Berita Mobil Reviews Sumber informasi

REVIEW: Voxy Mobil Toyota Paling Fleksibel, Ini Panduan Interiornya (Part 2 dari 4)

Penulis: Fransiscus Rosano

Jakarta – Ada tiga van alias MPV dengan konfigurasi lantai rata di jajaran kendaraan PT Toyota Astra Motor. Sienta yang terkecil, Alphard-Vellfire yang terbesar, dan kini di tengah-tengahnya ada Voxy.

Meski bukan yang termurah atau yang termahal, tapi ternyata Toyota Voxy ini juga punya keunggulan tersendiri loh dibanding line up Toyota Indonesia lainnya. Apa itu? Yup, berkat konfigurasi jok yang melimpah, Voxy jadi Toyota yang paling fleksibel di Indonesia.

Kok bisa? Carmudi Indonesia mencoba medium van The Big T ini untuk beberapa hari dan ini adalah review interior dari All New Toyota Voxy.

Jarak Rendah dari Tanah

Tak seperti Kijang Innova yang menggunakan platform ladder frame sehingga jarak lantai mobil dari tanah tergolong tinggi. Struktur monokok Voxy membuat menapak masuk ke dalam maupun keluar menjadi mudah berkat lantai mobil ke tanah hanya 360 mm.

Toyota Voxy

Interior Toyota Voxy. Foto/Carmudi.

Baca Juga: Eksterior Toyota Voxy Terlihat Seperti Vellfire yang Menjalani Diet

Bagi yang pernah memiliki Nav1 sebelumnya, layout dasbor Voxy mungkin terlihat tak asing dengan desain luas dan terdapat kubah di tengah. Bedanya, isi dome di Nav1 dulu mencakup MID, speedometer dan takometer, kini kubah di tengah Voxy hanya berisi MID-nya saja, sedangkan panel instrument cluster lainnya kembali ke sisi di depan driver.

Sayangnya, layar Multi Information Display dengan layar TFT LCD itu terlihat terlalu kecil karena posisinya yang berada di pusat dasbor. Begitu juga head unit dengan layar sentuh 8 incinya yang somehow terasa terlalu mungil, termakan frame asli Voxy di Jepang yang menggunakan sistem entertainment dengan layar lebih besar nan padat.

Sama seperti masuk ke dalam Nissan Serena dan Mazda Biante, kesan pertama menapak ke dalam kabin adalah betapa luasnya pandangan ke depan. Kombinasi warna dark brown dengan hitam memberi presensi mewah, apalagi karena penggunaan jok kulit sebagai peranti standar.

Pembeda

Seperti pesaingnya juga dan yang membedakan Voxy dari sang kakak, pengaturan jok depan masih full manual. Slide dan recline standarnya, sedangkan untuk jok pengemudi ditambah pengatur ketinggian dengan model pompa.

Posisi duduk paling rendahnya sedikit lebih tinggi dibanding Serena, terlihat juga dari sisa ruang kepala yang meski masih sangat luas. Bahkan dengan kehadiran manual-tilt sunroof, namun tak semasif sang pesaingnya tersebut.

Interior Toyota

Interior Toyota Voxy. Foto/Carmudi.

Sedangkan setir bisa diatur naik-turun (tilt) dan maju-mundur (telescopic), juga lapisan kulit plus panel kayu di bagian atas. Membuatnya jauh lebih mantap untuk digenggam. Untuk tombol pengatur via genggaman jari, ada pengatur audio dan MID di sebelah kiri setir. Sementara di belakang kanan setir, terdapat tuas kecil untuk mengaktifkan cruise control.

Detail seperti luasnya ruang sandaran kaki kiri meski adanya pedal rem parkir, seatbelt yang ketinggiannya bisa diatur. Dan adanya armrest tengah adjustable individual memberi kenyamanan lebih untuk dua personil di depan.

Yang sedikit jadi dilema, ruang kosong di antara kedua jok depan memang memberi kesan kabin lebih luas dan memungkinkan walkthrough cabin. Sayangnya, varian tinggi di Jepang ada yang kedapatan model konsol tengah besar memungkinkan selain penyimpanan lebih rapi. Serta juga beberapa USB port tambahan untuk penumpang di tengah.

AMENITIES DEPAN:

Vanity Mirror 2 (dengan lampu)
Front Cabin Light 2 (halogen)
USB Port 2 (2,4A) + 1 (head unit)
HDMI Port 1 (head unit)
DC Power Outlet 1
Steering Control Audio, MID, Cruise Control
Auto Up/Down Power Window 4
Rear Mirror Manual Day/Night
Driver Sear Manual 6 Way
Front Passenger Seat Manual 4 Way
Steering Configuration Tilt, Telescopic (Manual)
Head Unit Touch Screen, 8 Inch, iPod Input, CD/DVD, Mirrorlink, Mirroring via HDMI, Air Gesture
Speakers 2
Climate Control Automatic, Dual Zone, + Heater

STORAGE DEPAN:

Cupholder 4
Console Box 3
Open Storage 2
Sunglasses Holder 1
Lain-lain Ticket Holder (1)

KONFIGURASI DIBATASI KREATIVITAS

Berkat lantai yang rata dari depan sampai belakang, menapak ke kabin tengah Voxy pun sama dengan di depan, rendah dan mudah. Apalagi dibantu handle bar besar yang ada di sebelah kiri dan kanan. Yes, kedua pintu geser pun sudah bisa dibuka secara elektrik dengan menarik handel, via tombol di depan dan menggunakan tombol di remote.

Tak seperti mayoritas mobil yang konfigurasi jok tengahnya sebatas geser maju-mundur dan menaik-turunkan sandaran saja. Voxy jauh lebih fleksibel dan pada dasarnya, bagaimana anda ingin menentukan konfigurasi joknya hanya dibatasi oleh kreativitas saja.

Joknya berupa captain seat, sehingga hanya muat dua penumpang saja di baris kedua, namun dengan kenyamanan maksimal bak duduk di depan. Apalagi dengan armrest adjustable individual di sebelah kiri dan kanan joknya.

https://www.youtube.com/watch?v=JE2FPwbhzvE&feature=youtu.be

Jok Berputar Menghilang

Ya, memang jok berputar seperti di Nav1 kali ini menghilang. Namun berkat jok tengah yang bisa di-slide ke kiri dan kanan (benar kiri-kanan, anda tidak salah baca), jenis konfigurasi yang ditawarkan melebihi yang ada di Serena.

Selain dimaju-mundurkan secara normal, jok tengah bisa digeser hingga mentok ke belakang. Caranya dengan merapatkan kedua joknya dan melipat naik jok di baris ketiga. Serta menyisakan legroom seluas 810 mm untuk VIP style di baris kedua.

Kemudian sandaran jok baris pertama bisa diturunkan hingga menempel ke dudukan jok baris kedua untuk membuatnya jadi jok yang bisa digunakan untuk tiduran. Lebih ekstrem lagi, ketika jok tengah diratakan dengan jok paling belakang untuk membuat satu kasur raksasa.

Toyota Voxy

Tempat duduk Toyota Voxy. Foto/Carmudi.

Masih banyak lagi konfigurasi yang bisa dilakukan dan tentunya, membuat Voxy menjadi Toyota yang paling fleksibel di Indonesia. Percayalah, anda akan sangat menginginkan Voxy ini bila anda menyukai piknik keluarga.

Ada juga moonroof yang bisa dibuka-tutup secara elektrik, hanya saja tak ada ambient lighting sama sekali seperti di Alphard-Vellfire atau bahkan di Innova, yang sedikit mengurangi aura mewahnya.

Oh iya, meja lipat juga tersedia, namun alih-alih di kiri-kanan seperti di Serena atau di Kijang Innova, di sini hanya tersedia di belakang jok kiri depan saja. Satu lagi, ada di antara kedua jok tengah.

Sayang juga, peranti wajib kekinian seperti power outlet di tengah justru tidak tersedia. Namun berkat pandangan besar berkat moonroof di atas, speaker surround di plafon dan jendela besarnya, jok di baris kedua ini tetap saja menjadi surga ternikmat di antara posisi duduk Voxy lainnya.

AMENITIES TENGAH:

Side Sunshade 2, Manual
Power Window Yes, Auto Up/Down, Iluminated Buttons
Doors Electric Sliding
Seat Configuration Manual 6 Way, No Tumble
USB Port No
Power Outlet No
Speakers 4
Roof Monitor No
Sunroof Yes, Electrically Tilt and Slide
Climate Control Automatic, Single Zone, + Heater
Handle Bar 4
Clothes Hanger 1

STORAGE TENGAH:

Cupholder 6
Console Box 0
Open Storage 2
Seat Pocket 2
Lain-lain Foldable Table (2)

Muat Bertiga di Belakang

Karena jok tengah tidak bisa terlipat model tumble seperti di Innova dan Avanza, menapak ke belakang harus menggeser joknya terlebih dahulu ke depan. Namun prosesnya tergolong mudah, begitu pula saat harus keluar dari belakang tersedia pedal yang cukup diinjak untuk memajukan jok tengah tersebut.

Meski lantai masih rata, namun bentuk jok di baris ketiga sedikit lebih tinggi dibanding yang di depan dan di tengah. Tetapi juga lebih tipis sehingga sudah pasti tidak senyaman di posisi lainnya tadi.

Keuntungan paling jelasnya, di belakang muat untuk tiga penumpang hingga tersedia seatbelt 3-titik dan headrest adjustable yang bisa dilepas untuk penumpang ketiga di tengah.

Ruang kaki di belakang sini masih terbilang sangat cukup bila jok tengah digeser setengah maju, meski ruang kepalanya tergolong pas-pasan. Asyiknya, sudut recline-nya bisa dibuat benar-benar rata.

AMENITIES BELAKANG:

Side Sunshade No
Openable Window No
Seat Configuration Manual 2 Way
USB Port No
Power Outlet No
Handle Bar 2
Clothes Hanger 2

STORAGE BELAKANG:

Cupholder 2
Console Box 0
Open Storage 0
Seat Pocket 0

Bagasi Luas dan Tinggi

Satu keunggulan paling jelas dari van yang berbentuk boxy seperti Toyota Voxy ini adalah ruang bagasinya. Yes, tak seperti Alphard dan Vellfire G yang sudah bisa dibuka-tutup secara elektrik, bagasi Voxy masih manual. Namun sudah ketambahan soft closing door dengan mekanisme vakum yang sangat mempermudah proses menutup kencang pintu saat bagasi bermuatan penuh.

Dalam kondisi setiap jok dibuka, bagasi masih terhitung luas. Serta sanggup menelan koper raksasa dalam keadaan berdiri tanpa mengurangi visibilitas dari depan. Itu pun masih dengan menyimpan ban serep di bawah lantai bagasi dan dengan akomodasi tambahan, jauh lebih praktis dibanding Nav1 dulu.

Pelipatan jok baris ketiga mirip Innova dan Alphard-Vellfire, diangkat ke samping. Mudahnya, prosesnya benar-benar one-touch-up, sekali tarik tuas di bawah, jok akan sendirinya naik dan bisa tersangkut di posisi atas sendiri. Dan pintarnya, desain Voxy memungkinkan lebar antar jok yang sudah dilipat tersebut masih mencapai 110 cm alias lebih dari satu meter.

Bahkan karena lantai yang rata, bagasi Voxy sangat dimungkinkan untuk disesaki barang yang besar dan panjang. Seperti sepeda, lebih dari satu tentunya, untuk dibawa masuk ketika jok baris keduanya didorong maju ke depan. (dol)

https://www.youtube.com/watch?v=8MDdazrTtTE

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts