Home » Sepeda motor » Isi Baterai Honda PCX Electric Tinggal Colok Stop Kontak Rumah

Isi Baterai Honda PCX Electric Tinggal Colok Stop Kontak Rumah

Soket on board untuk pengisian baterai Honda PCX Electric

Jakarta – Membahas kendaraan listrik, masih banyak orang yang berpikir soal kesulitan saat pengisian daya. Untuk mengantisipasi hal ini, Honda merancang PCX agar mudah dalam hal penggunaan. Pengisian baterai Honda PCX Electric bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Thomas Wijaya selaku Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor menjelaskan bila charge baterai PCX secara on board ini tidak membutuhkan daya listrik yang sangat besar. Listrik perumahan yang memakai daya 1.300 watt pun tidak perlu cemas turun daya. Pengguna tinggal colok kabel yang tersedia di penyimpanan ke stop kontak yang ada di rumah.

“Charge di colokan rumah lebih lama, sekitar enam jam, kalau di off board empat jam. Untuk watt kurang lebih 500 watt kalau di rumah, kalau pengisian pakai offf board 350 watt,” jelas Thomas.

Untuk pengisian dengan alat off board, pengguna harus melepas dua buah baterai masing-masing 50,4 V yang ada di bagian bawah jok. Sayangnya, PCX versi ramah lingkungan ini tidak bisa dibawa jalan jauh, karena kemampuan maksimal baterai hanya sanggup hingga 69 kilometer. Sistem motor listrik menggantikan peran mesin bakar, pompa oli, radiator, dan kopling.

Ganti Baterai Honda PCX Hybrid

Untuk pengisian daya baterai Honda PCX Electric dengan cara off board ini harus melepas baterai seberat 11 kilogram itu dari motor. Pengisian menggunakan sejenis adaptor berukuran besar yang bisa dibeli atau juga tersedia di authorized dealer AHASS seperti di Wahana atau AHASS 001.

Cara Menyalakan Mesin PCX Electric Mirip PCX biasa

Berdasarkan pengalaman tim Carmudi saat test ride, ternyata mengoperasikan skuter listrik ini sangat mudah, bahkan tidak ada bedanya dengan PCX biasa. Kunci memakai sistem keyless dan knob pada motor untuk menyalakan motor. Pertama, putar knop starter ke mode On, selanjutnya Tarik tuas rem belakang di sebelah kiri sampai mentok.

Sambil menahan tuas rem, kemudian pencet tombol starter sampai muncul suara. Untuk menandai apabila sistem elektrik sudah hidup dan bisa dijalankan, maka motor bakal bersuara ‘piiiippp’. Setelah itu, motor bisa dikendarai seperti biasa.

Nah, Carmudian ingin tahu seperti apa sensasi berkendara PCX Electric ini? Tetap pantau Jurnal Carmudi ya..

Previous post
Airbag Bermasalah, Mitsubishi Panggil Pemilik Pajero, Delica, dan Lancer SEi
Next post
Tidak Punya Hybrid, Wuling Motors Siap Jual Mobil Listrik di Indonesia