BeritaKomunitasMobil

Ini Jawaban Toyota dan Daihatsu Soal Kaca Calya Sigra Rentan Pecah

 

Kaca Belakang PecahJakarta – Para pengguna Toyota Calya dan Daihatsu Sigra kembali diuji kesabarannya memiliki mobil LCGC 7 penumpang tersebut. Paling baru, ada kasus kaca belakang rentan retak bahkan pecah.

Tak mau berspekulasi, Carmudi Indonesia pun langsung menanyakan masalah ini pada Toyota maupun Daihatsu. Untungnya jawaban keduanya mirip-mirip, termasuk sama-sama belum tau apa penyebabnya.

Banyak Faktor Penyebab Kaca Retak

“Banyak faktor. Bisa eksternal bisa internal. Misal batu, atau saat pemasangan ada stress, ada konflik, sebagai penyebab awal, tapi tetap harus diteliti penyebabnya,” ungkap Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service Toyota Astra Motor.

Senada dengan Dadi, dari pihak Astra Daihatsu Motor sebagai yang memproduksi Calya dan Sigra, melalui Anzar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division memberikan komentarnya.

“Kami masih belum tau penyebabnya apa. Harus diteliti lebih dalam. Biasanya kaca pecah karena ada penyebab awal. Kl panas atau pemuaian itu penguat aja,” ujarnya.

Dijelaskan lebih lanjut , Anzar menganalisa sebelumnya biasanya ada titik di kaca yang kena tekanan atau benturan.

“Bisa disela kaca masuk krikil atau ada molding kasar yang bgitu kena tekanan atau benturan bisa bikin retak kaca,” tambahnya lagi.

Bawa ke Bengkel Resmi untuk Diperiksa dan Diganti Baru

Karenanya, sama seperti anjuran Dadi, Anzar menyarankan konsumen silakan membawa mobilnya ke bengkel resmi untuk diperiksa.

“Kalau kacanya masih retak belum rontok mungkin kita bisa cari dimana titik benturan awal yang jadi penyebab kaca retak. Jadi penyebabnya bisa banyak hal, harus diteliti dulu,” katanya lagi.

Begitu juga dengan pemilik Toyota Calya yang kaca belakangnya tiba-tiba retak langsung saja periksakan ke bengkel resmi Toyota.

“Bawa ke bengkel saja. Kalau memang pihak bengkel tidak bisa menemukan penyebab eksternal, ya kita ganti. Kan ada garansi,” ujar Dadi sebagai penutup.

Baca juga: Kaca Belakang Calya Sigra Rentan Retak dan Pecah

Sebelumnya, beberapa anggota Calya Sigra Club (Calsic) mengeluhkan kalau kaca belakang mobilnya tiba-tiba retak dan bahkan pecah. Belum ada yang mengetahui apa penyebabnya sejauh ini.

Nah, anda pemilik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang kaca belakangnya juga bermasalah, silakan share pengalamannya di kolom komentar yaaa..

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts