BeritaMobilSepeda motorSumber informasi

Lakukan Ini Jika Ingin Lolos Tilang saat Operasi Zebra 2018

Jakarta – Tertib berlalu lintas lintas merupakan suatu kewajiban yang harus dipegang oleh semua orang terutama pemilik kendaraan bermotor. Namun sayang, meski sudah sering diingatkan masih banyak pengguna kendaraan bermotor tidak tertib di jalan raya. Dampak paling buruk jika selalu melanggar lalu lintas adalah kecelakaan.

Sebagai upaya mengurangi angka kecelakaan dan menyadarkan masyarakat agar mematuhi tata tertib lalu lintas, Polda Metro Jaya akan melakukan Operasi Zebra 2018. Recananya kegiatan rutin tersebut akan dilaksanakan mulai 30 Oktober sampai 12 November 2018.

Adapun sasaran utama dari kegiatan tersebut adalah pelanggar lalu lintas. Bagi mereka yang kedapatan melanggar bisa dikenakan sanksi tilang.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri dalam kata sambutannya di acara Rapat Kerja dan Tekhnis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas 2018. Yaitu mengarahkan supaya Operasi Zebra 2018 dilakukan dengan baik dan analisa yang cermat agar tercipta pelayanan optimal.

“Kita lihat apa yang jadi sasaran di tahun 2018 dan evaluasikan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga pada akhirnya jumlah kecelakaan dan korban meninggal dunia menurun. Terjadinya kecelakaan karena adanya penyebab kecelakaan, maka dari itu harus adanya ketajaman analisa laka lantas. Dan ketahui betul potensi laka yang terjadi,” kata Refdi sebagaimana dikutip dari NTMC Polri.

Sementara itu sebelum memulai kegiatan Operasi Zebra 2018, Polda Metro Jaya akan terlebih dulu melakukan sosialisasi. Sosialisasi akan diadakan di wilayah hukum Polda Metro Jaya yaitu Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Salah satu bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian adalah dengan menempatkan spanduk berisikan ajakan untuk tertib berlalu lintas dibeberapa titik jalan.

“Sosialisasi dilakukan tiap Polres di sejumlah titik, seperti di Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan wilayah hukum Polda Metro Jaya lainnya,” ujar Kasubdit BinGakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto.

Budiyanto menghimbau kepada masyarakat khususnya pengendara sepeda motor dan mobil. Supaya selalu menyiapkan dan membawa surat-surat kendaraan serta Surat Izin Mengemudi (SIM) agar lolos dari tilang Operasi Zebra 2018.

Ajak Komunitas untuk Mengenalkan Safety Riding

Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Putut Bayu Seno saat menyampaikan materi di acara Rakernis Fungsi Lalu Lintas Tahun 2018 menyampaikan kepada Polisi Lalu Lintas dalam kegiatan Operasi Zebra ini harus mengedepannkan penegakan hukum preventif dan preemtif.

“Saya menyarankan, untuk dilakukan kegiatan preventif kepada masyarakat pengguna jalan agar dilakukan sepanjang tahun, seperti mengajak komunitas untuk mengenalkan safety riding,” ucap Putut.

Putut berharap, kedepan kegiatan rutin lantas sepanjang tahun bisa dilaksanakan dengan baik, ditandai turunnya angka kecelakaan tertibnya pengguna jalan dan berkurangnya pelanggaran.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts