. Hanya ada beberapa model yang memakai nama akronim atau singkatan yaitu:

SX4: Sports X Over 4 All Seasons
APV: All-Purpose Vehicle

(dna)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts