Berita

Honda RC213V-S, Replika MotoGP Versi Jalan Raya

Pabrikan sepeda motor raksasa asal Jepang, Honda, berniat memerkenalkan motor sport terbaru yang merupakan replika dari sepeda motor yang dipergunakan pada ajang MotoGP, Honda RC213V-S. Rumor mengenai rencana pabrikan asal Jepang itu sudah mencuat sejak 2004 lalu, ketika Honda berniat membangun sepeda motor V5 berkapasitas 1000 cc, versi dari sepeda motor yang saat itu dipergunakan oleh Valentino Rossi. Namun, proyek tersebut harus terhenti ketika Rossi memutuskan hijrah ke Yamaha di ajang MotoGP.

Honda RC213V-S

Honda RC213V-S

Butuh Waktu 10 Tahun untuk Bangun Prototipe Honda RC213V-S

Setidaknya dibutuhkan waktu selama 10 tahun bagi Honda untuk mengumumkan kalau mereka berniat membangun sepeda motor replika MotoGP yang bisa dipergunakan di jalan raya. Kali pertamanya prototipe Honda RC213V-S diperkenalkan ke publik luas di ajang Tokyo Motorcycle Show 2012. Tapi, RC213V-S baru benar-benar dibangun untuk versi jalan raya ketika dihadirkan di ajang Milan Motorcycle Show 2014.

Honda RC213V-S

Honda RC213V-S

Ketika dihadirkan di Milan, penampilan RC213V-S sudah nyaris sempurna karena sudah dilengkapi dengan indikator, lampu, knalpot yang sesuai untuk di jalan raya, dan tempat menaruh plat nomor di bagian buritan. Dan kini, Honda masih belum memutuskan secara resmi apakah sepeda motor replika yang dikendarai Marc Marrquez dan Dani Pedrosa di ajang MotoGP tersebut memenuhi ekspektasi.

Kisaran Harga Honda RC213V-S

Honda berencana memberikan pengumuman secara resmi dan memerkenalkan versi produksi dari RC213V-S di ajang MotoGP Catalunya pada akhir pekan ini, Ahad (14/6). Meski begitu, pabrikan asal Jepang itu masih belum memberikan informasi secara resmi mengenai harga jual RC213V-S, tapi diperkirakan berkisar 150 ribu paun atau setara dengan Rp. 3 miliar.

Honda RC213V-S

Honda RC213V-S

Angka itu tak hanya terbatas pada harga saja, tapi juga metode produksi motor tersebut. Selubung mesin Sandcast, sasis yang dirakit menggunakan tangan (Hand-Crafted) oleh Honda Racing Corporation (HRC), menunjukkan tak ada kemampuan atau kapasitas untuk membuatnya dalam jumlah yang besar. Dan kini, publik tinggal menunggu kapan sepeda motor dengan mesin yang mendekati MotoGP tersebut akan mulai dipasarkan.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: galih.rachdityo@carmudi.co.id

Related Posts