Home » Komunitas » Komunitas Vespa Kampanyekan Bahaya Pakai Ponsel Sambil Berkendara

Komunitas Vespa Kampanyekan Bahaya Pakai Ponsel Sambil Berkendara

Komunitas Vespa Kampanyekan Bahaya Menggunakan Ponsel Sambil Berkendara (Foto: Kutu Community)

Jakarta – Menggunakan ponsel sambil mengemudikan sepeda motor di jalan raya sudah menjadi pemandangan yang biasa terutama di kota Jakarta. Biasanya pengemudi Ojek Online (Ojol) yang sering melakukan tindakan tersebut.

Padahal mengemudikan sepeda motor sambil menggunakan ponsel sangat berbahaya. Melihat semakin banyaknya fenomena tersebut, komunitas vespa yang terbagung dalam Kutu Community melakukan kampanye terkait hal ini.

Kampanye bertema ponsel + Naik Motor = MAUT itu digelar pekan lalu, Sabtu (24/11/2019) di Depok Jawa Barat. Kegiatan sosial ini menjadi bagian dari misi Kutu Community untuk terus menggaungkan keselamatan berkendara di jalan raya. Khususnya bagi pengguna sepeda motor.

“Fakta di lapangan banyak pengendara motor terutama pengemudi Ojol menggunakan ponsel saat berkendara. Ini sudah menjadi kebiasaan,’ ujar Yuri Rahardan, Sekjen Kutu Community, dalam keterangan resminya.

Menurut dia, kebiasan buruk ini bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Bila hal itu sudah terjadi tentu yang dirugikan bukan hanya pengemudi saja tetapi juga penumpang, dan pengguna jalan lain yang berada di dekat maupun sekitar pengemudi.

Pelaksanaan kampanye diberikan langsung di markas atau tempat berkumpulnya para Ojol di wilayah Depok, Jawa Barat. Dengan cara berbaur bersama para Ojol, sosialisasi yang dilakukan berjalan dengan dialog dua arah.

Disambut Antusias

Lebih dari 40 pengemudi Ojol hadir dalam kampanye bahaya ponsel saat berkendara. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti sosialisasi yang diberikan oleh member Kutu Community.

“Bisa dibayangkan jika terjadi kecelakaan saat abang semua sedang mencari nafkah saat berkendara. Dampaknya akan dirasakan juga anak-istri di rumah.” papar Taufik, member Kutu Disrik Depok saat memberikan sosialisasi.

Himbauan untuk tidak menggunakan ponsel saat mengendarai motor ini pun mendapat sambutan baik dari semua pengemudi Ojol yang hadir. Adapun penyebab para Ojol sering menggunakan ponsel saat berkendara yaitu untuk mendapatkan order penumpang dan melihat peta jalan.

“Kegiatan ini sangat positif dan menambah pengetahuan dan pemahaman anggota kami akan bahaya dan dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan ponsel saat berkendara. Kami senang sekali ada komunitas seperti Kutu Community yang mau berbaur dan berbagi ilmu di markas kami.” ujar Bang Bery, Ketua Ojol Liong Depok.

Komunitas Vespa Kampanyekan Bahaya Menggunakan Ponsel Sambil Berkendara (Foto: Kutu Community)

Tak lupa Kutu Community menyarankan supaya pengemudi Ojol menepi atau mencari tempat pemberhentian yang aman dan nyaman jika ingin menggunakan ponsel.

Dalam kampanye ini para Ojol diberikan pin dan stiker keselamatan yang ditempelkan di sepeda motornya sebagai tanda pengemudi Ojol tersebut tidak akan menggunakan ponsel saat berkendara.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Perkiraan Harga Sepeda Motor Harley-Davidson yang Diselundupkan di Pesawat Garuda
Next post
Perbandingan Harga Cat Mobil di Bengkel Biasa vs Bengkel Resmi