Sepeda motor

Jenis Vespa Matic Lengkap! Segini Harga Termurahnya di Indonesia

Jenis Vespa matic yang cukup beragam di Indonesia kadang membuat penggemarnya sendiri masih sulit membedakannya. 

Dari sekian banyak Vespa matic yang dijual, bahkan ada beberapa di antaranya yang laris di Tanah Air. 

Jenis Vespa

Booth sepeda motor Vespa di IIMS Motobike (Foto: Dyandra)

Kalau orang dulu kenalnya Vespa itu pakai mesin 2 tak, maka sekarang Vespa itu terkenal sebagai motor matik 4 tak yang harganya lumayan mahal. 

Harga motor Vespa baru termurah ada di kisaran Rp30 jutaan, sedangkan termahal punya banderol mencapai ratusan juta rupiah. 

Wah, buat sebagian orang rasanya motor ini benar-benar lumayan menguras kantong. Tapi, sebagian orang lagi tetap menilai kalau Vespa itu punya rasa berkendara yang beda dari motor lain.

Sebelum membeli Vespa matic, ada baiknya dipahami dulu jenis Vespa matic yang ada, nih. Biar bisa menentukan mau beli yang mana.

Vespa LX 125 I-Get

Model pertama yang bisa dibeli adalah Vespa LX 125 I-Get. Skuter matik ini dijual dengan banderol Rp38 juta (OTR Jakarta).

Vespa Kuning

Vespa LX keluaran tahun 2017. (Foto/Piaggio Indonesia)

Mesin yang ditanam pada motor ini berkapasitas 124,5 cc, 1 silinder, 4 tak. Tenaganya mencapai 10,1 hp @7.600 rpm dan torsi 10,2 Nm @6.000 rpm. 

Motor yang lulus uji emisi Euro3 ini memakai CVT dengan pembakaran sistem injeksi.

Dari segi tampilan, lampu utama yang bulat ini menegaskan kesan klasik yang lumayan kental.

Vespa S 125 I-Get

Model kedua adalah Vespa S 125 I-Get. Motor ini punya banderol Rp39,5 juta (OTR Jakarta).

Salah satu ciri dari motor ini adalah penggunaan lampu utama berbentuk kotak.

Mesin yang digunakan sama seperti LX 125 I-Get, berkapasitas 124,5 cc, 1 silinder, 4 tak. Tenaganya mencapai 10,1 hp @7.600 rpm dan torsi 10,2 Nm @6.000 rpm.

Vespa S

Harga Vespa matic bekas masih mahal, mending beli baru (Foto: Piaggio)Emisi gas buangnya juga sama, sudah lulus Euro3, sehingga oktan minimum yang dibutuhkan adalah bahan bakar dengan oktan 92. 

Vespa Primavera

Jenis Vespa matic lainnya adalah Vespa Primavera yang terdiri dari 2 varian; Primavera dan Primavera S.

Primavera dijual dengan harga Rp44,8 juta (OTR Jakarta).

Mesin yang digunakan juga lebih besar dari tipe S dan LX 125, yakni 154,8 cc, 1 silinder, 4 tak.

Tenaganya mencapai 11,6 hp @7.500 rpm dan torsi maksimal 12 Nm @5.000 rpm.

Vespa Primavera S

Lalu, apa sih yang membedakan Primavera dan Primavera S?

Salah satunya adalah harganya, Primavera S dijual dengan harga Rp47,3 juta (OTR Jakarta). 

Artinya motor ini lebih mahal dari Primavera biasa. Perbedaannya lebih terasa di bagian cat, jok dan warna pelek yang digunakan. 

Mesin yang digunakan pun sama, 154,8 cc, 1 silinder, 4 tak. Tenaganya mencapai 11,6 hp @7.500 rpm dan torsi maksimal 12 Nm @5.000 rpm.

Vespa Primavera S

Warna yang baru pada model ini adalah Blue Vivace

Salah satu fitur andalannya adalah suspensi belakang yang bisa diatur 4 pengaturan. Jadi bisa dipilih, mau keras atau empuk suspensinya. 

Vespa Sprint

Jenis Vespa matic lainnya adalah Vespa Sprint dan menjadi yang terlaris di Indonesia di antara model Vespa lainnya.

Vespa Sprint terdiri dari 2 varian, yakni Sprint standard dan Sprint S.

Vespa Sprint ini dijual dengan harga Rp47,6 juta (OTR Jakarta).

Mesin yang dipakai punya kapasitas 154,8 cc, 1 silinder, 4 tak. Tenaganya mencapai 11,6 hp @7.500 rpm dan torsi maksimal 12 Nm @5.000 rpm.

Beberapa fitur andalannya adalah lampu LED, USB port, instrumen cluster yang sporty dan kunci immobilizer. 

Vespa Sprint S

Lalu ada jenis Vespa Sprint S yang punya tampilan sedikit berbeda pada bagian jok, warna, striping, dan warna pelek.

Harga dari motor ini bisa dibilang sudah cukup tinggi, karena mencapai Rp50,1 juta (OTR Jakarta). 

Vespa Sprint S

Vespa Sprint S. (Foto: Carmudi/Badjo)

Mesin yang dipakai punya kapasitas 154,8 cc, 1 silinder, 4 tak. Tenaganya mencapai 11,6 hp @7.500 rpm dan torsi maksimal 12 Nm @5.000 rpm.

Salah satu yang membedakan adalah warna kisi-kisi di bagian dasi depan yang berwarna merah. 

Buat yang suka tampilan sporty, rasanya motor ini lumayan cocok, kendati tampilannya cukup sporty namun tetap elegan. 

Vespa GTS Super 150

Tipe GTS Super ini bisa dibilang jadi motor Vespa yang punya bodi cukup besar. Salah satu cirinya adalah adanya lubang udara samping di bodi depan dan lubang bergaris di bodi belakang sebelah kanan.

Vespa GTS Super ini dibuat karena terinspirasi dari Vespa Super 2 tak. Ciri lubang di bagian tepong kanan inilah yang masih tetap dipertahankan. 

Soal harga, Vespa GTS Super ini dijual Rp62 juta (OTR Jakarta).

Mesin yang digunakan sedikit lebih besar dari Vespa Primavera dan Sprint. Vespa GTS Super 150 ini punya kubikasi mesin 155,1 cc, 1 silinder, 4 tak, 4 klep.

Tenaganya mencapai 14,4 hp @8.250 rpm dengan torsi 13,5 Nm @6.750 rpm.

Suspensi belakang juga bisa diatur 4 macam seperti Sprint, namun motor ini sudah memakai dual ABS di rem depan dan belakang.

Vespa GTS Super 300

Lalu ada juga Vespa GTS Super 300 yang dibekali mesin berkapasitas 278,3 cc, 1 silinder, 4 tak, 4 klep. Tenaganya mencapai 23,4 hp @8.250 rpm dengan torsi 26 Nm @5.250 rpm. 

Kedua GTS Super ini memakai pendinginan memakai radiator yang disertai ekstra fan yang akan bekerja pada suhu tertentu untuk mendinginkan mesin. 

Jadi, kalau ekstra fan lagi menyala maka bakal terdengar seperti suara siulan mirip gerobak kue putu.

Kalau udah nyala, bisa diliatin orang pas lagi di lampu merah nih, hahaha …

Vespa GTS Super Tech 300

Vespa GTS Super Tech 300

Oh iya, GTS Super 300 punya kapasitas tangki lebih besar, 8,5 liter. Sedangkan GTS Super 150 hanya 7,5 liter saja. 

Soal harga, Vespa GTS Super 300 ini dijual Rp153,5 juta (OTR Jakarta).

Harganya udah setara sama LCGC, ya?

Vespa Primavera Sean Wotherspoon

Lalu ada juga edisi spesial dari Primavera, yakni Vespa Primavera Sean Wotherspoon. Vespa ini dijual dengan harga yang lebih mahal, Rp85 juta (OTR Jakarta).

Vespa Primavera Sean Wotherspoon

Vespa Primavera Sean Wotherspoon

Vespa ini dibuat dari kolaborasi seniman asal Amerika Serikat, Sean Wotherspoon. Walaupun dijual terbatas, motor ini langsung ludes dibeli oleh masyarakat Indonesia. 

Pembedanya adalah bodinya dibuat dengan warna yang lebih ngejreng, peleknya berbeda, serta joknya dibuat dengan bahan kain. 

Vespa Primavera (RED)

Lalu ada juga Vespa Primavera (RED) yang dijual edisi terbatas, merupakan hasil kerjasama dengan (RED) yang merupakan organisasi non profit yang bergerak untuk mendukung para penderita HIV AIDS.

Motor ini dijual dengan harga Rp53,6 juta (OTR Jakarta).

Cirinya adalah hampir semua bagian motor dibuat warna merah. 

Misalnya bodi, jok, dan peleknya dibalut warna merah.

(RED) sendiri memang punya warna merah sebagai simbol “berani memperjuangkan”.

Vespa GTV Sei Giorni II

Vespa terakhir yang dijual resmi adalah GTV Sei Giorni II. Motor ini punya tampilan sama seperti GTS Super, hanya saja lampu utamanya dipasang di bagian sepatbor depan.

Vespa GTV Sei Giorni II merupakan motor yang dibuat dalam rangka mengenang ajang balap Sei Giorni Internazionale yang digelar pada 1951 di Varese, Italia.

Vespa GTV Sei Giorni edisi kedua (Foto: (Foto: Piaggio Indonesia)

Vespa GTV Sei Giorni edisi kedua (Foto: (Foto: Piaggio Indonesia)

Piaggio kala itu sengaja menciptakan sepeda motor untuk meramaikan ajang tersebut. Menariknya, Piaggio lewat tim Squadra Corse harus bersaing dengan motor offroad.

Hasilnya, 9 medali emas berhasil diboyong oleh tim yang mengejutkan semua orang ini.

Vespa GTV Sei Giorni II dijual dengan harga Rp155,5 juta. Walaupun harganya mahal, tapi unitnya dijual terbatas dan langsung ludes selama beberapa hari saja. 

Kapasitas mesinnya 278,3 cc, 1 silinder, 4 tak, 4 klep. Tenaganya mencapai 23,4 hp @8.500 rpm dengan torsi 25,5 Nm @5.500 rpm.

Nah, itu tadi merupakan jenis Vespa matic yang dijual di Indonesia. Dari kesemuanya, mana yang jadi favorit Carmudian? 

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts