Home » Sample Blog » Jangan Abaikan 7 Peringatan Mobil Ini

Jangan Abaikan 7 Peringatan Mobil Ini

DARI dulu dan sekarang, terkadang suatu mobil bisa membuat pemiliknya terkejut dengan biaya perawatan yang tidak terduga. Walaupun begitu, saat ini sudah banyak pabrikan mobil menyematkan fitur peringatan mobil di dalam kabin, agar sang pengendara sadar untuk segera melakukan perawatan. Berikut ini ada 7 tanda yang harus dicermati.

 

Mesin

Engine-Light
Ini salah satu peringatan mobil yang mengalami masalah di sisi mesin.

Jika layar indikator mesin menyala, itu tandanya ada sesuatu yang salah dengan mesin mobil. Bisa saja masalah itu besar dan kecil. Langkah terbaik adalah segeralah pergi ke bengkel jika peringatan mobil sektor mesin mulai menyala.

 

Servis Mesin

Service-engine-light
Servis Mesin

Lampu indikator ini menyala dengan interval menandakan bahwa pengendara harus segera melakukan perawatan rutin mobilnya. Biasanya tanda ini menyala setelah mobil dikendarai beberapa kilometer atau kondisi beragam cairan yang ada di dalam mobil tergantung dengan buku manual servis.

 

Kegagalan Listrik

Electrical-fault-light
Kegagalan Listrik

Untuk tanda kerusakan sistem kelistrikan pada setiap mobil akan berbeda, tapi biasanya ditunjukan dengan lambang baterai. Jika lambang itu menyala artinya, aki mobil butuh diisi ulang atau terjadi kesalahan mekanisme kelistrikan. Sangat disarankan untuk segera melaukan tindakan sebelum aki mobil mati dan berimbas mesin tidak bekerja.

 

Peringatan Rem

Brake-warning-light
Peringatan Rem

Lampu tanda ini akan menyala untuk berbagai keperluan terkait dengan mekanisme rem mobil. Jika terjadi masalah dengan rem tangan, maka Anda bisa mencium bau rem terbakar. Setiap pabrikan mobil memiliki tombol yang berbeda untuk system peringatan ini, untuk lebih jelas periksa kembali buku manual mobil Anda.

 

Sistem Anti Penguncian Rem

ABS-light
Sistem Anti Penguncian Rem

Peringatan ini menyalakan tanda kedipan ABS di dalam dashboard atau speedometer. Biaya perawatan untuk komponen mobil yang satu ini tergantung dengan frekuensi kedipan lampu peringatan tersebut. Jika lampu peringatan menyala terus, artinya mobil harus segera diperbaiki.

 

Peringatan Mobil Sistem Pendingin

Peringatan Pendingin

Lampu indikator untuk sistem pendingin mobil menyala, artinya Anda harus segera mengisi air di radiator. Tapi jangan segera membuka radiator saat masih panas! Kalau tetap dilakukan Anda bisa tersemprot air panas yang keluar dari radiator. Selalu gunakan air pendingin dari bengkel mobil atau pakai air murni.

 

Peringatan Mobil untuk Ganti Oli

Peringatan Ganti Oli

Indikator ini menyala saat dirasakan tekanan oli dalam mesin mobil terlalu rendah. Tanda ini sangat serius dan perlu diperhatikan, apabila diabaikan maka mesin mobil akan mati. Indikator ini menyala juga bisa saja karena ada sesuatu yang salah di pompa mesin mobil, jadi pastikan untuk melakukan perawatan mobil segera.

Previous post
Inilah 10 Sportcar dan Supercar Italia Terkeren Se-Dekade
Next post
Cannes Film Festival 2014 Jadi Ajang Lelang Mercedes-Benz S63 AMG Coupe