Berita Mobil Sumber informasi

Makin Mirip 7 Series, All New BMW 5 Series Akhirnya Mengaspal di Tanah Air

Jakarta – All New BMW 5 series diluncurkan dengan platform dan tampang baru. Serta kualitas interior yang jauh lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Sudah lama naksir tampang garang nan mewah BMW 7 Series, namun mengharapkan sesuatu yang lebih terjangkau dan kompak. Today is your lucky day, karena PT BMW Group Indonesia baru saja meluncurkan All New BMW 5 Series (12/7) yang makin mirip dengan kakaknya.

Ya, imbuhan “All New” di awal itu karena mid-size luxury sedan ini memang tak hanya sekadar mengalami facelift, melainkan kini baru total. Dengan kode bodi G30, All New BMW 5 Series sekarang resmi menggantikan 5 Series lawas F10 yang telah dipasarkan di Tanah Air sejak 2010.

“BMW 5 Series sendiri merupakan satu di antara model paling sukses di dunia, termasuk di Indonesia. BMW Seri 5 adalah kendaraan sempurna dengan atribut lengkap. Baik dari segi inovasi teknologi, desain, kedinamisan dan kenikmatan berkendara,” ujar Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia, saat peluncuran All New BMW 5 Series, di UOB Plaza, M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

All New BMW 5 series 2

All New BMW 5 series 2 tampil makin mewah. Foto/Carmudi Indonesia.

Selain perubahan utama soal gubahan desain yang membuat fascia depan makin terlihat mirip dengan sang flagship berkat Kidney Grill. Yang kini jauh lebih besar dan terintegrasi ke lampu Bi-LED makin panjang.

Kelebihan lainnya yang dibanggakan pabrikan dari Jerman ini adalah penggunaan material ringan. Yaitu aluminium, magnesium dan high-strength steel yang mengurangi bobot hingga 100 kg dibanding generasi sebelumnya.

Fitur Mewah dan Lengkap

Pecinta fitur? Tenang, Bimmer got you covered. Sentuhan mewah seperti bagasi elektrik dengan Comfort Access (passive keyless entry). Ada juga rear seat entertainment berupa dua buah monitor 10,2 inci dengan BluRay Player di belakang.

Dengan sistem utama iDrive 6.0 dengan layar 10,25 inci yang sekarang juga bisa dikontrol dengan layar sentuh. Ada Parking Assistant untuk parkir otomatis dan quad-zone climate control mungkin yang bisa membuat Anda berpaling dari Mercedes-Benz E-Class.

All New BMW 5 series

Interior dengan kelengkapan fitur kenyamanan. Foto/Carmudi Indonesia.

Bahkan fitur safety pintar seperti Dynamic Cruise Control pun hadir, sehingga hilang sudah hari-hari kaki anda harus pegal saat bermacet-macetan di jalan tol. Oh iya, ingat BMW Display Key milik 7 Series, yang merupakan remote kunci dengan layar sentuh mungil?

Ya, bahkan All New BMW 5 Series ini juga sudah mendapatkannya dengan fungsi yang kurang lebih sama seperti pre-conditioning. Kecuali automatic parking dari kunci tersebut.

Hadir Dalam Dua Varian

Bila sebelumnya BMW 5 Series memiliki cukup banyak tipe, kali ini hanya ada dua varian yang baru diluncurkan. Yaitu All New BMW 530i Luxury dan All New BMW 530i M Sport.

Sesuai “i” di belakang namanya, mesin yang dipakai di kedua varian adalah jenis bensin atau gasoline. Tepatnya, mesin baru BMW TwinPower Turbo 2.0 liter dengan Valvetronic. Dan Double VANOS yang sanggup menyemburkan tenaga 252 hp dan torsi 350 Nm.

Klaimnya, mesin yang disambungkan ke transmisi otomatis ZF 8-percepatan Steptronic dapat meluncur dalam dari 0-100 km/jam hanya dalam 6,2 detik. Sementara untuk laju kecepatan maksimumnya mencapai 250 km/jam.

Beda dari kedua varian di atas, adalah 530i Luxury kedapatan lebih banyak elemen yang membuatnya terlihat lebih mewah. Seperti krom di Active Air Stream Chrome Kidney Grille, Air Breathers, window line dan lis di belakang.

Sedangkan 530i M Sport terlihat lebih garang dengan bumper M Sport dan elemen-elemen krom di atas diganti panel high gloss black untuk terlihat lebih sporty.

Tertarik? Pastikan Anda sanggup membelinya, karena kenaikan dibanding generasi sebelumnya tergolong tinggi. All New BMW 530i Luxury yang dirakit lokal (CKD) dibanderol Rp 1,149 miliar off the road. Sedangkan All New BMW 530i M Sport dibanderol Rp 1,379 miliar off the road. (Penulis : Fransiscus Rosano)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/