Berita

Sabar, Kehadiran Mitsubishi Xpander Hybrid Sedang Dipersiapkan

Jakarta — Kehadiran Mitsubishi Xpander Hybrid di pasar Indonesia tinggal menunggu waktu. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia, baik itu kendaraan penumpang maupun niaga ringan saat ini masih melakukan tahap persiapan.

Kabar soal kehadiran Mitsubishi Xpander Hybrid sudah tercium sejak pertengahan 2020. Bermula dari terbukanya dokumen presentasi Mitsubishi Motor Corporation (MMC) yang berisikan perencanaan bisnis jangka menengah tiga tahun.

Kehadiran Mitsubishi Xpander Hybrid

Mitsubishi New Xpander (Foto: Carmudi)

Isi dari dokumen tersebut terpampang jelas gambar dan nama Xpander Hybrid yang direncanakan bakal hadir pada awal tahun fiskal 2023.

Tak sampai di situ, kepastian terkait hadirnya model tersebut turut disampaikan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita usai melakukan pertemuan dengan pihak prinsipal Mitsubishi Motors di Jepang pada Maret 2021.

>>>>> Cari mobil Mitsubishi Xpander baru maupun bekas dari Carmudi di sini!

Menperin Agus membeberkan bahwa Xpander Hybrid nantinya akan diproduksi di Indonesia.

“Mereka juga akan mengembangkan dua model yaitu Xpander hybrid atau Hybrid Electric Vehicle (HEV), dan juga model kedua yaitu Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Model yang kedua akan diarahkan menjadi produk ekspor dari Indonesia ke negara-negara tujuan ekspor,” bebernya.

Sampai sekarang belum diketahui pasti tanggal peluncuran Xpander Hybrid di Tanah Air. Tetapi, berdasarkan informasi terbaru, saat ini MMKSI tengah melakukan berbagai studi sebelum menawarkannya ke konsumen.

Mitsubishi-Xpander-HEV

Mitsubishi Xpander Hybrid (Foto: MMC)

“Kami saat ini masih melakukan riset dalam mempersiapkan strategi HEV di Indonesia,” ungkap Hikaru Mii Director of Product Strategy Division PT MMKSI dalam konferensi pers virtual, Kamis (17/3/2022).

Mii menambahkan, pihaknya menyadari kendaraan listrik di Indonesia merupakan sesuatu hal yang baru, sehingga perusahaan ingin memastikan bahwa konsumen bisa merasakan langsung manfaat menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

“Jadi kami bukan hanya sekadar memasarkan, tapi memastikan konsumen mendapatkan manfaat sepenuhnya dari kendaraan jenis ini,” sambung dia.

Mitsubishi Melakukan Studi Kelayakan Mobil Listrik

MMKSI bekerja sama dengan beberapa mitra perusahaan terkemuka dalam melaksanakan pilot study uji kelayakan mobil listrik menggunakan Mitsubishi Minicab-MiEV.

Mitsubishi menyediakan satu unit Minicab-MiEV untuk masing-masing perusahaan. Mereka akan menggunakannya sebagai kendaraan operasional logistik selama enam bulan.

Mitsubishi Minicab-MiEV (Foto: MMKSI)

“Kerja sama pilot studi bersama ini menjadi milestone terbaru dari kelanjutan komitmen Mitsubishi Motors untuk mengakselerasi pengembangan mobil listrik di Indonesia dan proses menuju kontribusi kendaraan tanpa emisi dengan memanfaatkan battery electric vehicle,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Studi ini bertujuan untuk memahami dan mengekspolrasi Minicab-MiEV, dengan memverifikasi data penggunaan aktual, termasuk jarak tempuh, riwayat pengisian daya, dan rute pengiriman.

>>>>> Cari deretan mobil baru maupun bekas di seluruh Indonesia dari penjual terpercaya di sini!

Penulis: Santo Sirait
Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts