Berita Sepeda motor

4 Senjata Yamaha Lexi Demi Libas Kompetitor

yamaha lexi

Yamaha Lexi punya banyak kelebihan dibanding kompetitor. (Foto: Carmudi)

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Kehadiran Yamaha Lexi begitu spesial bagi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Pabrikan berlogo garpu tala sampai mengundang pebalap kebanggaan tim Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi dan Maverick Vinales ke Jakarta.

Dari situ jelas terlihat Yamaha menaruh harapan besar terhadap skutik 125cc ini supaya bisa menjadi rival para kompetitor serta memperoleh angka penjualan yang positif.

Sebagai upaya untuk melibas para kompetitor di kelas skutik 125cc, Yamaha telah menyiapkan produk yang lebih unggul dari lawannya. Mengusung konsep ‘High-Value Utility Commuter Model’, Yamaha Lexi menawarkan kepraktisan dan berbagai fitur modern dengan tampilan yang menarik perhatian.

Yamaha Lexi memiliki empat keunggulan utama yang tentu saja berbeda dengan skuter lainnya di segmen yang sama. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Kaya Fitur dan Praktis

Lexi memiliki segudang fitur dan kepraktisan yang dapat membuat pengemudi merasa nyaman saat berkendara. Berikut diantaranya:

  • LED Headlight dengan tingkat terangnya cahaya yang sesuai, membuat perjalanan di siang maupun malam hari jauh lebih nyaman dan aman.
  • Electric Power Socket menjamin baterai smartphone selalu terisi tanpa takut kehabisan daya.
  • Ban tubeless dengan tapak lebar menjanjikan kestabilan berkendara yang maksimal.
  • Bagasi luas membantu menampung segala jenis barang bawaan selama perjalanan.
  • Hazard Lamp berfungsi memberikan tanda kepada pengendara lain saat ada dalam kondisi darurat.

Khusus untuk varian Lexi-S ada tambahan fitur seperti, Sub-tank Suspensi yang dapat menambah kenyamanan saat berkendara dan Smart Key System.

Stop and Start system. (Foto: Carmudi)

2. Bodi dan Desain Ala Eropa

Yamaha Lexi punya desain bodi yang bongsor sama seperti produk Maxi lainnya, sehingga membuat skutik tampil begitu seksi. Skutik ini memang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, tapi desainnya kental nuansa Eropa.

Meski terlihat agak besar, tapi Lexi punya berat yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan produk Maxi lainnya. Dengan begitu Lexi sangat nyaman digunakan sebagai kendaraan harian.

Apalagi dengan adanya ruang pijakan kaki yang lapang sehingga berkendara menjadi lebih nyaman dan rileks. Ditambah lagi dengan dimensi jok yang panjang membuat posisi duduk jauh lebih nyaman.

Yamaha Lexi semakin terlihat berkelas lewat lampu depan Grand LED dan speedometer full digital.

Desain Yamaha Lexi kental nuansa Eropa. (Foto: Carmudi)

3. Akselerasi Setara NMAX

Sumber tenaga Yamaha Lexi berasal dari mesin berkapasitas 125cc LC4V, dengan teknologi Blue Core yang diklaim mampu menghasilkan tenaga sekuat 8,75 kW pada 8.000 rpm dan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm. Kapasitas tangki bahan bakarnya 4,2 liter.

Berdasarkan hasil pengujian Yamaha, Lexi dan NMAX memiliki akselerasi yang sama bila dipacu secara bersamaan mulai dari posisi diam. Namun hal itu tergantung dari kemampuan pengendara dan kondisi jalan.

Pada bagian mesin juga terdapat Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsi merata di setiap putarannya, Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara mesin sepeda motor lebih halus saat dinyalakan.

Supaya irit dan mengurangi bahan bakar minyak terbuang percuma pada saat sepeda motor berhanti, Yamaha menyematkan fitur Stop & Start System.

Fungsinya bisa mematikan mesin secara otomatis ketika sepeda motor berhenti lebih dari 5 detik, untuk menyalakannya kembali putar gas secara perlahan.

4. Warna Atraktif

Desain saja tidak cukup untuk membuat Yamaha Lexi menjadi perhatian, oleh karena itu perusahaan menawarkan tiga pilihan warna seperti Matte Red, Matte Grey dan White khusus untuk Yamaha Lexi varian standar. Sedangkan untuk varian Lexi-S tersedia pilihan warna Matte Blue, Matte Grey dan Bronze.

 

 

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: wahyu.perdana@carmudi.co.id
Follow Me:

Related Posts