Reviews

Review Toyota GR Yaris: Ada 3 Varian, Hot Hatch Calon Incaran Kolektor

Sebelum membahas review tentang Toyota GR Yaris, ketahui dulu mengenai mobil ini lebih dalam. Sebab, Toyota GR Yaris akan segera menjadi hot hatch yang diincar oleh kolektor karena Toyota merilisnya dengan jumlah yang tidak banyak untuk setiap negara.

Mereka membuat GR Yaris ini hanya untuk memenuhi regulasi balap World Rally Championship (WRC) di mana mobil dilombakan harus berstatus mobil produksi massal.

Bahkan Indonesia sendiri diklaim hanya mendapatkan jatah GR Yaris ini sebanyak 162 unit saja. Artinya, tidak semua orang berduit bisa membeli mobil ini.

review toyota gr yaris

Video iklan Toyota GR Yaris mendapat kritikan dari biro periklanan Australia (Foto: Carexpert)

Toyota GR Yaris disebut hot hatch karena punya performa yang sangat apik. Bahkan spesifikasi bawaan pabriknya saja sudah bisa untuk digunakan keperluan track day di sirkuit.

Review Varian Toyota GR Yaris

Di Jepang Toyota GR Yaris ini ditawarkan dalam tiga varian; RS, RZ, dan RZ High Performance. Ketiganya memiliki perbedaan di banyak hal dan tentu saja mesinnya.

Toyota GR Yaris RS

Varian RS merupakan varian terbawah yang ada di keluarga GR Yaris. Harganya dibanderol 2,650 juta Yen atau setara dengan Rp356 jutaan.

Pembeda pertama adalah mesin. Varian RS dibekali mesin berkapasitas 1.490 cc, 4 silinder, bertenaga 118 hp @6.600 rpm dengan torsi 145 Nm @4.800-5.200 rpm.

Transmisi varian RS hanya tersedia otomatis CVT saja. Menurut klaim Toyota Jepang, konsumsi bahan bakar varian RS ini jadi yang paling irit, mencapai 18,2 km per liter.

review toyota gr yaris

Toyota GR Yaris ludes terpesan hanya dalam 24 jam di Meksiko (Foto: Pultan)

Toyota GR Yaris varian RS juga memiliki ciri menggunakan ban 225/40 R18 lansiran Dunlop SP Sport Maxx 050. Desain pelek varian RS juga menggunakan palang yang jumlahnya lebih banyak dibanding varian tertingginya.

Lalu ukuran cakramnya juga berbeda, varian RS memakai cakram yang ukurannya paling kecil. Maklum, mesinnya juga kecil jadi pengeremannya dirasa cukup memakai cakram kecil.

Selain itu interiornya menggunakan bahan fabric hitam sepenuhnya. Jika dilihat secara kasat mata, model joknya juga berbeda dengan 2 varian di atasnya.

Pembeda terakhir adalah sistem penggeraknya yang hanya dibekali penggerak roda depan saja, alias 2WD.

Perbedaan lain adalah mode. Varian RS dibekali dengan mode Normal, Power, dan ECO. Lalu setirnya juga sudah memiliki paddle shift, setidaknya bisa merasakan sedikit sensasi balap.

Toyota GR Yaris RZ

Di atas RS ada varian RZ yang merupakan varian tengah di keluarga GR Yaris.

Varian ini dibanderol dengan harga 3,69 juta Yen atau setara dengan Rp529 jutaan. Untuk sebuah hot hatch, rasanya harganya masih masuk akal.

Mesinnya sudah dibekali dengan kapasitas 1.618 cc, 3 silinder, turbocharge bertenaga 270 hp @6.500 rpm dengan torsi maksimal 370 Nm @3.000 – 4.600 rpm.

review toyota gr yaris

Toyota GR Yaris (Foto: Paultan)

Transmisinya menggunakan manual 6 percepatan. Interiornya sama seperti varian RS, memakai bahan fabric berwarna hitam dan motifnya sama persis dengan RS.

Pelek dan bannya juga menggunakan model yang sama dengan RS, dengan jumlah palang yang banyak. Bedanya, ukuran cakram varian RZ lebih besar sebab performa mesinnya juga besar.

Perbedaan lainnya pada GR Yaris RZ ada di instrument cluster yang dibekali layar informasi sehingga bisa melihat pergerakan dari putaran seluruh rodanya.

Baik varian RS maupun RZ, desain bodykit-nya sama. Tak ada perbedaan di antara keduanya. Pembedanya ada di bagian mesin, aksesoris, dan sistem pengeremannya.

Toyota GR Yaris High Performance

Varian terakhir merupakan varian tertinggi. Ibaratnya ini adalah versi top of the line yang dikeluarkan oleh Toyota Motor Corporation untuk para penggila kecepatan.

Harga yang ditawarkan mencapai 4,56 juta Yen yang setara dengan Rp610 jutaan.

Toyota GR Yaris High Performance memiliki mesin sama seperti varian RZ, yakni berkapasitas 1.618 cc, 3 silinder, turbocharge bertenaga 270 hp @6.500 rpm dengan torsi maksimal 370 Nm @3.000 – 4.600 rpm.

review toyota gr yaris

Toyota GR Yaris segera meluncur di Indonesia dengan harga di bawah Rp1 miliar (Foto: TAM)

Mobil berpenggerak all wheel drive ini sudah dibekali dengan gardan yang sudah berisi limited slip differential (LSD). Sehingga diklaim mampu memberikan traksi yang sangat baik dan akurat.

Interiornya sedikit berbeda dibanding kedua varian di bawahnya. Varian high performance menggunakan jok balap dengan model berlubang di bagian bawah head restnya.

Bahan jok menggunakan paduan fabric, ultrasuede, kulit sintetis yang dibuat oleh Toray Industries. Perbedaan lainnya terdapat di bagian pelek dan ban.

kerangka Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris yang diperkenalkan di Thailand punya tiga pintu (Foto: Toyota)

Perbedaan lainnya terdapat di bagian bumper depan dan belakang. Varian High Performance punya tampilan yang sedikit lebih sporty.

Misalnya terdapat aksen silver pada bagian hitam di bumpernya. Sehingga secara tampilan benar-benar menggambarkan sebuah hot hatch idaman.

Lalu perbedaan lainnya terdapat pada mode berkendara. Pada varian RZ dan high performance dibekali mode berkendara mulai dari Normal, Sport, dan Track.

Track biasanya digunakan untuk memasuki lintasan balap. Semua potensi yang ada di mobil akan dikerahkan demi memberikan kesenangan berkendara yang sangat maksimal kepada penggunanya.

Konsumsi bahan bakar baik RZ maupun High Performance jelas lebih boros dibanding RS. Angka klaim yang diberikan Toyota mencapai 1:13,6 km/liter.

interior versi manual yaris GR

Interior Toyota GR Yaris (Foto: Paultan)

Pelek GR Yaris High Performance Dibuat Spesial

Pelek Toyota GR Yaris High Perfomance menggunakan ukuran R18 namun dengan desain palang yang jumlahnya lebih sedikit. Bahkan pelek tersebut dibuat langsung oleh BBS dengan sistem forged aluminium.

Di bagian dalam dibekali cakram yang ukurannya besar dengan kaliper berwarna merah sehingga sukses menegaskan kesan buas.

Ban yang digunakan juga berbeda, memakai Michelin Pilot Sport 4S dengan profil 225/40ZR.

Dimensi Toyota GR Yaris

Review Toyota GR Yaris berlanjut pada sektor dimensi yang cukup kompak yakni dengan ukuran panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.455 mm.

Jika dibandingkan dengan Yaris biasa, GR Yaris ini lebih pendek 55 mm, lebih ramping 60 mm, dan lebih rendah 45 mm dengan versi 5 pintu.

Pesan Toyota GR Yaris

Tampilan belakang Toyota GR Yaris. (Foto: Toyota)

Toyota GR Yaris ini rencananya dijual dengan harga Rp1,2 miliar untuk pasar Indonesia. Bahkan kabarnya seluruh unit yang inden ini sudah ludes dipesan oleh konsumen Tanah Air.

Melihat review tiga varian Toyota GR Yaris di atas, kira-kira mana nih yang jadi varian favorit dari Carmudian?

Namun perlu disampaikan juga, ketiga varian dari GR Yaris di atas hanya untuk pasar domestik Jepang. Di Indonesia sendiri, varian yang resmi dijual kemungkinannya adalah GR Yaris varian tengah atau rendah.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts