Berita

Melihat Menko Airlangga Borong Selusin Mobil Listrik Chery Omoda E5 Setelah Coba

Jakarta — Menteri Koordinasi Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto langsung memesan 12 unit mobil listrik Chery Omoda E5.

Hal ini dilakukannya setelah menghadiri dan menyaksikan seremoni produksi perdana Omoda E5 di pabrik perakitan milik PT Handal Indonesia Motor di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat pada awal Desember 2023 kemarin.

Omoda E5 produksi di indonesia (1)

Menko Airlangga Hartarto saat seremoni produksi perdana mobil listrik Chery Omoda E5. (Foto: CSI)

Baca Juga: Permudah Pengguna Omoda E5, Chery Indonesia Siap Bangun SPKLU

Pada kesempatan yang sama tersebut, Airlangga pun menyempatkan untuk mengemudikan langsung Omoda E5.

Tak lama sesi test drive singkat berakhir, Airlangga disebut memberikan instruksi kepada staf khususnya untuk memesan 12 unit Omoda E5.

Melihat hal tersebut, Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) merasa bangga karena menjadi bukti nyata akan kualitas mobil listrik anyar besutan Chery di Tanah Air ini.

“Merupakan kebanggan bagi CSI bahwa Bapak Airlangga menyukai Omoda E5 dan langsung menginstruksikan pemesanan 12 unit melalui staf khusus beliau,” kata Harry dikutip dari siaran pers yang kami terima beberapa waktu lalu.

Chery Omoda E5

Chery Omoda E5. (Foto: Forwot)

Omoda E5 sendiri merupakan mobil listrik pertama dari Chery yang dirakit di luar Cina.

Mobil listrik yang pertama kali diperkenalkan di GIIAS 2023 lalu dengan nama Omoda 5 EV ini dilengkapi motor listrik berdaya maksimal 150 kW, torsi puncak pada 340 Nm, dan baterai diklaim mampu menunjang perjalanan sejauh 450 km dalam sekali pengecasan.

Kenyamanan menjadi salah satu value yang ditonjolkan dari Omoda E5 lantaran sudah dibuktikan melalui skor bintang 5 dari Euro NCAP.

Kejar Insentif Mobil Listrik dari Pemerintah

Tak sekadar menyiapkan produk terbaik, PT CSI juga mengejar pemenuhan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam Omoda E5 sebesar 40 persen agar kelak mendapat intensif.

“Dengan memenuhi TKDN 40 persen, kami akan mendapat insentif. Tapi, kami mendorongnya lebih dari itu. Kenapa? Karena semakin besar melokalisasi, akan gain sesuatu dan pemerintah akan lihat itu,” kata Harry pada kesempatan berbeda di Kelapa Gading.

Saat ini, sejak diperkenalkan secara resmi dan dibuka kran pemesanannya, Chery sudah mengantongi sebanyak 400 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Omoda E5.

Baca Juga: Diproduksi di Indonesia, TKDN Chery Omoda E5 Ditargetkan 40 Persen Lebih

omoda 5 EV 2023

Chery Omoda E5 saat pertama diperkenalkan kepada publik bernama Omoda 5 EV. (Foto: CSI)

Nantinya, masih menurut keterangan Harry, Omoda E5 akan diluncurkan (launching) di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung pada 15—25 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Chery mengeklaim akan mengantarkan unit Omoda E5 kepada konsumen pada Februari, dan selesai pada bulan Maret.

Sayangnya, harga Omoda E5 masih ditutup rapat oleh Chery.

Ada sedikit bocoran dari salah satu tenaga penjual kala pameran berlangsung yang menyebutkan harga Omoda E5 berada di kisaran Rp500-600 jutaan.

Penulis: Dimas Hadi

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: [email protected]

Related Posts