Home » Berita » Selain Harga Ini Alasan Daihatsu All New Terios Tipe R Paling Banyak Diburu

Selain Harga Ini Alasan Daihatsu All New Terios Tipe R Paling Banyak Diburu

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Daihatsu All New Terios belum lama meluncur, dengan memberikan perubahan tampilan yang signifikan diantaranya di sektor eksterior, Interior, sampai mesin. Bahkan berbicara harga banyak yang tidak mengira bahwa All New Terios ditawarkan tanpa mengalami kenaikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Malahan ada beberapa tipe yang harganya justru turun. PT Astra Daihatsu Motor telah mencatat pemesanan sejak diluncurkan hingga saat ini sudah tembus 4.000 unit.

“Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) All New Terios sudah sekitar 4.000 unit sejak diluncurkan, bulan ini (Januari) pengiriman sampai 2.000 unit kalau 4.000 unit baru akan selesai sampai bulan depan,” ujar Direktur Marketing, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.

Dari total SPK yang masuk, rata-rata konsumen lebih memilih membeli Daihatsu All New Terios tipe tertinggi yaitu R bertransmisi manual. Menurut perempuan yang akrab disapa Amel itu, fenomena tersebut umum terjadi apalagi ketika model baru meluncur maka konsumen akan memburu varian tertinggi dengan harga yang mahal.

“Kalau mobil yang baru meluncur itu biasanya yang high (varian tinggi) paling laris. Apalagi harganya yang tak berubah dengan sebelumnya. All New Terios tipe R itu berkontribusi sekira sekitar 40 persen dari total SPK,” terang Amel.

Pelanggan Baru Daihatsu All New Terios

Selain memburu varian tertinggi, biasanya konsumen yang membeli mobil baru adalah pengguna lama dari model yang sama atau ada juga yang beralih dari merek lain. Kendati belum ada survey yang dilakukan langsung oleh ADM, Amel berpendapat bahwa yang membeli All New Terios rata-rata yang ingin mengganti kendaraan dari model terdahulu.

“Belum kita survey sih, tapi pada umumnya karena harga yang mahal biasanya replacement,” jelas Amel.

Terios generasi terbaru menggendong mesin generasi baru yaitu 2NR-VE 1.500 yang juga sudah digunakan duet kembar Xenia dan Avanza sejak 2015. Mesin ini dikenal irit, namun tetap memiliki performa yang optimal.

Tampilan eksterior All New Terios lebih mewah dan modern. Dilengkapi dengan fitur-fitur baru membuat desain mobil ini sangat cocok untuk mereka yang aktif dengan beragam aktivitas. Misalnya saja sekarang sudah dilengkapi dengan Push Start/Stop Button, untuk menyalakan dan mematikan mesin menjadi lebih mudah dan nyaman.

Sekarang sudah menggunakan digital auto AC untuk mengatur suhu kabin. All New Terios juga dilengkapi Audio 2 DIN Touch Screen dengan berbagai fitur, seperti Around View Monitor, Mirroring dan pemutar DVD.

Perubahan juga terjadi pada bentuk lampu depan dan lampu belakang. Tak ada lagi lampu dengan ukuran lebar, seluruhnya sudah menggunakan lampu LED dengan model sipit seperti yang lagi tren.

Sementara pada bagian depan, perubahan juga terjadi pada gril dan bemper. Gril kini lebih lebar dan menyatu dengan lampu utama. Seluruh perubahan sama dengan yang dibawa All New Rush, hal ini wajar karena keduanya diproduksi oleh pihak yang sama, yakni ADM.

Sementara untuk fitur keselamatan sudah dilengkapi dengan Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) pada seluruh varian. Serta Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) pada varian tertinggi.

Fitur VSC berfungsi untuk mencegah oversteer dan understeer, sedangkan fitur HSA membantu akselerasi setelah berhenti di tanjakan. (dol)

dampak emisi
Previous post
VW, BMW dan Mercedes-Benz Gunakan Monyet untuk Tes Dampak Emisi
Next post
Honda: Robot Belum Bisa Gantikan Manusia Dalam Produksi Mobil