Berita

Honda Civic Type R 2015, Mobil Balap Versi Jalan Raya

Setelah beberapa bulan terakhir ini hanya disuguhkan foto-foto awalnya saja, Honda akhirnya memerkenalkan model produksi dari Honda Civic Type R 2015 di ajang Jenewa Motor Show. Type R versi terbaru ini diklaim Honda sebagai ‘mobil balap untuk jalan raya’, dan dihadirkan untuk menantang Ford Focus RS, yang juga tampil perdana di ajang tersebut.

Torehkan Catatan Waktu Impresif di Sirkuit Nurburgring

Honda Civic Type R 2015

Uji coba Honda Civic Type R 2015 di sirkuit Nurburgring

Honda sudah mengumumkan kalau Type R generasi terbaru ini dibanderol mulai dari 29.995 paun atau setara dengan Rp. 597,2 juta. Sementara jika ingin menebus Honda Civic Type R 2015 versi GT, tinggal menambahkan dana sekitar 2.300 paun atau berkisar Rp. 45,8 juta. Selain itu, pabrikan otomotif raksasa asal Jepang tersebut juga mengungkapkan kalau Type R mampu menorehkan catatan rekor yang cukup impresif, saat melakukan uji coba di sirkuit Nurburgring. Catatan waktu yang ditorehkan Honda Civic Type R 2015 adalah 7 menit 50.63 detik, dalam satu kali putaran lap menggunakan spesifikasi produksi.

Performa Honda Civic Type R 2015

Honda Civic Type R 2015

Bagian belakang Honda Civic Type R 2015

Honda Civic Type R terbaru dibekali dengan mesin berkapasitas 2.0 liter turbocharged, VTEC, dan berbahan bakar bensin. Tenaga yang mampu disemburkan mencapai 306 bhp, dengan torsinya mencapai 400 Nm. Sedangkan putaran mesin maksimalnya mencapai 7.000 rpm, dan mampu menghantarkan torsi puncak mulai dari 2.500 rpm.

Untuk bisa meraih tenaga puncak hingga 306 bhp, Honda menyematkan damper adaptif terbaru, di mana sistem axis ganda di suspensi bagian depan mampu meredam pengendalian torsi hingga 50 persen, dibandingkan dengan Civic versi standar. Untuk power steering-nya, Civic Type R tak lagi menggunakan sistem hidrolik, melainkan listrik.

Sementara itu, Honda juga memberikan pilihan mode mengemudi, termasuk +R, yang mampu meningkatkan respon mesin dan bukaan katup, meredam bantuan pada power steerin elektrik, dan mencegah terjadinya gejala limbung pada bodi.

Desain Eksterior Honda Civic Type R 2015

Honda Civic Type R 2015

Bagian Sisi Honda Civic Type R 2015

Seperti yang pernah diperlihatkan pada tahun lalu, tampilan Civic Type R tak banyak mengalami perubahan dan lebih agresif, dengan sayap belakang yang cukup lebar dan knalpotnya tak terlihat kaku. Model bodinya juga terlihat sangat aerodinamis, sehingga memberikan kestabilan saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

Tak hanya itu saja, bagian bawahnya yang datar membuat Civic Type R mampu mengoptimalisasi downforce. Sayap belakang memang sudah di desain secara presisi untuk alasan yang sama, tapi untuk sudut, tinggi, hingga bentuknya dikalkulasi secara hati-hati untuk membatasi tarikan saat dipacu pada kecepatan tinggi.

Interior Honda Civic Type R 2015

Honda Civic Type R 2015

Interior Honda Civic Type R 2015

Memasuki area kabin, nuansa sporti sangat kental terlihat pada bagian jok dan juga kemudi yang dibalut dengan material berbahan kulit. Sedangkan tuas untuk memindahkan gigi menggunakan material berbahan aluminium, dengan trim hingga atapnya yang dibalut nuansa hitam. Perubahan minor terlihat seperti model Civic Hatchback, tapi sudah menggunakan sistem hiburan yang berbasis Android dan perbaikan pada material lainnya. Tak hanya itu saja, karena Civic Type R terbaru ini sudah menggunakan satelit navigasi dari Garmin, dan audio-nya sudah dilengkapi dengan delapan buah spiker.

Kesimpulan

Honda Civic Type R 2015

Tampilan Depan Honda Civic Type R 2015

Honda mengakui kalau Civic Type R 2015 dihadirkan setelah mengikuti saran yang datang dari para konsumen. Pabrikan asal Jepang itu mengklaim kalau Type R merupakan sebuah mobil yang istimewa, dan dalam bentuk yang ekstrim. Tujuan Honda membangun generasi terbaru Civic Type R adalah untuk melampaui performa dari para kompetitornya, dan tak hanya sekedar membangun mobil yang dikhususkan untuk di lintasan balap. Selain itu, Honda memastikan kalau karakteristik performa Type R tak akan dimanjakan oleh turbo, dan akan tetap mengusung DNA tradisional dari Type R.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: galih.rachdityo@carmudi.co.id

Related Posts