Reviews

Kia Sorento 2008, Mobil Keluarga Irit dan Bertenaga

Semakin maraknya perkembangan mobil-mobil berbasis SUV, membuat Kia kembali mengeluarkan varian terbaru dari Kia Sorento pada medio 2008. Pada model terbaru Sorento ini, Kia sudah menambahkan kursi di baris ketiga yang cukup nyaman untuk anak-anak, sehingga secara keseluruhan mampu menampung hingga 7 penumpang.

(Kia Sorento 2008)

(Kia Sorento 2008)

Kia menghadirkan varian terbaru dari Sorento untuk bertarung di segmen kendaraan SUV 7 penumpang, yang sudah dihuni oleh Isuzu Alterra, Ford Everest, dan Hyundai Santa Fe yang tengah berusaha menggoyang dominasi dari Toyota Fortuner. Untuk itu, Kia pun meningkatkan kemampuan Sorento dengan mencangkok sistem kemudi ringan model Amerika, dan membenamkan ban radial Kumho 75 series untuk menyaingi ban 60 series dengan profil tipis yang digunakan oleh Toyota. Namun, tetap saja Fortuner berhasil mengalahkan SUV 7 penumpang milik kedua pabrikan asal Korea Selatan tersebut, karena kursi baris ketiga dibuat nyaman untuk menampung orang dewasa.

Performa Mesin Kia Sorento 2008

(Mesin Kia Sorento 2008)

(Mesin Kia Sorento 2008)

Jika pada model Kia Sorento sebelumnya diberikan opsi transmisi manual 5-percepatan, maka sejak dikeluarkannya model 2007, Sorento sudah menggunakan transmisi otomatis Sportmatic tiptronic 5-percepatan. Sementara mesinnya, Sorento mencangkok mesin diesel CRDI Turbo berkapasitas 2.5 liter, yang mampu menghantarkan torsi secara mulus. Konsumsi bahan bakar Sorento juga berbeda dibandingkan dengan SUV lain lansiran Amerika, yang membuatnya irit tapi tetap bertenaga. Inilah tipikal dari mobil-mobil lansiran Kia, yang kini menjadi semakin umum dipergunakan pada segmen yang lebih rendah.

Kesimpulan

Kia Sorento, yang secara konsep berbeda dengan Santa Fe, bisa menjadi pilihan alternative bagi mereka yang menginginkan jenis mobil di segmen ini. Sorento bisa dikatakan memiliki kualitas sasis truk seperti yang dimiliki oleh Fortuner diesel, tapi mampu menghadirkan pengendaraan yang menyenangkan seperti mengendarai SUV buatan Amerika. Hal ini karena Kia mengadopsi teknologi yang sama, sehingga pengemudi bisa merasakan kesenangan dalam mengemudi. (C! Magazine)

(Bagian belakang Kia Sorento 2008)

(Bagian belakang Kia Sorento 2008)

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts