Berita Event Mobil Modifikasi Sumber informasi

Rombak Daihatsu Hi-Max Jadi Model Mobil Toko Mulai Rp20 Juta

Jakarta – Ada yang menarik di booth Daihatsu di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Pasalnya merek ini tak hanya memajang mobil penumpag saja, tapi juga mobil komersialnya.

Meskipun Daihatsu Ayla dengan wajah baru masih menjadi pusat perhartian di pameran ini, namun ada yang lebih unik menjadi perhatian. Ya, sebuah mobil pickup dengan cc kecil yang belum lama meluncur  Hi-Max di desain seperti mobil toko berjalan.

Daihatsu Hi Max muncul sebagai alternatif pilihan lain dari Gran Max yang juga bisa digunakan sebagai moko (mobil toko). Mobil pickup ini memiliki spesifikasi mesin 1KR-DE, DOHC berkapasitas 998 cc, 3 silinder segaris dengan transmisi manual 5 percepatan.

Daihatsu Hi-Max

Daihatsu Hi-Max tampil menarik dengan desain mobil toko. Foto/Carmudi Indonesia.

Moko Hi Max yang dipajang  ini menggunakan basis tipe pickup yang bodi belakannya di desain baru oleh karoseri. Hingga hasilnya mempunyai ruang boks belakang sebagai tempat usaha yang dilengkapi dengan bukaan jendela samping serta pintu untuk masuk.

Daihatsu Hi-Max

Daihatsu Hi-Max sangat pas buat UKM. Foto/Carmudi Indonesia.

Bila melihat Hi Max Moko ini membunyai dimensi yang tidak terlalu besar yang bisa digunakan untuk usaha. Kelebihan lainnya adalah dengan dimensinya yang kecil akan mudah masuk jalan-jalan kampung yang kecil.

Tak dipungkiri mobil ini banyak memberikan ide para pelaku usaha kecil. Mereka bisa memanfaatkan Hi-Max untuk menunjang usaha mereka.

”Konsumen yang menginginkan model seperti ini akan kami bantu untuk mencarikan mitra karoseri yang terbaik. Karena pembutannya tak bisa sembarangan, kaitannya dengan keamanan dan garansi. Harga on the road bergantung model toko yang akan dibuat,” ujar salah satu tenaga pemasaran Daihatsu di Hall A JI Expo, Kemayoran.

Daihatsu Hi-Max

Ruang kabin yang dis=desain untuk mini bar. Foto/Carmudi Indonesia.

Konsumen yang menginginkan Daihatsu Hi-Max ada  dua tipe pilihan dengan meski mesin sama-sama 1.000 cc. Tipe pertama, standar dijual dengan harga  Rp 96,55 juta on the road Jakarta. Sementara untuk tipe yang sudah menggunakan AC dan power steering, dijual RP 104,5 juta.

Menurut tenaga pemasaran yang Carmudi Indonesia temui ada diskon khusus untuk Daihatsu Hi-Max produksi 2016. Bahkan kalau ingin menambah karoseri minimal menambah biaya sekitar Rp 20 jutaan.

Spesifikasi Daihatsu Hi-Max

Seperti telah di tulis di atas mobil pickup ini memiliki spesifikasi mesin 1KR-DE, DOHC berkapasitas 998 cc. Dengan 3 silinder segaris dengan transmisi manual 5 percepatan.

Sementara suspensi Himax pada bagian depan menggunakan MacPherson Strut plus per keong. Sedangkan pada bagian belakangnya menggunakan rigid-axle dengan per daun.

Seluruh ban Daihatsu HiMax memakai ban ukuran 145R dengan pelek 13 inci. Cakram berventilasi pada rem depan pada bagian belakang menggunakan tipe rem tromol. (Dol)

Daihatsu Hi-Max

Mesin
  • Type : 1KR-DE, DOHC
  • Kapasitas Silinder : 998cc
  • Jumlah Silinder : 3 silinder
  • Jumlah Katup : 12 katup
  • Sistem Bahan Bkar : Fuel Injection
  • Diameter x Langkah : 71.0 x 84.0 mm
  • Perbandingan Kompresi : 9,7:1
  • Tenaga Maksimum : 57 Ps/5.000 rpm
  • Torsi Maksimum : 8,7 kgm/4.000 rpm
  • Jenis Bahan Bakar : Bensin tanpa timbal
Dimensi
  • Panjang Keseluruhan : 3.395 mm
  • Lebar Keseluruhan : 1.475 mm
  • Tinggi Keseluruhan : 1.770 mm
  • Jarak Poros Roda : 1.900 mm
  • Jarak Pijak Depan : 1.315 mm
  • Jarak Pijak Belakang : 1.300 mm
  • Tinggi Dari Tanah : 160 mm
  • Radius Putar Minimum : 4,0 m
  • Berat Total Kendaraan : 1.730 kg
  • Kapasitas Tempat Duduk : 2 orang
  • Ukuran Bak (Bagian Dalam) : 1.935 x 1.395 x 285 mm
  • Kapasitas Tanggki : 38 Liter
Transmisi
  • Type : Manual, 5-Kecepatan Maju
  • Rasio Gigi Akhir : 5.571
System Kemudi
  • Sistem : Rack dan Pinion + Electric Power Steering (EPS)
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Suspensi Depan : MacPherson Strut, dengan per keong
  • Suspensi Belakang : Rigid-axle dengan per daun
  • Rem Depan : Disc (cakram berventilasi) dengan booster
  • Rem Belakang : Drum, leading & trailing
  • Rem parkir : Mekanis pada roda belakang
  • Ukuran Ban : 14R13-8PR
Fitur Kenyamanan
  • Air Conditioner
  • Electric Power Steering
  • Sliding Seat

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts